Comscore Tracker

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020

Eden Hazard salah satunya!

Piala Eropa 2020 telah resmi dihelat beberapa saat yang lalu. Beberapa tim kontestan diunggulkan menjadi kampiun di edisi kali ini, salah satunya Belgia. Tim asuhan Roberto Martinez tersebut memang tampil menjanjikan dengan diisi sederet pemain bintang.

Dan di Piala Eropa kali ini, The Red Devils tergabung di grup B yang relatif ringan, bersama Denmark, Finlandia, dan Rusia. Membawa 26 pemain terbaiknya, ternyata ada beberapa pemain Belgia yang jarang tampil bersama klubnya musim ini. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Nacer Chadli

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020Nacer Chadli (twitter.com/NChadli)

Nacer Chadli menjadi salah satu dari 26 pemain yang dibawa timnas Belgia untuk melakoni Piala Eropa 2020. Sejatinya, kiprah pemain berusia 31 tahun tersebut tak terbilang mentereng musim ini. Membela Istanbul Basaksehir sejak awal musim, Chadli tak mendapatkan kesempatan penuh untuk tampil.

Tercatat, eks pemain Tottenham Hotspur ini cuma membuat 22 penampilan di semua ajang. Kendati tak tampil reguler, hal tersebut bukan berarti penghalang bagi Chadli untuk membela timnas Belgia. Sepanjang kariernya, ia merupakan langganan skuad The Red Devils walaupun kerap berganti-ganti klub.

2. Thorgan Hazard

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020Thorgan Hazard (fearthewall.com)

Jarang bermain di klub bukanlah alasan bagi Thorgan Hazard tak bisa membela timnas Belgia. Sejak direkrut Borussia Dortmund pada musim 2019/2020 lalu, saudara kandung Eden Hazard itu harus ekstra kerja keras demi mendapatkan tempat utama. Bukan tanpa sebab, ia harus bersaing dengan nama top lain.

Jadon Sancho, Giovanni Reyna, dan Julian Brandt merupakan pemain-pemain Die Borussen lain yang berposisi sama dengannya. Tak pelak, kans Hazard tampil terbilang minim dengan mencatatkan 28 penampilan musim ini. Melihat catatan tersebut, Hazard tetap dipercaya karena dipanggil timnas Belgia.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Timnas Belgia dalam Ajang Piala Eropa 2020, Siapa Saja?

3. Matz Sels

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020Matz Sels (eurosport.fr)

Dengan peraturan setiap tim kontestan yang wajib memiliki tiga kiper di Piala Eropa 2020 berdampak positif bagi Matz Sels. Kiper yang kini berkarier untuk Strasbourg akhirnya sukses mencicipi balutan jersey senior timnas Belgia, usai namanya dipanggil sang pelatih, Roberto Martinez. Wajar ini jadi momen spesial baginya, karena Sels telah berusia 29 tahun.

Meski seperti itu, sejatinya Sels cuma menjadi pelapis di Strasbourg. Ia hanya mencatatkan 6 penampilan di musim ini, dan kalah bersaing dengan kiper asal Jepang, Eiji Kawashima. Sels diprediksi bakal menjadi kiper ketiga The Red Devils di Piala Eropa 2020, setelah Thibaut Courtois dan Simon Mignolet.

4. Michy Batshuayi

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020Michy Batshuayi (talksport.com)

Menjalani musim keduanya berstatus pinjaman di Crystal Palace, perjalanan Michy Batshuayi jauh dari kata impresif. Bukannya mampu tampil reguler, pemain berusia 27 tahun tersebut justru harus bekerja keras demi mendapatkan tempat utama.

Maklum, Palace telah memiliki penyerang top Belgia lainnya, yaitu Christian Benteke. Alhasil, kesempatan bermain yang diperoleh Batshuayi cuma menyentuh angka 20 kali musim ini. Tak sampai di situ, torehan golnya juga tak mencapai dua digit, yaitu hanya 2 gol saja.

Performanya memang tak begitu menjanjikan. Namun, bagi timnas Belgia, Batshuayi tetap jadi sosok penting dan memasukkannya ke skuad Piala Eropa 2020.

5. Eden Hazard

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020Eden Hazard (eurosport.com)

Meski jarang tampil musim ini, Roberto Martinez tetap memasukkan nama Eden Hazard ke dalam skuadnya untuk melakoni Piala Eropa 2020. Ia memang merupakan langganan timnas Belgia, sejak debut pada 2008 silam. Setelahnya, Hazard menjadi pemain yang tak tergantikan perannya di skuad The Red Devils.

Namun, di tahun ini, performanya bersama Real Madrid memang tak terlalu mencuat. Bagaimana tidak, Hazard lebih sering menghabiskan waktunya di meja perawatan. Bila diakumulasi secara keseluruhan, ia mengalami 7 kali cedera di musim ini, termasuk terpapar Covid-19 pada November 2020 lalu.

 

Belgia menjadi salah satu tim kontestan yang difavoritkan untuk menjuarai Piala Eropa 2020. Menarik dinantikan kiprah 5 pemain di atas tampil di ajang akbar benua Eropa tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Top Belgia yang Tak Dipanggil Timnas ke Piala Eropa 2020

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya