Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama Negaranya

Tua-tua keladi!

Tak seperti pemain yang beroperasi di posisi lain, seorang kiper umumnya punya puncak karier yang lebih lama. Banyak dari mereka yang masih tampil kompetitif meski sudah tak berusia muda. Hal ini bisa dilihat sepanjang musim 2022/2023.

Tak hanya di level klub, kiper gaek juga mampu eksis di tim nasional. Beberapa negara masih memercayakan pos kiper utama kepada mereka yang sudah memasuki usia senja. Lantas, siapa sajakah kiper senior yang masih dipercaya jadi kiper utama negaranya? Berikut ulasannya.

1. Yann Sommer

Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama NegaranyaYann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Timnas Swiss memercayakan pos kiper utama kepada Yann Sommer. Sejak menjalani debut pada tahun 2012 lalu, Sommer tak pernah kehilangan tempatnya di Timnas Swiss. Ia selalu menjadi andalan negaranya dalam berbagai turnamen bergengsi, termasuk Piala Dunia.

Di usianya yang sudah 34 tahun, performa Sommer masih kompetitif. Bahkan, pada Piala Dunia 2022 lalu, ia menjadi salah satu pemain Swiss yang paling sering tampil. Sommer turun sebanyak tiga kali dan membawa negaranya melaju hingga babak 16 hesar.

2. Kasper Schmeichel

Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama NegaranyaKasper Schmeichel (instagram.com/kasperschmeichel)

Anak dari Peter Schmeichel ini seolah tak punya kompetitor di Timnas Denmark. Selama sedekade terakhir, Kasper Schmeichel nyaman dalam dominasinya menjadi kiper utama. Posisinya tak tersentuh oleh nama-nama lain hingga usianya yang kini sudah 36 tahun.

Kasper punya kontribusi yang besar untuk negaranya itu. Ia berjasa membawa Timnas Denmark melaju hingga partai semifinal Piala Eropa 2020. Sayangnya, laju Denmark di Piala Dunia 2022 tak berjalan mulus sebab harus gugur di babak penyisihan grup.

Baca Juga: Penerus Peter Schmeichel, 7 Kiper Manchester United Ini Dinilai Gagal

3. Guillermo Ochoa

Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama NegaranyaGuillermo Ochoa (instagram.com/yosoy8a)

Jika dibandingkan dengan di level klub, karier Guillermo Ochoa lebih mentereng bersama Timnas Meksiko. Pasalnya, ia selalu menjadi tumpuan Meksiko yang diandalkan dalam beberapa tahun terakhir. Ochoa merupakan sosok penting di skuad negaranya.

Namanya kerap bersinar di ajang bergengsi sekaliber Piala Dunia. Ochoa sudah mengantongi 135 caps sejak memulai debut bersama Timnas Meksiko pada 2005 silam. Angka ini kemungkinan bisa bertambah mengingat Ochoa masih aktif berkarier di usia 37 tahun.

4. David Ospina

Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama NegaranyaDavid Ospina (instagram.com/d_ospina1)

Timnas Kolombia tak kesulitan untuk menemukan kiper utama dalam beberapa tahun belakangan. Kolombia punya kiper nomor satu sekaligus pilar penting di dalam skuadnya, yaitu David Ospina. Ia telah mencicipi skuad utama Timnas Kolombia sejak debut pada 2007 silam.

Ospina terus dipercaya mengisi pos kiper utama negaranya itu hingga sekarang. Kini di usianya yang beranjak 34 tahun, Ospina sudah membukukan 127 caps. Sayangnya, ia gagal membawa Timnas Kolombia melaju ke Piala Dunia 2022.

5. Manuel Neuer

Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama NegaranyaManuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Timnas Jerman sejatinya punya banyak kiper hebat, macam Marc-Andre ter Stegen hingga Kevin Trapp. Namun, beberapa nama itu bukanlah kiper utama Der Panzer saat ini. Jerman masih mengandalkan Manuel Neuer sebagai kiper nomor satu.

Usianya memang sudah 36 tahun, tetapi performa Neuer masih kompetitif. Apalagi ia juga merupakan kiper utama Bayern Munich yang bersaing di level teratas. Posisi Neuer di Timnas Jerman masih sulit tergantikan di usianya yang sudah tidak muda lagi.

 

Usia tak selalu menjadi penghalang. Kelima kiper di atas mampu mempertahankan posisinya dengan penampilan yang konsisten. Bahkan, kiper yang berusia lebih muda dibandingkan mereka tak mampu meruntuhkan dominasi tersebut.

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Gantikan Posisi Manuel Neuer di Bayern Munich

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya