5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

Bersinar di tengah ketatnya persaingan para pemain bintang

Chelsea memiliki akademi yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Mereka telah mengembangkan pemain muda hingga dikenal luas seperti John Terry.

Keberhasilan Chelsea memoles bakat-bakat berharga pada usia muda masih terjaga hingga sekarang. Buktinya, beberapa lulusan akademi The Blues sukses promosi ke skuad utama, bahkan jadi pilar kunci.

Berikut jebolan akademi Chelsea terakhir yang promosi ke skuad utama.

1. Mason Mount

5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaMason Mount (premierleague.com)

Penunjukan Frank Lampard sebagai juru taktik Chelsea pada 2018/2019 berdampak positif bagi para pemain muda. Bersamaan dengan larangan transfer yang tengah dijalani The Blues, Lampard akhirnya mempromosikan sejumlah pemain akademi.

Salah satu pemain yang beruntung itu adalah Mason Mount. Ia dengan cepat mendapatkan kepercayaan mengisi lini tengah Chelsea. Bahkan, saat kursi kepelatihan berganti, ia masih jadi andalan. Tak ayal apabila dirinya jadi langganan dipanggil Timnas Inggris.

2. Reece James

5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaReece James (twitter.com/ReeceJames)

Pos bek kanan yang hanya diisi Cesar Azpilicueta akhirnya aman. Pasalnya, Chelsea memiliki bek kanan potensial di dalam diri Reece James. Ia berhasil naik kasta ke skuad utama The Blues pada awal musim 2019/2020. Sejak saat itu, kualitasnya makin berkembang.

Kemampuannya menyisir sisi kanan pertahanan juga diimbangi dengan teknis serangan mumpuni. James begitu diandalkan pelatih-pelatih Chelsea hingga sekarang. Tercatat, dirinya sudah bermain dalam 135 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Musim Terburuk Chelsea di Premier League sejak Menjadi Klub Kaya

3. Trevoh Chalobah

5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaTrevoh Chalobah (twitter.com/TrevohChalobah)

Krisis lini belakang yang menerpa Chelsea pada 2021/2022 membawa berkah bagi Trevoh Chalobah. Pasalnya, ia dipercaya untuk promosi ke skuad utama The Blues. Momentum ini tak disia-siakan begitu saja olehnya yang mampu bersinar di sektor pertahanan.

Chalobah menjadi salah satu pilihan yang dipercaya untuk menjaga pertahanan Chelsea. Tercatat, ia sudah tampil dalam 44 penampilan bersama The Blues di berbagai ajang. Dengan usianya yang masih 23 tahun, Chalobah bisa jadi andalan Chelsea dalam waktu yang lama.

4. Armando Broja

5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaArmando Broja (instagram.com/armando.broja)

Usai kepergian Romelu Lukaku, opsi mesin gol Chelsea sempat tak ada penghuninya. Oleh sebab itu, The Blues memberikan kepercayaan itu kepada jebolan akademi miliknya, Armando Broja untuk naik kasta. Ia dinilai bisa memberikan banyak kontribusi.

Kehadiran pemain berpaspor Albania ini membuat lini depan Chelsea makin mewah. Broja sudah mencetak 1 gol dan 1 assist dari 19 penampilan di semua ajang. Meski belum maksimal, Broja punya banyak waktu untuk meningkatkan kualitasnya.

5. Conor Gallagher

5 Jebolan Akademi Chelsea Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaConor Gallagher (instagram.com/chelseafc)

Selain Broja, Conor Callagher juga sukses promosi ke skuad utama Chelsea pada 2021/2022. Keputusan ini tak terlepas dari aksinya yang gemilang pada musim lalu. Dipinjamkan ke Crystal Palace, performa Gallagher meningkat pesat.

Kini dirinya dipulangkan dan jadi salah satu alternatif di sektor gelandang. Meski bersaing dengan pemain lain yang lebih berpengalaman, Gallagher tetap mampu unjuk gigi. Sejauh ini, ia sudah dipercaya tampil sebanyak 21 kali dengan mengemas 1 gol dan 1 assist.

Meski Chelsea kerap merekrut pemain bintang, hal ini tak menghilangkan garansi menit bermain jebolan akademi miliknya. Kelima pemain muda di atas juga punya talenta yang istimewa dan membuktikan dirinya layak promosi ke skuad utama Chelsea.

Baca Juga: 5 Gelandang Chelsea asal Brasil, Andrey Santos Jadi yang Terbaru

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya