5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!

Perannya nyaris tak tergantikan

Sepak bola tak hanya tentang lini belakang dan depan saja yang bekerja. Ada satu instrumen yang berfungsi menghubungkan keduanya, yaitu lini tengah yang diisi oleh para gelandang. Peran dari pemain tersebut juga terbilang kompleks dan vital tergantung klubnya masing-masing seperti yang terjadi di Serie A musim 2020/2021.

Sepanjang perhelatannya, Serie A menjadi panggung bagi beberapa gelandang yang tampil konsisten bersama klub yang mereka bela. Dari sekian nama, 5 gelandang ini paling menonjol performanya. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Piotr Zielinski

5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!Piotr Zielinski (90min.com)

Piotr Zielinski memainkan peran penting di lini tengah Napoli musim ini. Meski sang pelatih, Gennaro Gattuso, dikenal gemar merombak susunan pemain di tiap laga, posisi Zielinski nyaris tak tersentuh dan begitu diandalkan. Kreaitivitas yang ia miliki membuat Zielinski mendapatkan kepercayaan penuh.

Tak sampai di situ, pemain berpaspor Polandia tersebut juga menjadi satu-satunya pemain Napoli yang mampu membuat assist di angka dua digit, yaitu 11 assist. Dengan tampil di 36 pertandingan Serie A musim ini, Zielinski bahkan dipuji oleh pemain Manchester United sekaligus mantan rekannya, Bruno Fernandes.

2. Sergej Milinkovic-Savic

5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!Sergej Milinkovic-Savic (sempreinter.com)

Bisa dibilang Sergej Milinkovic-Savic merupakan salah satu gelandang underrated di Serie A saat ini. Perannya sebagai pengatur ritme permainan membuat Milinkovic-Savic menjadi salah satu pilar penting Lazio. Tak hanya itu, ia juga merupakan motor serangan tim yang begitu mumpuni dan rajin berkontribusi gol.

Secara keseluruhan, pemain berusia 26 tahun tersebut membuat 32 penampilan di Serie A musim ini dengan raihan 8 gol dan 10 assist. Statistik yang begitu gemilang untuk Milinkovic-Savic yang merupakan seorang gelandang. Tak heran, ia menjadi incaran sejumlah klub papan atas Eropa.

Baca Juga: Juventus Inginkan Sergej Milinkovic-Savic Jika Gagal Datangkan Pogba

3. Lorenzo Pellegrini

5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!Lorenzo Pellegrini (90min.com)

AS Roma memang menjalani periode yang tak baik di musim ini. Namun, performa salah satu pemainnya, Lorenzo Pellegrini, justru mencuat ke permukaan. Beroperasi di lini tengah, pemain berusia 24 tahun tersebut memberikan stabilitas dalam permainan klub ibu kota di bawah asuhan Paulo Fonseca.

Atribut lain yang dimilikinya adalah mampu bermain di segala posisi di lini tengah. Namun, posisi terbaik Pellegrini sebenarnya adalah sebagai gelandang serang. Ia mampu mencetak 7 gol dan 6 assist dari 34 penampilan di Serie A musim ini. Apiknya, torehan tersebut menjadi yang terbaik bagi Pellegrini sepanjang kariernya.

4. Franck Kessie

5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!Franck Kessie (acmilan.theoffside.com)

Franck Kessie terus melanjutkan penampilan gemilangnya bersama AC Milan musim ini. Bahkan, ia mampu tampil apik di berbagai hal. Dalam urusan pertahanan, pemain berpaspor Pantai Gading ini tampil energik dan spartan dalam membantu lini belakang serta andal sebagai pemutus serangan lawan.

Capaian ciamik lain juga berhasil ia torehkan. Ia menjadi gelandang bertahan dengan koleksi gol terbanyak dari 5 liga top Eropa musim ini, yaitu 13 gol. Tak hanya itu, Kessie juga merupakan eksekutor penalti terbaik dengan golnya yang menyentuh angka 11. Secara keseluruhan, Kessie membuat 37 penampilan di Serie A musim ini.

5. Nicolo Barella

5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!Nicolo Barella (eurosport.it)

Keberhasilan Inter Milan meraih Scudetto musim ini tentunya tak lepas dari performa impresif para pemainnya, tak terkecuali Nicolo Barella. Gelandang berusia 24 tahun tersebut sukses menjalani musim debutnya dengan begitu manis saat ini. Bagaimana tidak, ia mendapat kepercayaan penuh dari Antonio Conte.

Bermain sebagai gelandang, Barella rajin menusuk pertahanan lawan di sisi sayap. Ia juga kerap maju membantu penyerangan dan menjadi kreator utama di balik gol Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez. Tercatat ia membuat 36 penampilan di Serie A dengan raihan 3 gol dan 9 assist.

 

Itulah 5 gelandang yang tampil impresif di Serie A musim ini. Patut dinantikan konsistensi mereka bersama klubnya musim depan. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Inzaghi Jadi Suksesor Antonio Conte di Inter Milan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya