Comscore Tracker

Hector Bellerin dan Kecintaannya terhadap Aksi Menjaga Lingkungan

Bellerin juga aktif menyuarakan berbagai masalah sosial

Hector Bellerin memiliki perjalanan karier yang gemilang sejauh ini. Membela sejumlah klub top, seperti Barcelona dan Arsenal, ia sukses melambungkan namanya. Dikenal oleh banyak orang, Belerin memanfaatkannya untuk terus menebar kebaikan.

Salah satu hal yang kerap ia suarakan adalah isu-isu lingkungan, khususnya perubahan iklim. Tak jarang Bellerin melakukan kampanye mulia, baik dari media sosial maupun secara langsung untuk mengajak banyak kalangan agar lebih peduli dengan kondisi Bumi yang kian menua.

1. Bellerin khawatir generasi di masa mendatang menjadi korban kerusakan lingkungan

Hector Bellerin dan Kecintaannya terhadap Aksi Menjaga LingkunganHector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Seiring berjalannya waktu, aktivitas padat manusia membuat Bumi kian menderita. Banyak orang yang tak sadar akan hal itu. Hal inilah yang menjadi alasan kuat Bellerin untuk aktif menggalakkan aksi menjaga lingkungan. Terlebih ia khawatir generasi berikutnya justru menjadi korban dari kerusakan lingkungan yang diperbuat manusia di masa kini.

"Saya selalu tinggal dekat dengan laut. Di musim panas, saya pergi ke pantai setiap hari. Tapi ada juga saatnya kami tak dapat masuk ke air karena pantainya dipenuhi oleh sampah yang kotor. Itu membuat saya berpikir bahwa suatu hari anak-anak saya atau generasi berikutnya tidak akan dapat menikmati hal-hal ini, seperti yang saya lakukan ketika saya masih muda," ucap Bellerin.

2. Menjadi seorang vegan sejak tahun 2016 lalu

Hector Bellerin dan Kecintaannya terhadap Aksi Menjaga LingkunganHector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Dilansir The Athletic, Bellerin beralih menjadi seorang vegan sejak tahun 2016 lalu. Mantan pemain Barcelona itu mengaku bahwa ia memperoleh pengetahuan seputar veganisme melalui film dokumenter Netflix. Dengan dalih olahraga, Bellerin mengadopsi pola makan nabati untuk membantu proses pemulihan cedera yang sering ia alami.

Menjadi seorang vegan juga merupakan salah satu usahanya mengurangi emisi gas karbon. Seperti yang diketahui, mengonsumsi makanan hewani, seperti daging, merupakan salah satu faktor di balik naiknya emisi gas rumah kaca dari aktivitas peternakan hewan. Oleh karena itu, Bellerin memutuskan untuk menjadi seorang vegan seutuhnya hingga kini.

Baca Juga: 6 Pemain Arsenal yang Sepakat Putus Kontrak pada Era Mikel Arteta

3. Punya popularitas yang besar, Bellerin aktif berkampanye terkait kelestarian lingkungan di media sosial

Bellerin memanfaatkan kepopulerannya sebagai salah satu pesepak bola top dengan aktif menyuarakan masalah lingkungan di media sosial. Ia berkampanye terkait beragam problematika, mulai dari sampah plastik yang makin menggunung hingga penebangan pohon yang terus terjadi dari waktu ke waktu.

"Dengan platform yang kita miliki, kita harus menjadi orang yang berteriak pada masalah sosial ini dan menempatkannya di sana sehingga sebagai masyarakat kita dapat bergerak maju,” ujar Bellerin dilansir Republic World.

Ia juga turut memperingatkan orang-orang yang seolah tak acuh terhadap permasalahan lingkungan saat ini. Dengan begitu, Bellerin terus mengajak semua kalangan agar mau bahu-membahu menuntaskan masalah lingkungan yang kian mendarah daging di semua wilayah dunia tersebut.

"Orang-orang selalu berbicara tentang bagaimana pada tahun 2050 kita akan melakukan 'ini' atau 'itu', tetapi bukan itu cara kerjanya. Jauh sebelum itu, kita harus membuat perubahan besar dan besar jika kita tidak ingin dunia mati karena kita,” sambung Bellerin.

4. Ikut berpartisipasi dalam program reboisasi ribuan pohon di berbagai wilayah

Pada akhir musim 2019/2020 lalu, Bellerin melakukan kampanye mulia terkait permasalahan deforestasi dan perubahan iklim. Bekerja sama dengan One Tree Planted, sebuah organisasi yang bekerja pada proyek penghijauan di seluruh dunia, Bellerin berjanji akan mendanai penanaman 3.000 pohon setiap kali Arsenal menang. 

Mengutip Marca, kampanye tersebut akhirnya cukup untuk mendanai penanaman 58.617 pohon. Pohon-pohon tersebut ditanam di Brasil, tepatnya di kawasan hutan Amazon. Penanaman pohon ini dilakukan melalui kemitraan dengan Black Jaguar Foundation dan masyarakat lokal.

"Amazon adalah paru-paru bumi. Kawasan ini sangat luas dan sangat penting perannya. Kami tidak hanya membantu menghutankan kembali Amazon, tetapi juga membantu masyarakat yang membutuhkan dukungan keuangan," ungkap Bellerin dilansir Skysports.

5. Menjadi pemilik saham minoritas klub paling ramah lingkungan

Hector Bellerin dan Kecintaannya terhadap Aksi Menjaga LingkunganForest Green Rovers, klub sepak bola paling go-green di dunia (twitter.com/FGRFC_Official)

Forest Green Rovers telah dikenal reputasinya sebagai klub paling ramah lingkungan, sebagaimana dikutip dari Eurosport. Sudah diakui oleh PBB dan FIFA, klub Inggris yang berkompetisi di League Two ini mengimplementasikan konsep go-green, dari makanan vegetarian, teknologi lapangan yang ramah lingkungan, serta jersey yang terbuat dari serat kopi.

Dilansir The Guardian, Bellerin telah menginvestasikan 250 ribu poundsterling atau sekitar Rp4,9 miliar serta mengakuisisi saham sekitar 2% di klub tersebut pada September 2020 lalu. Bellerin mengaku senang dan bakal bekerja sama dengan Dale Vince, pemilik saham utama klub untuk meningkatkan agenda lingkungan dalam sepak bola.

"Begitu banyak orang merasa tidak ada solusi untuk masalah dunia, tetapi Forest Green sudah melakukan banyak hal. Saya bahagia bisa menjadi bagian dari keluarga Forest Green Rovers. Saya akan membantu semampu saya, mendukung orang-orang yang ingin mengubah dunia menjadi lebih baik," kata Bellerin dilansir The Athletic.

 

Hector Bellerin memanfaatkan ketenarannya untuk terus berkampanye terkait permasalahan lingkungan. Dengan kondisi yang terus memburuk, sikap Bellerin ini tentu bisa menjadi pendorong bagi berbagai pihak agar lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan di sekitar.

Baca Juga: 9 Ide Padu Padan Outfit ala Hector Bellerin, Keren dan Nyentrik

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya