Comscore Tracker

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada Kimmich

Menjadi andalan klubnya masing-masing

Dalam sepak bola, terdapat sebuah posisi yang begitu vital di saat pertandingan. Posisi tersebut adalah gelandang bertahan. Disebut juga sebagai gelandang pengangkut air, posisi ini tak mudah untuk ditempati lantaran harus memiliki banyak kematangan dan kualitas yang mumpuni.

Selain itu, seorang gelandang bertahan juga harus memiliki stamina yang energik agar bisa tampil maksimal di setiap laganya. Dan pada musim ini, ada 5 gelandang bertahan di kompetisi Eropa yang tampil impresif bersama klub yang dibelanya. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Casemiro

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada KimmichCasemiro. (goal.com)

Casemiro menjelma menjadi salah satu gelandang jangkar terbaik di dunia sejak direkrut Real Madrid pada musim 2013/2014 lalu. Meski digambarkan sebagai pemain kasar lantaran  kerap melakukan tekel keras dan berlebihan, namun disinilah peran asli dari Casemiro.

Membentuk trio bersama Modrid dan Kroos di lini tengah Los Blancos, Casemiro berperan menopang keduanya dan menjadi pemutus serangan lawan. Tak mengherankan, pemain Brasil ini begitu diandalkan musim ini, dengan membuat 42 penampilan di semua kompetisi.

2. Rodri

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada KimmichRodri. (beinsports.com)

Rodri menjadi salah satu pemain pilar Manchester City sejak direkrut pada musim lalu. Meski kematangan dan kualitasnya belum mencapai level seorang Fernandinho, namun Rodri mampu menjadi poros permainan The Cityzens berkat akurasi umpannya yang mumpuni.

Selain itu, dengan usianya yang masih 24 tahun, daya jelajah Rodri juga terbilang tinggi dengan mampu menutup ruang pemain lain ketika terjadi serangan balik. Tercatat di musim ini, Rodri nyaris tak tergantikan dengan membuat 49 penampilan di semua kompetisi dan mengemas 2 gol dan 4 assist.

3. Marcelo Brozovic

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada KimmichMarcelo Brozovic. (sempreinter.com)

Dibalik keberhasilan Inter Milan menghentikan puasa gelarnya, terdapat peran vital dari Marcelo Brozovic yang jarang mendapat sorotan. Bermain sebagai gelandang pengangkut air, pria berpaspor Kroasia tersebut tampil spartan dan energik dalam skema dasar 3 bek yang dilakukan sang pelatih, Antonio Conte.

Kepiawaian Brozovic juga menjadi sebagai pengatur ritme permainan, yang dibuktikan pada persentase umpan akuratnya yang mencapai 89%. Tak mengherankan bila Brozovic bisa tampil reguler musim ini dengan membuat 39 penampilan di semua kompetisi dengan raihan 1 gol dan 7 assist.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Antonio Conte di Inter Milan hingga Raih Scudetto

4. Joshua Kimmich

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada KimmichJoshua Kimmich. (90min.com)

Kepergian Thiago Alcantara ke Liverpool tak membuat lini tengah Bayern Munchen goyah. Die Bayern langsung bergerak cepat dengan menjadikan Joshua Kimmich sebagai penggantinya. Hal tersebut bukan tanpa sebab mengingat Kimmich yang dikenal sebagai pemain serbabisa.

Bahkan dalam beberapa musim terakhir, Kimmich telah berperan sebagai gelandang bertahan di sejumlah pertandingan. Kemampuan akurasi umpan, daya jelajah yang tinggi, serta stamina yang seperti tak ada habisnya membuat Kimmich menjadi salah satu andalan utama Bayern Munchen musim ini.

5. N'Golo Kante

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada KimmichN'Golo Kante. (90min.com)

Haram hukumnya tak memasukkan N'Golo Kante sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini. Pemain berpaspor Prancis ini begitu dikenal karena bisa berada dimanapun saat berlaga di lapangan. Staminanya yang seperti tanpa batas membuat Kante begitu superior di lini tengah The Blues.

Kante sempat meredup selama kepelatihan Maurizio Sarri yang menempatkannya sebagai pemain nomor 8. Namun, setelah diasuh oleh Thomas Tuchel, peran Kante dikembalikan ke posisi asalnya dan ia berhasil tampil impresif. Tak pelak, di usianya yang kini sudah kepala 3, Kante tetap mampu tampil gemilang.

Kelima pemain diatas berhasil menunjukkan kapasitasnya sebagai gelandang terbaik saat ini. Meski jarang disorot penampilannya, peran gelandang bertahan tentu begitu vital di setiap pertandingannya.

Baca Juga: 7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya