5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak Tergantikan

Posisi mereka tak tergoyahkan dalam waktu lama

Serie A menawarkan intensitas persaingan yang menarik. Klub-klub raksasa saling bersaing menuju tangga tertinggi. Dalam tiga musim terakhir, setidaknya ada tiga klub berbeda yang mampu merengkuh Scudetto, yaitu Juventus serta duo Milan.

Serie A juga diramaikan oleh banyak pemain bintang. Khususnya di bawah mistar gawang, tiap klub punya kiper andalannya masing-masing. Dari keseluruhan kiper di Serie A, ada beberapa nama yang menjadi andalan timnya dalam waktu yang lama. Siapa saja?

1. Alex Meret

5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak TergantikanAlex Meret (instagram.com/alex_meret)

Napoli punya kans besar merengkuh Scudetto musim ini. Di balik kesempatan itu, peran dari pemainnya jelas menjadi kunci keberhasilan. Salah satu nama yang berjasa membawa Partenopei tampil konsisten di puncak klasemen Serie A adalah Alex Meret.

Produk akademi Udinese ini sudah menjadi bagian Napoli sejak 2018 lalu. Ia dipercayakan menjadi kiper nomor satu Partenopei yang sudah tampil 120 kali. Meret berpeluang meraih trofi Scudetto untuk pertama kalinya pada musim 2022/2023.

2. Emil Audero

5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak TergantikanEmil Audero (instagram.com/emil_audero)

Emil Audero dididik oleh Juventus sejak belasan tahun. Namun, kesempatan bermain justru baru ia rasakan sejak pindah ke Sampdoria. Audero bergabung dengan skuad berjuluk Blucerchiati itu pada musim panas 2018 lalu.

Pria berdarah Indonesia ini langsung menyegel slot kiper utama. Audero sudah tampil sebanyak 164 kali bersama Sampdoria. Sayangnya, ia dihadapkan dengan tantangan berat untuk menyelamatkan timnya yang tengah terperosok di jurang degradasi.

Baca Juga: Shin Tae Yong Benarkan Ingin Naturalisasi Emil Audero

3. Lukasz Skorupski

5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak TergantikanLukasz Skorupski (instagram.com/lukaszskorupski28)

Lukasz Skorupski menjadi palang pintu kokoh di bawah mistar gawang Bologna. Ia dipercaya mengemban kiper utama sejak musim 2018/2019. Momentum itu dijalaninya dengan baik dan masih tampil kompetitif hingga sekarang.

Mantan pemain AS Roma ini telah tampil sebanyak 164 kali. Dari laga tersebut, Skorupski berhasil mengemas 35 clean sheet. Karena aksinya yang impresif di level klub, Skorupski rutin dipanggil oleh Timnas Polandia meski hanya jadi ban serep.

4. Andrea Consigli

5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak TergantikanAndrea Consigli (instagram.com/sassuolocalcio)

Performa Sassuolo cenderung naik turun. Neroverdi juga lebih banyak berkutat di papan tengah Serie A. Meski begitu, ada satu pemain yang tetap setia mengenakan jersey tim asal Emilia Romagna. Pemain yang dimaksud adalah Andrea Consigli.

Consigli sudah membela Sassuolo sejak musim panas 2014. Ia menjadi kiper utama yang nyaris tak tersentuh sampai sekarang. Performanya juga cukup konsisten meski sudah berusia 36 tahun. Consigli sudah membukukan 319 penampilan di semua ajang.

5. Wojciech Szczesny

5 Kiper Utama Klub Serie A dengan Masa Bakti Terlama, Tak TergantikanWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Pos kiper utama Juventus selalu diisi oleh sosok yang sama dalam beberapa musim terakhir. Dia adalah Wojciech Szczesny. Bergabung pada musim panas 2017, Szczesny mampu menjadi kiper nomor satu menggantikan Gianluigi Buffon.

Szczesny berperan besar di balik kesuksesan Bianconeri. Dirinya mampu mengemas 78 clean sheet dari 195 penampilan. Sayangnya, Juventus ditimpa kesialan berupa pengurangan 15 poin oleh FIGC (PSSI-nya Italia) karena kasus manipulasi transfer.

 

Kiper punya andil besar di balik kejayaan sebuah tim. Terlepas dari performa klub mereka masing-masing, kehebatan kelima kiper di atas tentu sudah tak diragukan lagi. Mereka mampu menjadi andalan selama beberapa musim.

Baca Juga: Dilanda Masalah, 5 Pemain Ini Berpotensi Hengkang dari Juventus

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya