5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar Eropa

Jorginho salah satunya!

Kolonialisasi oleh bangsa-bangsa Eropa pada masa lampau benar-benar terasa dampaknya. Selain dari segi politik dan penguasaan wilayah, kolonialisasi juga memengaruhi garis keturunan masyarakat yang dijajah. Brasil tak luput menjadi tujuan bangsa Eropa dalam menyebarkan kekuasaannya tersebut.

Dilansir The New York Times, Brasil yang resmi ditemukan pertama kali pada tahun 1500 ini merupakan salah satu area kolonialisasi Portugis. Hal ini disebabkan kawasan Brasil yang strategis sebagai pusat perdagangan. Mereka menjajah Brasil selama tiga abad hingga Brasil merdeka seutuhnya pada tahun 1822. 

Di sisi lain, garis keturunan masyarakat Brasil juga dipengaruhi oleh gelombang imigran besar-besaran pada abad ke-18 dan 19. Para imigran ini berasal dari sejumlah negara di Eropa, seperti Spanyol, Italia, dan Portugal. Mereka lalu menetap secara permanen hingga terjadi akulturasi budaya dengan masyarakat lokal.

Peristiwa itu berpengaruh hingga sekarang. Banyak orang Brasil atau negara-negara besar Eropa yang punya garis keturunan satu sama lain, termasuk para pemain sepak bola berikut ini. Siapa saja mereka?

1. Pepe

5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar EropaPepe (twitter.com/FCPorto)

Képler Laveran Lima Ferreira atau akrab dengan sapaan Pepe ini tumbuh dengan suasana Brasil yang kental. Pepe menetap di kota Maceió. Ia juga sempat berkarier dengan membela klub lokal, Corinthians Alagoano, saat masih remaja.

Keputusan besar dibuat oleh Pepe saat berusia 18 tahun. Pepe merantau ke Portugal untuk mengembangkan kariernya. Ia lalu tinggal selama bertahun-tahun di negara ini. Itu yang membuatnya berhak menerima kewarganegaraan Portugal pada 2006 silam.

2. Diego Costa

5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar EropaDiego Costa (chelseafc.com)

Diego Costa merupakan pemain kelahiran Brasil pada umumnya. Ia tumbuh serta memulai kariernya di negeri sendiri. Di level internasional, Costa bahkan sudah mengantongi 2 caps untuk Brasil dalam ajang persahabatan.

Namun, karena sulitnya mendapatkan panggilan, Costa beralih membela Timnas Spanyol sejak Maret 2014. Ia memenuhi syarat sebab sudah tinggal lebih dari lima tahun. Hingga saat ini, Costa sudah mengoleksi 24 caps bersama Timnas Matador.

Baca Juga: 6 Pemain Brasil Termahal yang Membela Klub EPL 2022/2023, Siapa Saja?

3. Emerson Palmieri

5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar EropaEmerson Palmieri (twitter.com/emersonpalmieri)

Di kota Santos, Brasil, Emerson Palmieri menghabiskan masa-masa kecilnya. Ia sendiri merupakan keturunan imigran dari pihak keluarga sang ibu. Mereka berasal dari Rossano, sebuah kawasan di Calabria, Italia, yang terkenal dengan tambang marmer.

Karena ikatan darah sang ibu, Emerson memenuhi syarat membela Timnas Italia. Ia akhirnya resmi memiliki paspor Italia pada 2017. Emerson bahkan menjadi langgangan skuad Gli Azzurri yang sudah mengemas 30 caps.

4. Thiago Alcantara

5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar EropaThiago Alcantara (twitter.com/Thiago6)

Jika Boateng bersaudara memilih dua negara yang berbeda, hal yang sama juga dilakukan Alcantara bersaudara. Di saat sang adik, Rafinha, setia dengan Timnas Brasil, Thiago justru memilih untuk membela Timnas Spanyol.

Menariknya, Thiago justru lahir di Italia, tepatnya di kawasan San Pietro Vernotico. Ia lalu pindah ke Spanyol saat masih belia untuk memulai karier sepak bolanya. Oleh sebab itu, Thiago memenuhi syarat membela Spanyol meski tak lahir di sana.

5. Jorginho

5 Pemain Keturunan Brasil yang Memperkuat Negara Besar EropaJorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Oriundi atau istilah yang merujuk kepada orang Italia yang besar di negara lain cukup banyak, termasuk Jorginho. Dari namanya saja, Jorginho punya darah Brasil yang kuat. Ia lahir dan besar di sana, tepatnya di kawasan Imbituba.

Meski tumbuh di lingkungan ala Amerika Latin, Jorginho memilih Timnas Italia sebagai negara yang ia bela. Jorginho sudah membela Gli Azzurri sejak berusia 15 tahun. Puncaknya, ia debut bersama tim senior pada Maret 2016.

Secara histori, Brasil punya hubungan erat dengan beberapa negara Eropa, seperti Spanyol dan Italia. Termasuk soal kewarganegaraan ganda. Kelima pemain di atas punya darah Brasil meski beberapa diantaranya tidak pernah mengunjungi negara tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terakhir yang Menggunakan Nomor 20 sebelum Jorginho

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya