5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!

Posisinya tak mampu digeser kiper lain

Liga top Eropa merupakan tempat berkumpulnya pemain-pemain jempolan. Biasanya mereka membela klub papan atas yang bersaing memperebutkan gelar juara. Selain itu, ini juga menjadi tempat yang ideal bagi pemain muda untuk berkembang.

Banyak pemain muda yang menjadi pilihan utama di klubnya. Mereka mampu bersaing pada usia yang sebenarnya belum begitu matang. Kelima kiper ini, misalnya, telah dipercaya sebagai kiper nomor satu klubnya saat ini.

1. Gavin Bazunu

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!Gavin Bazunu (instagram.com/gavin_bazunu)

Southampton melakukan regenerasi di posisi penjaga gawang. Setelah melepas Fraser Forster, The Saints merekrut produk akademi Manchester City, Gavin Bazunu. Ia bergabung dengan Southampton pada awal musim 2022/2023.

Bazunu langsung dipercaya sebagai kiper utama The Saints. Namun, awal perjalanannya itu tidak berjalan mulus. Bazunu harus kebobolan 61 kali dari 37 pertandingan. Semua makin rumit usai timnya terperosok ke dasar klasemen Premier League.

2. Illan Meslier

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!Illan Meslier (twitter.com/premierleague)

Leeds United mengandalkan Illan Meslier sebagai kiper utama. Itu sudah berlangsung dalam tiga musim terakhir. Peran Meslier sangat penting. Tak ayal dirinya selalu bermain di setiap pertandingan The Whites.

Kiper berusia 23 tahun itu sudah tampil dalam 124 laga bersama Leeds United. Sayangnya, performa Meslier masih belum cukup untuk membantu timnya. Ia kebobolan sebanyak 207 kali dan timnya tengah terancam degradasi pada akhir musim 2022/2023.

Baca Juga: 10 Potret Illan Meslier, Kiper Muda Andalan Leeds United asal Prancis

3. Giorgi Mamardashvili

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Sebelum nama Kvaratskhelia meledak, ternyata sudah ada pemain Georgia lain yang tengah aktif membela klub top Eropa. Giorgi Mamardashvili salah satunya. Ia berseragam Valencia sejak awal musim 2021/2022 lalu.

Ia sempat tampil bergantian dengan Jasper Cillessen. Namun, Mamardashvili memenangkan perburuan status kiper utama Los Che. Ia telah bermain dalam 54 pertandingan dengan raihan 16 clean sheet.

4. Alban Lafont

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!Alban Lafont (instagram.com/alban_lafont)

Alban Lafont punya karier yang istimewa bersama Nantes. Bergabung pada musim panas 2021, ia langsung dipercaya menjadi kiper utama. Lafont sukses membuktikan kualitasnya pada usia yang masih 24 tahun saat ini.

Tercatat, ia sudah diturunkan dalam 148 pertandingan dengan koleksi 36 clean sheet. Selain sebagai kiper nomor satu, ia juga dipercaya mengisi peran lain. Lafont ditunjuk sebagai kapten utama Nantes.

5. Gianluigi Donnarumma

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Liga Top Eropa, Potensial!Gianluigi Donnarumma (instagram.com/donnarumma)

Pindah ke Paris Saint-Germain tak mengubah nasib Gianluigi Donnarumma. Ia tetap menjadi kiper utama seperti saat membela AC Milan. Ia bahkan menggusur posisi Keylor Navas yang harus puas menjadi kiper pelapis.

Kiper berusia 24 tahun itu nyaris bermain di semua pertandingan bersama Les Parisiens. Tercatat, Donnarumma sudah tampil dalam 66 pertandingan. Dari laga itu, ia berhasil membukukan 22 clean sheet.

Kelima kiper di atas punya masa depan yang cerah. Mereka berpeluang menjadi kiper hebat di level tertinggi dalam beberapa musim mendatang.

Baca Juga: Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 Prancis

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya