Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022

Ada yang kembali ke klub lamanya

Bursa transfer musim dingin 2022 telah ditutup. Rangkuman kepindahan pemain ke klub barunya diwarnai beragam cerita menarik, mulai dari Dusan Vlahovic yang membelot ke Juventus sampai aktifnya Barcelona merekrut pemain baru. 

Di sisi lain, jendela transfer ini juga jadi waktu yang pas bagi tiap klub membenahi skuadnya. Pemain sepak bola yang minim kontribusi atau kalah bersaing ditempatkan ke dalam daftar jual tim. Hal itu dialami oleh kelima gelandang top berikut ini yang hijrah ke klub baru.

1. Tanguy Ndombele

Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022Tanguy Ndombele (twitter.com/FabrizioRomano)

Teka-teki masa depan Tanguy Ndombele akhirnya terjawab. Tak masuk ke dalam rencana Antonio Conte, ia dipinjamkan ke klub lamanya, Olympique Lyon, hingga akhir musim 2021/2022. Hal ini jadi semacam ironi mengingat Ndombele merupakan pemain termahal yang pernah dijual Les Gones.

Sebelumnya, kiprah pemain Prancis itu bersama Spurs mulai dipertanyakan. Ndombele kekurangan menit bermain dan dinilai tak cocok dengan skema yang diperagakan oleh pelatih. Posisinya di lini tengah The Lilywhites diambil alih oleh pemain lain, seperti Pierre-Emile Højbjerg dan Oliver Skipp. 

2. Rodrigo Bentancur

Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022Rodrigo Bentancur (twitter.com/thespursweb)

Juventus melakukan perubahan besar-besaran di sektor gelandang pada musim dingin 2022. Merekrut Denis Zakaria dari Borussia Mönchengladbach, Si Nyonya Tua turut melepas pemain yang sekiranya sudah tak dibutuhkan, termasuk Rodrigo Bentancur. Ia dijual ke Tottenham Hotspur seharga 19 juta euro atau setara Rp308 miliar.

Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri hubungan kerja sama di antara keduanya yang telah terjalin sejak 2017. Bersama klub barunya, Bentancur jadi salah satu proyek awal Antonio Conte. Tuah pemain Uruguay itu diharapkan mampu memberi warna baru untuk permainan The Lilywhites.

Baca Juga: 5 Striker Top yang Berganti Klub di Bursa Transfer Musim Dingin 2022

3. Dele Alli

Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022Dele Alli (twitter.com/Everton)

Tak hanya Tanguy Ndombele, Spurs juga melepas Dele Alli pada bursa transfer yang sama. Meski masih terikat kontrak hingga akhir musim 2023/2024, kedua belah pihak sepakat mengakhirinya lebih cepat. Alli akhirnya merapat ke Everton dengan status bebas transfer alias gratis.

Dengan kepindahannya itu, Alli jelas punya harapan yang besar. Terlebih sejak dua musim terakhir, performanya menurun akibat jarang diturunkan bersama The Lilywhites. Alli juga dituntut untuk mampu membawa The Toffees kembali bangkit lantaran tengah terpuruk di papan bawah Premier League.

4. Aaron Ramsey

Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022Aaron Ramsey (instagram.com/aaronramsey)

Setelah nyaris 3 tahun berkelana di Italia, Aaron Ramsey kembali pulang ke Britania Raya. Ramsey jadi salah satu korban perombakan yang dilakukan Juventus pada musim dingin kali ini. Ia terpaksa dipinjamkan Si Nyonya Tua ke klub Skotlandia, Glasgow Rangers, hingga akhir musim 2021/2022 nanti.

Kepindahannya itu sangat meringankan Juventus, terlebih dari segi finansial. Ramsey diketahui menjadi salah satu pemain Juventus dengan gaji tertinggi. Meski begitu, kontribusi yang ia berikan justru berbanding terbalik lantaran cuma tampil sebanyak lima kali pada musim ini.

5. Donny van de Beek

Tak Terpakai, 5 Gelandang Top Ini Berganti Klub pada Januari 2022Donny van de Beek (twitter.com/Everton)

Klub baru, harapan baru. Donny van de Beek tampaknya punya kans besar untuk mengembalikan performa terbaiknya. Kini ia menjadi pemain Everton dengan status pinjaman selama 6 bulan dari Manchester United. Kepastian ini jelas membawa angin segar tersendiri baginya.

Sejak membela Manchester United, Donny van de Beek jarang mendapatkan kesempatan bermain. Ia lebih sering duduk di bangku cadangan dan baru tampil selama 380 menit pada 2021/2022. Hijrah ke Everton setidaknya membawa secercah harapan bagi pemain Belanda itu agar dapat bermain di Piala Dunia 2022.

Kelima gelandang top di atas bakal mengawali lembaran baru bersama klub barunya. Akankah mereka mampu membuktikan bahwa dirinya masih layak diandalkan jadi pilihan utama? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 5 Bek asal Prancis yang Berganti Klub di Premier League 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya