5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil Impresif

Bahkan, ada yang dilepas secara gratis

Peran kiper di dunia sepak bola makin krusial dewasa ini. Tak hanya sebagai benteng terakhir di lini belakang, seorang kiper juga dituntut memiliki kemampuan membangun serangan yang mumpuni. Setidaknya, atribut semacam ini sudah dimiliki oleh sederet kiper top di Eropa.

Makin tinggi kontribusi dan kemampuan yang dimiliki, bisa dipastikan sang pemain memiliki valuasi harga yang mahal. Tak ayal, ada beberapa kiper top yang sukses dijual dengan banderol setinggi langit.

Meski begitu, ternyata ada juga sejumlah nama yang tampil impresif, namun, malah dilepas dengan harga murah saat mereka memutuskan hengkang. Siapa saja nama kiper yang dimaksud?

1. Keylor Navas

5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil ImpresifKeylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Keylor Navas menjalani karier yang gemilang bersama Real Madrid. Selama lima musim, ia berhasil membawa Los Blancos ke puncak kejayaan dengan meraih beberapa gelar bergengsi, termasuk 3 titel Liga Champions. Sayangnya, petualangan Navas di Madrid berakhir pilu.

Ia digusur oleh kehadiran Thibaut Courtois. Mau tak mau, Navas pun hengkang ke klub lain demi mendapatkan menit bermain yang layak. Ia akhirnya hijrah ke PSG pada musim panas 2019. Saat itu, Les Parisiens hanya membayar 15 juta euro alias Rp230 miliar untuk merekrutnya.

2. Gianluigi Donnarumma

5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil ImpresifGianluigi Donnarumma (twitter.com/Squawka)

Kesuksesan Gianluigi Donnarumma dimulai semasa masih membela AC Milan. Sejak promosi ke tim utama pada 2015 lalu, namanya tak tergantikan sebagai kiper nomor satu. Musim demi musim ia lalui dengan catatan impresif di bawah mistar gawang Rossoneri.

Namun, perpisahan itu akhirnya tiba. Diwarnai dengan buntunya negosiasi kontrak baru, Donnarumma sepakat untuk tak melanjutkan kebersamaan dengan raksasa Kota Milan tersebut. Ia yang berstatus free agent pada musim panas 2021 akhirnya pilih merapat ke klub kaya raya Prancis, PSG.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!

3. Yassine Bono

5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil ImpresifYassine Bounou (twitter.com/Squawka)

Nama Yassine Bono sejatinya tak terlalu mendapatkan sorotoan semasa membela Girona. Akan tetapi, semua berubah kala Sevilla memutuskan meminjamnya pada musim panas 2019. Ia pun menunjukkan kehebatannya di bawah mistar gawang Los Nervionenses.

Kehadiran Bono di Sevilla sendiri menggusur Tomas Vaclik sebagai kiper utama. Semusim berselang, Sevilla hanya membayar 4 juta euro atau sekitar Rp61 miliar untuk mengikatnya secara permanen. Keputusan itu pun berbuah manis lantaran penampilan Bono bersinar terang setelah baru kebobolan 51 kali dari 104 penampilan bersama Sevilla di semua ajang sejauh ini.

4. Andre Onana

5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil ImpresifAndre Onana (twitter.com/Inter)

Andre Onana resmi meninggalkan Ajax pada musim panas 2022. Kontraknya yang berakhir urung diperpanjang oleh de Amsterdammers. Selanjutnya, Onana menentukan klub baru yang bakal dibelanya mulai musim 2022/2023, Inter Milan.

Hadirnya Onana dinilai sebagai keputusan krusial dalam regenerasi sosok baru kiper Nerazzuri. Onana yang masih berusia 26 tahun dinilai tengah berada di puncak performanya. Sosoknya pun dicap sebagai penerus ideal bagi Samir Handanovic yang sudah berusia senja. 

5. Mike Maignan

5 Kiper Top yang Hengkang dengan Harga Murah meski Tampil ImpresifMike Maignan (instagram.com/mmseize)

Berstatus sebagai jebolan akademi PSG, nasib Mike Maignan justru banyak dihabiskan bersama klub Liga Prancis lainnya. Nama Maginan akhirnya mulai dikenal semasa ia membela Lille. Kala itu, Maignan tampil dominan sebagai kiper utama sekaligus mengantarkan timnya itu jadi juara Ligue 1 2020/2021.

Catatan yang ditorehkan Maignan selama membela Lille terbilang impresif. Atas dasar itu, Maignan akhirnya diboyong oleh AC Milan pada musim panas 2021 silam. Untuk menebus sang kiper Prancis, AC Milan hanya mengeluarkan biaya sebesar 14 juta euro atau sekitar Rp215 miliar.

Sejauh ini, rekor transfer kiper termahal sendiri masih dipegang oleh Kepa Arizabalaga yang didatangkan Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Kala itu, Chelsea sampai menggelontorkan dana hingga 71 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Transfer ini terbilang gagal karena nyatanya kini Kepa Arizabalaga hanya berstatus kiper pelapis Edouard Mendy di Chelsea. 

Baca Juga: 5 Kiper Senior yang Resmi Berganti Klub pada Musim Panas 2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya