Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II Tilburg

Frenkie de Jong salah satunya!

Berbicara mengenai sepak bola Belanda, tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa klub topnya macam Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven ataupun Feyenoord. Beberapa klub tersebut memang sering ikut andil di kompetisi Eropa, dari Liga Champions dan juga Liga Europa. Selain klub-klub diatas, masih terdapat sederet klub ternama Belanda lainnya, tak terkecuali Willem II Tilburg.

Meski di musim ini, klub berjuluk Superkruiken tersebut hanya berada di papan tengah Eredivisie, tapi klub yang namanya diambil dari Raja Belanda ini ternyata pernah menjadi pelabuhan dalam karier beberapa pesepak bola ternama. Penasaran siapa sajakah pemain tersebut? Berikut IDN Times sudah menyajikannya untuk kamu.

1. Mousa Dembele

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II TilburgMousa Dembele. (twitter.com/WillemII)

Mousa Dembele pernah berkiprah di Belanda dalam waktu yang cukup lama, yaitu 4 tahun dari 2006 hingga 2010. Selama periode tersebut, Dembele bermain untuk dua klub Eredivisie berbeda, yaitu Willem II Tilburg dan AZ Alkmaar. Menilik sepak terjangnya bersama Willem II, pria berpaspor Belgia ini hanya bermain selama semusim, tepatnya pada 2006/2007 lalu.

Bermain sebagai gelandang sentral, Dembele nyaris tak tergantikan perannya untuk klub berjuluk Superkruiken tersebut. Ia membuat 35 penampilan dengan raihan 9 gol dan 5 assist. Performa impresif yang ia tunjukkan membuat Dembele resmi diboyong AZ Alkmaar di musim selanjutnya. Sampai saat ini, Dembele telah beberapa kali berganti tim, mulai dari Fulham, Tottenham Hotspur dan Guangzhou Evergrande.

2. Marc Overmars

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II TilburgMarc Overmars. (nos.nl)

Nama Marc Overmars pernah melejit sebagai salah satu pemain Belanda terbaik di era 90-an. Bertepatan dengan periode tersebut, Overmars tampil apik bersama beberapa klub yang pernah dibelanya, terutama Ajax Amsterdam. Disana Overmars sukses menarik perhatian serta merengkuh gelar ternama, seperti 3 gelar Eredvisie. Sebelum harum bersama Ajax, Overmars sempat membela klub Belanda.

Salah satu klub yang pernah ia singgahi sebelum Ajax adalah Willem II Tilburg. Bersama Superkruiken, Overmars hanya bermain selama semusim, yaitu pada 1991/1992. Meski tak terlalu menonjol performanya, Overmars yang beroperasi di sisi sayap ini mendapatkan banyak kepercayaan dari pelatih Willem II saat itu. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah penampilannya yang menyentuh angka 31.

Baca Juga: 10 Potret Frenkie de Jong, Pemain Tengah Barcelona yang Serbabisa

3. Frenkie de Jong

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II TilburgFrenkie de Jong. (tribuna.com)

Dikenal saat berseragam Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong ternyata memulai karier profesionalnya bersama Willem II. Ia mulai bergabung dengan tim muda Superkruiken saat masih belasan tahun. Setelahnya, de Jong berhasil naik kasta ke tim lebih senior, hingga di akhir musim 2014/2015, Willem II mempromosikannya ke tim utama.

Secara keseluruhan, de Jong tak bertahan lama disana, hanya sekitar 6 bulan saja lantaran diboyong oleh Ajax di akhir tahun 2015. Menilik penampilannya bersama Willem II, de Jong membuat 28 penampilan di semua tim berbagai usia dengan torehan 7 gol dan 2 assist. Ajax yang terpikat dengan potensi de Jong membawanya ke Amsterdam. Kini ia membela salah satu klub terbaik di dunia, Barcelona.

4. Alexander Isak

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II TilburgAlexander Isak. (twitter.com/FootballOranje_)

Sebelum namanya mekar bersama Real Sociedad, Alexander Isak juga pernah menancapkan kakinya dengan berseragam Willem II. Serupa dengan de Jong, Isak tak bertahan lama bersama klub berjuluk Superkruiken, hanya sekitar 6 bulan saja pada paruh pertama tahun 2019 lalu. Ia direkrut Willem II dengan status pinjaman dari Borussia Dortmund.

Meski begitu, Isak berhasil menunjukkan performa impresifnya di lini serang Superkruiken. Dari 18 pertandingan yang ia mainkan, Isak berhasil mencetak 14 gol dan 7 assist. Raihan tersebut tentu begitu membanggakan bagi seorang striker yang usianya masih seumur jagung. Tak mengherankan, setelah kembali dari masa peminjaman, Isak direkrut Real Sociedad dan menjadi salah satu pemain andalan.

5. Virgil van Dijk

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II TilburgVirgil van Dijk. (vi.nl)

Willem II Tilburg menjadi tempat Virgil van Dijk memulai karier profesionalnya. Sedari belia, bek yang kini membela Liverpool tersebut telah berseragam klub berjuluk Superkruiken tersebut, tepatnya dari rentang waktu 2001 hingga 2010 silam. Namun, selama 9 tahun perjalanannya, pria berusia 29 tahun ini tak pernah mencatatkan debut untuk skuat utama Willem II.

Van Dijk hanya bermain hingga tim U-21 Willem II saja. Hal tersebut terjadi lantaran van Dijk memutuskan untuk hijrah ke klub top Belanda lainnya, yaitu Groningen pada musim 2010/2011. Setelahnya, perjalanan karier van Dijk semakin berkembang dan sejalan dengan dereran klub yang dibelanya. Mulai dari Glasgow Celtic, Southampton dan kini, van Dijk menjadi pilar penting The Reds di jantung pertahanan.

Walaupun di musim ini, Willem II Tilburg tengah terkatung-katung di Eredivisie, klub ini tetaplah memiliki sejarah besar dengan menjadi salah satu destinasi beberapa pemain top dalam merintis kariernya.

Baca Juga: 6 Top Skor Eredivisie yang Gagal Bersinar di English Premier League

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya