5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!

Langsung jadi kiper utama di klub barunya

Musim 2022/2023 di liga top Eropa sudah berakhir. Tiap kompetisi sudah memiliki pemenangnya masing-masing. Tak hanya itu, performa para rekrutan baru juga tak kalah menarik. Ada yang bersinar dan langsung menjadi andalan di klub barunya.

Beberapa rekrutan gratisan juga tak mau kalah. Meski kerap dipandang sebelah mata, mereka tetap mampu bersaing bahkan menjadi pilihan utama. Kelima kiper ini, misalnya. Mereka mampu bersinar di klub barunya meski hanya berstatus gratisan. Siapa saja?

1. Steve Mandanda

5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!Steve Mandanda (instagram.com/staderennaisfc)

Alih-alih pensiun di Olympique Marseille, Steve Mandanda memilih jalan lain. Ia berpisah dengan skuad Les Phoceens pada musim panas 2022. Mandanda hengkang ke sesama klub Ligue 1 lain, Stade Rennais, secara gratis. Ia dikontrak dengan durasi dua tahun hingga Juni 2024 mendatang.

Meski sudah berusia 38 tahun, Mandanda masih tampil kompetitif. Ia bahkan mendapatkan kepercayaan menjadi kiper utama Rennais. Kiper keturunan campuran Prancis dan Republik Demokratik Kongo ini tampil sebanyak 42 kali pada musim debutnya. Dari laga itu, Mandanda berhasil membukukan 15 clean sheet.

2. Walter Benitez

5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!Walter Benitez (twitter.com/benitezwalterok)

Musim 2022/2023 merupakan perjalanan baru di dalam karier Walter Benitez. Pasalnya, ia resmi berpisah dengan OGC Nice yang sudah dibelanya selama enam musim. Benitez hengkang karena tak memperpanjang kontraknya bersama Les Aiglons. Ia memilih hijrah ke PSV Eindhoven dengan status bebas transfer.

PSV Eindhoven menjadi klub Eropa kedua yang ia singgahi. Meski berstatus gratisan, Benitez langsung dipercaya sebagai kiper nomor satu. Ia mampu menyegel posisi tersebut dan nyaris tak tersentuh. Pada musim debutnya, Benitez sukses mengoleksi 13 clean sheet dari 42 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama Negaranya

3. Stefan Ortega

5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!Stefan Ortega (twitter.com/ManCity)

Manchester City merombak susunan kipernya pada musim panas 2022. Zack Steffen dipinjamkan ke Middlesbrough, sementara pelapis Ederson dipercayakan kepada Stefan Ortega. Kiper berpaspor Jerman itu berstatus pemain anyar Manchester City yang bergabung secara gratis dari Arminia Bielefeld.

Secara keseluruhan, Ortega hanya menjadi kiper kedua The Cityzens. Meski begitu, performanya tak bisa dipandang sebelah mata. Ia mampu mengemas 9 clean sheet dari 14 penampilan pada musim debutnya. Ortega juga merupakan salah satu aktor penting yang membawa Manchester City menjuarai Piala FA.

4. Guillermo Ochoa

5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!Guillermo Ochoa (instagram.com/yosoy8a)

Guillermo Ochoa bak penyelamat bagi Salernitana. Sewaktu dirinya belum bergabung, Salernitana terpuruk di papan bawah Serie A dan memiliki pertahanan yang rapuh. Namun, itu semua mulai teratasi saat Ochoa datang. Ia tampil impresif di bawah mistar gawang dengan sejumlah penyelamatan gemilang.

Ochoa direkrut Salernitana pada musim dingin 2023. Ia bergabung secara gratis karena kontraknya sudah habis bersama klub Meksiko, America. Ochoa bersinar meski usianya sudah tak muda lagi. Ia sudah bermain sebanyak 20 kali dan menyelamatkan Salernitana yang berhasil keluar dari ancaman degradasi.

5. Andre Onana

5 Rekrutan Kiper Bebas Transfer Terbaik pada 2022/2023, Berkualitas!Andre Onana (twitter.com/andreonana.24)

Andre Onana menunjukkan performa gemilang bersama Inter Milan. Ia sebenarnya baru bergabung pada musim panas 2022. Onana direkrut Nerazzuri secara gratis dari Ajax. Perekrutan kiper berpaspor Kamerun itu ditujukan sebagai regenerasi. Apalagi, performa Samir Handanovic makin menurun karena dimakan usia.

Onana mendapatkan kepercayaan sebagai kiper utama Inter Milan. Hal itu tak disia-siakan olehnya. Jebolan akademi La Masia ini bak tembok kokoh di bawah mistar gawang Nerazzuri. Onana sudah bermain dalam 40 kali di semua kompetisi. Ia hanya kebobolan 35 kali serta berhasil mengemas 19 clean sheet.

Klub yang mendatangkan kelima kiper di atas begitu beruntung. Mereka memberikan pengaruh signifikan untuk klub barunya tersebut. Kelima kiper di atas mampu tampil impresif meski baru bergabung.

Baca Juga: Andre Onana, Penjaga Keperawanan Gawang Inter Milan di Liga Champions

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya