Comscore Tracker

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara Lain

Paulo Dybala salah satunya

Sebagai sebuah negara berdaulat, Polandia punya sejarah yang sangat panjang. Berbagai era telah dijalani hingga masa-masa kelam, salah satunya Perang Dunia pada abad ke-20. Pengaruh Polandia terhadap negara lain juga cukup banyak, termasuk dari keturunan.

Masyarakat keturunan Polandia tersebar di berbagai negara, entah itu dari keturunan atau bermigrasi secara langsung, tak terkecuali di dunia sepak bola. Ada beberapa pemain keturunan Polandia yang memperkuat negara lain. Siapa saja?

1. Kasper Schmeichel

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara LainKasper Schmeichel (instagram.com/ogcnice)

Anak dari Peter Schmeichel ini memiliki garis keturunan Polandia. Itu diperolehnya dari sang kakek buyut. Kakek Schmeichel sendiri merupakan mantan prajurit Polandia di Perang Dunia II. 

Meski begitu, Kasper tak memilih Polandia sebagai negara yang ia bela. Ia memutuskan untuk membela Timnas Denmark. Kasper bisa mewakili Denmark sebab lahir di sana, tepatnya di Kota Copenhagen dan sudah menetap sejak lama.

2. Juan Foyth

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara LainJuan Foyth (instagram.com/juanfoyth)

Juan Foyth memiliki identitas utama sebagai pria Argentina. Ia menghabiskan sebagian besar hidupnya di negara ini hingga membela tim nasional. Namun, Foyth sebenarnya juga memiliki darah keturunan negara lain, yaitu Polandia.

Ia terikat secara tidak langsung dengan Polandia dari keturunan orang tuanya. Mereka merupakan imigran. Seperti yang diketahui, arus migrasi penduduk Polandia ke Argentina telah terjadi sejak abad ke-19 silam.

Baca Juga: 10 Potret Juan Foyth, Bek Kanan Villarreal asal Argentina

3. Lukas Podolski

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara LainLukas Podolski (arsenal.com)

Polandia membuang salah satu talenta emas miliknya, Lukas Podolski, begitu saja. Podolski sebenarnya lahir di Polandia, tepatnya di Kota Gliwice. Lalu ia dibawa ke Jerman bersama keluarganya dan menetap di sana hingga dewasa.

Podolski mengawali karier sepak bola bersama klub-klub kecil Jerman hingga terus berkembang. Sayangnya, ia gagal dilirik oleh Polandia. Momen itu dimanfaatkan oleh Jerman. Podolski ditawari bermain dan memulai debutnya pada tahun 2004 silam.

4. James Tarkowski

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara LainJames Tarkowski (instagram.com/tarky19)

Dari namanya saja, James Tarkowski lekat dengan suasana Polandia. Ia punya hubungan dengan negara beribu kota Warsawa tersebut. Sang kakek merupakan penduduk Polandia yang bermigrasi ke Inggris untuk memulai kehidupan yang baru.

Tarkowski punya kesempatan besar membela Timnas Polandia. Namun, ia lebih memilih Timnas Inggris sebagai tanah kelahirannya. Tarkowski sudah mengantongi 2 caps sejak menjalani debut bersama The Three Lions pada 2018 lalu.

5. Paulo Dybala

5 Pemain Keturunan Polandia yang Memperkuat Timnas Negara LainPaulo Dybala (instagram.com/paulodybala)

Namanya dikenal luas bersama Timnas Argentina, Paulo Dybala sebenarnya juga memiliki darah Polandia. Ia mendapatkannya dari sang kakek, Boleslaw Dybala, yang bermigrasi ke Argentina karena alasan ekonomi.

Oleh sebab itu, Dybala bisa saja membela Timnas Polandia. Namun, ia lebih memilih setia bersama negara yang ia tinggali sejak kecil. Keputusan itu berbuah manis. Meski tak selalu menjadi pemain utama, Dybala sudah merengkuh satu gelar Piala Dunia.

 

Kelima pemain di atas bisa saja membela Timnas Polandia karena punya garis keturunan. Namun, berbagai alasan membuat mereka urung melakukannya. Mereka lebih memilih membela timnas negara lain.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif yang Cetak 100 Gol di Serie A selain Paulo Dybala

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya