Comscore Tracker

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara Gratis

Axel Witsel resmi pindah ke Atletico Madrid!

Borussia Dortmund resmi kehilangan Axel Witsel. Gelandang senior asal Belgia itu meninggalkan Die Borussen usai kontraknya berakhir pada Juni 2022. Selanjutnya, Witsel bakal berkarier di Spanyol dengan membela Atletico Madrid.

Tak hanya dirinya, masih banyak pemain lain yang pernah dilepas Dortmund dengan status bebas transfer. Walaupun punya kontribusi besar, beberapa nama berikut ini malah tak diperpanjang kontraknya oleh Borussia Dortmund. Siapa saja mereka?

1. Lukasz Piszczek

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara GratisLukasz Piszczek (twitter.com/BlackYellow)

Perpisahan itu akhirnya datang. Usai membangun kebersamaan selama 11 tahun, Lukasz Piszczek resmi berpisah dengan Borussia Dortmund. Kontraknya berakhir pada musim panas 2021 lalu dan tidak diperpanjang. Itu berarti, Piszczek berstatus free agent.

Di usianya yang sudah tak muda lagi, sudah waktunya bagi Piszczek untuk kembali ke tanah kelahirannya. Ia hijrah ke klub kasta ketiga Polandia, Goczalkowice. Di musim debutnya, Piszczek tak terlalu rutin diturunkan dengan hanya tampil 17 kali di semua kompetisi.

2. Roman Burki

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara GratisRoman Burki (twitter.com/BVBBuzz)

Jasanya tak digunakan lagi oleh Borussia Dortmund. Masa-masa emas Burki bersama Die Borussen sudah berlalu. Burki rentan cedera disertai kedatangan kiper baru lainnya membuat Dortmund urung melanjutkan kerjasama. Kontraknya berakhir pada Juni 2022.

Di usianya yang baru 31 tahun, kans Burki tampil di klub Eropa sejatinya masih ada. Namun, ia memilih keputusan berbeda. Kiper asal Swiss itu memandang kompetisi Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat lebih menarik. Ia lantas didatangkan St. Louis City secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund yang Habis Kontrak pada 2021/2022

3. Mario Gotze

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara GratisMario Gotze (twitter.com/Squawka)

Bak rollercoaster, kiprah Mario Gotze bersama Borussia Dortmund seolah terjun bebas. Walau pernah bersinar, dan sempat menjadi pahlawan Jerman saat meraih gelar Piala Dunia 2014, posisinya malah terpinggirkan sebagai pilihan utama.

Ia tak benar-benar menikmati kariernya bersama Die Borussen. Puncaknya, Gotze dilepas pada 2020 lalu. Borussia Dortmund enggan memperpanjang kontraknya.

Beruntung bagi pemain berusia 30 tahun itu, ada PSV Eindhoven yang bersedia menampungnya. Hengkang ke Eredivisie secara gratis, karier Gotze setidaknya terselamatkan dan selalu dipercaya jadi andalan tim.

4. Robert Lewandowski

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara GratisRobert Lewandowski (twitter.com/BVB)

Nama Robert Lewandowski melambung bersama Borussia Dortmund. Produktivitasnya melejit dan jadi lumbung gol utama Die Borussen selama empat musim. Meski tampil ganas, akhir dari kisahnya di kota Dortmund justru tak berjalan sesuai ekspektasi.

Kontrak Lewandowski berakhir pada 2014. Alih-alih bertahan, ia justru memilih keputusan ekstrem. Lewandowski merapat ke rival Dortmund, Bayern Munchen dengan status bebas transfer. Pilihan itu nyatanya terbilang tepat dan ia makin dikenal sebagai salah satu penyerang haus gol. 

5. Axel Witsel

Habis Kontrak, 5 Pemain Borussia Dortmund Ini Pindah secara GratisAxel Witsel (twitter.com/BVBBuzz)

Cuci gudang ala Borussia Dortmund pada musim panas 2022 berjalan serius. Selain merekrut banyak pemain, Die Borussen juga gencar melepas beberapa andalannya, termasuk Axel Witsel. Gelandang asal Belgia itu resmi berpisah dengan Dortmund usai kontraknya berakhir.

Witsel sudah mendapatkan klub baru nantinya di musim depan. Ia menjatuhkan pilihannya ke klub papan atas LaLiga, Atletico Madrid. Kedatangan gelandang senior itu menjadi suntikan tambahan bagi Los Rojiblancos. Terlebih, Atletico ingin segera bangkit usai terpuruk pada musim lalu.

 

Borussia Dortmund sering meraup keuntungan dari hasil penjualan pemain. Namun, tak semuanya seperti itu. Akankah ada pemain Borussia Dortmund lainnya yang mengikuti jejak kelima nama di atas hengkang secara gratis?

Baca Juga: 6 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Dortmund, Dua Pemain Baru Merapat!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya