5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!

Posisi Alisson sulit digeser kiper lain

Alisson Becker mulai menjadi bagian Liverpool pada musim panas 2018. The Reds mendatangkannya dari AS Roma untuk menutupi krisis di sektor kiper. Kondisi ini mampu dimanfaatkan dengan baik olehnya. Alisson bersinar sebagai kiper utama.

Ia memegang status kiper nomor satu Liverpool hingga 2022/2023 ini. Tak heran apabila kiper pelapis The Reds sering berubah karena minimnya kesempatan bermain.

Kelima nama berikut ini pernah menjadi ban serep Alisson di Liverpool. Siapa saja mereka?

1. Simon Mignolet

5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!Simon Mignolet (twitter.com/LFC)

Simon Mignolet sebenarnya pernah menjadi kiper utama Liverpool. Bergabung pada musim panas 2013, ia mengawal gawang The Reds dalam beberapa musim. Sayangnya, nasib Mignolet di Liverpool mulai terpinggirkan.

Dengan kedatangan Alisson, ia harus rela menjadi kiper cadangan. Pada musim terakhirnya, Mignolet bahkan hanya bermain dua kali. Ia lantas hengkang ke Club Brugge setelah 6 musim mengabdi di klub Merseyside.

2. Andy Lonergan

5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!Andy Lonergan (liverpoolfc.com)

Andy Lonergan telah membela banyak klub di Inggris, termasuk Liverpool. Ia resmi menjadi milik The Reds usai dikontrak pada musim panas 2019. Liverpool mendapatkan jasanya secara gratis sebab ia tengah menganggur.

Karena sudah berusia 35 tahun, Lonergan hanya diproyeksikan sebagai kiper pelapis. Ia bahkan tak pernah tampil dalam laga resmi bersama The Reds. Lonergan hanya semusim di Liverpool setelah dikontrak jangka pendek.

Baca Juga: Dari Alisson hingga ter Stegen, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1992

3. Loris Karius

5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!Loris Karius (twitter.com/LorisKarius)

Nasib Loris Karius menurun drastis di Liverpool. Ia sebenarnya pernah menjadi andalan The Reds di bawah mistar gawang. Namun, kesialannya di final Liga Champions Eropa 2017/2018 mengubah ritme karier Karius. Posisinya terdepak dari skuad utama.

Kiper berpaspor Jerman itu harus menjalani peminjaman ke Besiktas dan Union Berlin. Usai kembali, nasibnya tak berubah. Karius urung menjadi kiper utama Liverpool karena kuatnya dominasi Alisson. Ia lantas hengkang ke Newcastle United pada musim panas 2022.

4. Caomhin Kelleher

5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!Caomhin Kelleher (instagram.com/caomhinkelleher98)

Liverpool sepertinya tak kesulitan mencari penerus Alisson Becker. Pasalnya, The Reds sudah mengantongi kiper potensial di dalam skuadnya. Pemain yang dimaksud itu adalah Caomhin Kelleher, jebolan akademi The Reds.

Kelleher mulai menghiasi skuad utama pada musim panas 2019. Karena minimnya pengalaman, ia hanya didapuk sebagai pelapis Alisson. Kelleher baru turun dalam 20 pertandingan di semua kompetisi.

5. Adrian

5 Kiper Pelapis Alisson Becker di Liverpool, Jarang Tampil!Adrian (twitter.com/AdriSanMiguel)

Liverpool mendatangkan Adrian untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Alisson pada musim panas 2019. Alisson menepi selama beberapa bulan karena mengalami cedera.

Adrian sempat menjadi pahlawan Liverpool di Piala Super EUFA. Namun, setelah Alisson fit, ia kembali menjadi kiper pelapis. Adrian jarang diturunkan The Reds. Tercatat, ia hanya bermain sebanyak 26 kali di berbagai ajang.

Karena dominasinya, Alisson Becker nyaris tak tergantikan sebagai kiper utama Liverpool. Mengingat usianya yang masih 30 tahun, ia berpotensi terus menjadi andalan The Reds dalam beberapa musim mendatang.

Baca Juga: Liverpool Pantau Suksesor Alisson, Prospek Masa Depan! 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya