5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top Eropa

Akankah mereka bakal direkrut klub papan atas?

Benua Eropa, sebagai magnetnya sepak bola saat ini, memiliki berbagai liga di tiap negara yang punya persaingan tersendiri. Terutama liga top Eropa yang selalu menarik atensi karena menawarkan persaingan sengit di antara klub kontestan.

Tak hanya seputar klub, persaingan tiap pemain di klubnya juga tak kalah menarik. Pada umumnya, mereka yang sudah berusia matang lebih mudah tampil reguler. Akan tetapi, tak semuanya seperti itu. Hal tersebut dibuktikan oleh kelima kiper muda berikut ini yang menjadi andalan klubnya yang berkutat di papan tengah klasemen.

1. Alban Lafont

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top EropaAlban Lafont (instagram.com/alban_lafont)

Musim 2021/2022 menjadi musim ketiga Alban Lafont membela Nantes. Di usianya yang masih 23 tahun saat ini, Lafont telah diberi kepercayaan menjadi kiper nomor satu Les Canaries. Kesempatan tersebut mampu dibayar kiper berpaspor Prancis itu dengan baik lewat performa apik di bawah mistar gawang.

Tercatat, sepanjang musim 2021/2022, Lafont tampil sebanyak 39 kali dengan raihan sembilan clean sheets. Catatan yang cukup menjanjikan, terlebih ia juga sukses membawa timnya konsisten di papan tengah Ligue 1. Bukan hal yang mustahil bila Lafont bakal menjadi salah satu kiper masa depan timnas Prancis nantinya.

2. Florian Muller

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top EropaFlorian Muller (instagram.com/flomueller_22)

Kepergian Gregor Kobel sepertinya tak terlalu berpengaruh bagi Stuttgart. Pasalnya, klub berjuluk Die Roten tersebut sukses mendapatkan pengganti yang mampu dengan cepat beradaptasi. Nama yang dimaksud adalah Florian Muller, kiper berusia 24 tahun yang didatangkan dari Mainz 05 pada musim panas 2021.

Ia mampu menjalankan tugasnya sebagai kiper utama Stuttgart dengan baik pada musim debutnya. Secara keseluruhan, Muller dipercaya tampil 29 kali serta mengoleksi empat clean sheets. Di usianya yang masih muda sekarang, kesempatan Muller untuk terus memperbaiki prnampilannya jelas terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Saat Ini Berstatus Pelapis di Timnya, Potensial!

3. Vanja Milinkovic-Savic

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top EropaVanja Milinkovic-Savic (instagram.com/vanja_32)

Berbeda dengan musim debutnya yang membosankan, kini Vanja Milinkovic-Savic mulai mendapatkan tempat di skuad Torino. Hal itu tak terlepas dari kepergian kiper utama Il Toro sebelumnya, Salvatore Sirigu, pada awal musim 2021/2022. Tak ayal, momen tersebut tak dilewatkan Vanja begitu saja.

Kiper berkebangsaan Serbia itu dengan cepat menjadi pilihan utama timnya. Catatan 28 penampilan dan lima clean sheets mewarnai perjalanannya bersama Il Toro. Terlepas dari performanya yang belum konsisten, kans eks kiper tim muda Manchester United itu sejatinya masih ada pada musim depan.

4. Luis Maximiano

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top EropaLuis Maximiano (instagram.com/luismaximiano81)

Luis Maximiano menjajal petualangan luar negeri untuk yang pertama kalinya pada musim ini. Ia bergabung dengan Granada sebagai suksesor Rui Silva yang hengkang ke Real Betis. Secara usia, yakni 23 tahun, Maximiano merupakan sosok yang potensial. Di saat yang sama juga, ia dipercaya menjadi kiper utama El Grana.

Dipilihnya Maximiano sebagai palang pintu nomor satu Granada terbilang tepat. Kiper berpaspor Portugal itu mampu tampil apik pada musim debutnya. Ia sukses menorehkan delapan clean sheets dari 35 laga yang dijalani. Tak heran bila beberapa klub, khususnya Barcelona tertarik untuk merekrutnya musim panas ini.

5. Illan Meslier

5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top EropaIllan Meslier (twitter.com/FootyAccums)

Masa depan sektor penjaga gawang Prancis sangat cerah. Di saat kiper senior seperti Hugo Lloris mulai dimakan usia, nama-nama muda dan energik sukses bermunculan, termasuk Illan Meslier. Kariernya terus berkembang pesat sebagai kiper utama Leeds United dan telah bekerjasama selama tiga musim.

Penampilan Meslier menjadi salah satu yang terbaik di Premier League. Kendati harus kebobolan dalam jumlah yang cukup banyak, Meslier justru sukses masuk jajaran sebagai salah satu kiper dengan rasio penyelamatan terbanyak pada tiap musimnya. Khusus di musim 2021/2022, Meslier dipercaya tampil 42 kali bersama The Whites.

 

Pengalaman kelima kiper berusia muda di atas patut untuk diapresiasi, terlebih mereka sukses menjadi kiper utama di klubnya masing-masing. Dengan kariernya yang masih panjang, akankah mereka bakal dilirik oleh klub papan atas Eropa suatu saat nanti? Kita nantikan saja!

Baca Juga: Diandalkan Timnas, 5 Kiper Ini Hanya Berseragam Klub Medioker

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya