5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester United

Hingga kini posisi De Gea masih sulit tergantikan!

Manchester United melakukan pergerakan senyap pada bursa transfer musim dingin 2023. Sejauh ini, baru satu rekrutan yang diboyong The Red Devils, yaitu Jack Butland. Ia dipinjam dari Crystal Palace untuk menjadi back up David De Gea.

Jack Butland menyusul beberapa kiper senior lain. Pasalnya, sejak De Gea bergabung pada 2011 lalu, Manchester United telah mendatangkan sederet kiper berpengalaman untuk menjadi pelapis alias kiper cadangan David De Gea.

Termasuk Jack Butland, berikut kelima kiper senior yang berstatus pelapis dari David De Gea selama membela Manchester United. Check this out!

1. Victor Valdes

5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester UnitedVictor Valdes (premierleague.com)

Sempat menganggur selama enam bulan, Victor Valdes akhirnya mendapatkan pekerjaan baru. Ia direkrut Manchester United guna menjadi pelapis David De Gea pada musim dingin 2015. Meski performanya sudah menurun, pengalaman dan mentalitas yang ia miliki sangat dibutuhkan.

Sewaktu bersama The Red Devils, Valdes memang lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia bahkan hanya tampil sebanyak dua kali di semua ajang. Valdes juga sempat dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege, sebelum pindah secara permanen ke Middlesbrough.

2. Sergio Romero

5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester UnitedSergio Romero (twitter.com/ManUtd)

Manchester United sukses mendapatkan jasa Sergio Romero tanpa mengeluarkan biaya transfer. Romero bergabung dengan skuad The Red Devils untuk memperkuat sektor penjaga gawang. Namun, Romero tak mampu bersaing dan hanya menjadi kiper pelapis David De Gea.

Ia menghabiskan kariernya di klub Manchester merah selama enam musim. Meski cukup lama, kiprahnya berjalan biasa-biasa lantaran minim kesempatan bermain. Romero hanya tampil sebanyak 67 kali di semua ajang. Pada musim panas 2021, ia hengkang ke Venezia.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di EPL, De Gea Merangkak Naik

3. Tom Heaton

5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester UnitedTom Heaton (twitter.com/TomHeatonGK)

Tom Heaton merupakan salah satu rekrutan Manchester United pada musim panas 2021. Profilnya tidak asing di skuad The Red Devils. Heaton merupakan lulusan akademi Manchester United, tetapi lebih sering berkarier bersama klub lain. Kala itu, ia pun punya kesempatan pulang ke klub masa kecilnya.

Kembali di usia yang sudah tak muda, kontribusi Heaton di atas lapangan memang tak banyak. Perannya beralih menjadi kiper cadangan yang minim penampilan. Heaton baru tampil sekali, tepatnya pada Matchday ke-6 Liga Champions kontra Young Boys pada November 2021 lalu.

4. Martin Dubravka

5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester UnitedMartin Dubravka (instagram.com/martindubravka)

David De Gea tak punya pelapis yang sepadan usai kepergian Dean Henderson ke Nottingham Forest. Alhasil, Manchester United merekrut kiper anyar dalam waktu yang nyaris berdekatan. The Red Devils memboyong Martin Dubravka dengan status pinjaman dari Newcastle United.

Kiper berusia 33 tahun itu hanya turun dalam dua penampilan bersama Setan Merah. Masa pinjaman Dubravka yang sejatinya habis pada Juni 2023 juga berakhir prematur. Newcastle United memanggilnya kembali ke skuad pada musim dingin 2023 ini.

5. Jack Butland

5 Kiper Senior yang Menjadi Pelapis David De Gea di Manchester UnitedJack Butland (twitter.com/JackButland_One)

Efek domino dari pemulangan Martin Dubravka cukup terasa. Manchester United kembali meminjam kiper senior dari klub Premier League yang lain. Kali ini, giliran Jack Butland yang menjadi back up David De Gea usai dipinjam dari Crystal Palace hingga akhir musim.

Keputusan Manchester United meminjam Butland dinilai sebagai pilihan tepat. Apalagi, ia hanya diproyeksikan sebagai pelapis De Gea yang tampil dominan sejauh ini. Namun, menilik ke belakang, karier Butland justru lebih banyak dihabiskan bersama klub-klub medioker. 

Kiper senior yang berstatus pelapis merupakan fenomena yang wajar, termasuk di Manchester United. Dengan harga yang terjangkau, mereka juga punya pengalaman lebih sehingga diharapkan bisa menularkan hal tersebut kepada rekan setim yang lain.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United Pakai Nomor 1 Sebelum David De Gea

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya