5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!

Ada kiper favoritmu?

Dalam pertandingan sepak bola, kiper merupakan salah satu pemain begitu krusial. Menjadi seorang kiper tentunya bukan suatu pekerjaan yang gampang karena dibutuhkan kualitas dan skill yang mumpuni, layaknya pemain pada umumnya.

Nah, di musim ini, terkhusus di kompetisi top Eropa yang akan memasuki fase akhir, terdapat beberapa kiper yang tampil impresif dalam mengawal gawangnya, tak terkecuali mereka yang masih berusia muda. Bahkan, dari kiper-kiper muda tersebut, ada yang didapuk menjadi andalan oleh klub yang ia bela.

IDN Times sudah merangkum 5 kiper muda yang tampil impresif sejauh ini. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Gianluigi Donnarumma (AC Milan)

5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!instagram.com/gigiodonna99

Gianluigi Donnarumma tampil brilian dalam menjaga gawang AC Milan, tak hanya musim ini, tetapi sejak ia dipromosikan ke tim utama pada 2015/2016. Posturnya yang tinggi tentu menjadi atribut tersendiri bagi Donnarumma, baik dalam menghalau serangan lawan maupun pada situasi lainnya.

Musim ini Donnarumma sudah mencatatkan 40 penampilan dengan raihan 10 clean sheet. Perannya yang hampir tak tergantikan di lini pertahanan berperan vital dalam kesuksesan i Rossoneri menempati papan atas klasemen Serie A. Namun, masa bakti pemain berusia 22 tahun ini bersama AC Milan akan berakhir Juni nanti dan santer dikabarkan segera hijrah ke klub lain.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!

2. Mike Maignan (LOSC Lille)

5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!milanreports.com

Nama Mike Maignan sejatinya belum begitu familier di telinga penggemar sepak bola. Namun, kini pamornya tengah melejit usai menjadi bagian penting di balik kesuksesan LOSC Lille memuncaki klasemen sementara Ligue 1. Kiper berpaspor Prancis ini menampilkan performa ciamik dengan sejumlah penyelamatan penting di setiap laganya.

Secara keseluruhan, Maignan yang kini berusia 25 tahun sudah mencatatkan 43 penampilan di semua kompetisi musim ini. Yang patut diapresiasi adalah hampir setengah atau 20 laga berhasil ia lewati dengan catatan clean sheet. Hal tersebut tentunya menjadi suatu pencapaian impresif bagi Maignan yang juga merupakan mantan pemain Paris Saint-Germain.

3. Dean Henderson (Manchester United)

5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!unitedinfocus.com

Meski status kiper nomor satu Manchester United saat ini dipegang oleh David De Gea, hal tersebut tak sepenuhnya berlaku di atas lapangan. Kiper milik Setan Merah lainnya, Dean Henderson, juga menunjukkan aksi brilian kala diberikan kesempatan tampil oleh sang pelatih. Apalagi, di usianya yang masih 24 tahun, Dean dianggap sebagai kiper yang potensial.

Bila ditotal, Dean sudah bermain dalam 21 pertandingan di semua kompetisi musim ini dan sukses mengemas 12 clean sheet. Sebuah catatan yang sangat baik untuk seorang kiper yang hanya berstatus kiper nomor dua bagi timnya. Kesempatan Dean untuk mendapatkan menit bermain lebih banyak kini kian terbuka lebar, terlebih lagi beredar rumor bahwa De Gea santer pindah ke klub baru.

4. Unai Simon (Athletic Bilbao)

5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!beinsports.com

Beralih ke daratan Spanyol, nama Unai Simon menjadi salah satu kiper yang menarik perhatian musim ini. Produk akademi Bilbao ini sebelumnya telah didapuk menjadi kiper utama pada musim 2018/2019 lalu dan begitu diandalkan di bawah mistar gawang. Membahas performanya musim ini, Simon tampil gemilang menjaga gawangnya di setiap pertandingan.

Simon telah tampil dalam 35 pertandingan di semua kompetisi dan sukses mengantongi 7 clean sheet. Ia juga menjadi salah satu aktor penting di balik kesuksesan Bilbao meraih titel Piala Super Spanyol usai menaklukkan Barcelona. Tak mengherankan bila kiper 23 tahun ini dipercaya untuk menjalani debutnya bersama Timnas Spanyol pada 14 November 2020 lalu.

5. Illan Meslier (Leeds United)

5 Kiper Muda yang Menunjukkan Performa Gemilang di Musim Ini, Tangguh!eurosport.fr

Illan Meslier tengah menikmati performa impresifnya bersama Leeds United musim ini. Namanya mungkin masih awam oleh kalangan pencinta sepak bola, tapi kontribusi yang Meslier tunjukkan bersama Leeds tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Kiper berumur 21 tahun ini tampil cemerlang dengan sejumlah penyelamatan gemilang yang ia buat.

Baru bergabung sejak musim lalu, Meslier berperan penting membawa Leeds promosi ke kasta tertinggi sepak bola Inggris. Hingga saat ini, Leeds juga menjadi salah satu klub kuda hitam di Premier League usai kerap kali mengejutkan tim papan atas yang kerap kali diunggulkan. Bila ditotal, Meslier sudah mencatatkan 30 penampilan dengan torehan 9 clean sheet.

 

Dengan kerja keras dan dedikasi mereka hingga saat ini, para kiper di atas sukses menunjukkan performa menawan meski berusia lebih muda ketimbang kiper-kiper ternama lainnya.

Baca Juga: 10 Pemain Leeds United dengan Bayaran Tertinggi Musim 2020/2021

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya