5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasi

Ada Keylor Navas dan Jan Oblak!

Kiper merupakan salah satu pemain vital dalam sebuah tim. Penampilan mereka dibawah mistar gawang sangat berpengaruh bagi klub yang ia bela. Selain itu apabila tampil impresif bersama klubnya, kiper ini tentu bakal mendapat panggilan timnas negaranya.

Membela timnas adalah impian bagi para pesepak bola. Namun, tak semua timnas memiliki materi pemain berkualitas. Ada sejumlah timnas di dunia yang diisi oleh kiper top, namun tak punya pemain mumpuni lainnya. Seperti yang dialami 5 kiper top ini. Penasaran siapa saja? Check this out! 

1. Peter Gulacsi (Hungaria)

5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasidierotenbullen.com

Peter Gulacsi menjadi kiper utama RB Leipzig dalam beberapa musim belakangan. Bahkan di musim ini, Gulacsi selalu bermain penuh dan tak tergantikan dibawah mistar Die Roten. Meski punya karier cemerlang di klub, lain halnya bersama timnas yang ia bela, Hungaria.

Gulacsi telah mencatatkan caps di sepanjang kariernya. Meskipun begitu, Hungaria hanya berada di ranking FIFA saat ini. Untuk prestasinya sendiri, Hungaria terakhir kali lolos ke Piala Dunia pada edisi 1986 lalu dan langsung tersingkir di fase grup.

2. Martin Duvravka (Slovakia)

5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasiskysports.com

Kiper selanjutnya adalah Martin Dubravka yang saat ini merumput di Newcastle United. Telah malang melintang di sejumlah klub Eropa membuat namanya telah dikenal luas. Tampil apik di klub, Dubravka dipercaya tampil memperkuat timnas Slovakia.

Di sepanjang kariernya, Dubravka telah mencatatkan 24 caps untuk Slovakia. Namun seperti yang kita tahu, Slovakia tak punya prestasi mentereng di ajang sepak bola karena tak memiliki banyak materi pemain berkualitas.

3. Keylor Navas (Kosta Rika)

5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasipsgtalk.com

Siapa yang tak kenal dengan kiper yang satu ini? Keylor Navas merupakan salah satu kiper tersukses dalam ajang sepak bola modern berkat gelar-gelar prestisius yang berhasil ia raih sepanjang kariernya. Meski begitu, Navas juga tak luput dalam daftar ini. 

Navas membela Kosta Rika yang merupakan negara di Amerika Tengah. Prestasi terbaik yang ia berikan adalah tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 lalu. Selebihnya, Navas tak mampu memberikan dampak signifikan karena kualitas pemain Kosta Rika lainnya yang kalah bersaing.

Baca Juga: 5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulai

4. Jan Oblak (Slovenia)

5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasisportmob.com

Kiper andalan Atletico Madrid, Jan Oblak merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat ketangguhannya di bawah mistar gawang Atletico yang dibarengi pencapaian individu yang tak kalah membanggakan.

Namun sayang, di level timnas kiper sehebat Oblak bermain untuk Slovenia. Membahas prestasi sepak bola timnas negara ini, Slovenia tak memiliki raihan mentereng sepanjang sejarahnya dan hanya duduk di ranking 62 FIFA saat ini.

5. Thomas Strakusha (Albania)

5 Kiper Top Ini Menjadi Tulang Punggung Negaranya yang Minim Prestasi90min.com

Nama Thomas Strakusha mungkin tak sepopuler dengan kiper-kiper diatas. Saat ini, Strakusha merupakan kiper andalan Lazio dalam mengarungi sejumlah kompetisi ketat. Penampilannya yang impresif bahkan mengundang minat banyak klub besar.

Tapi performa hebatnya bersama Lazio ini tak mampu ia teruskan untuk timnas yang ia bela. Strakusha membela timnas Albania, dan mungkin masih banyak yang belum mengetahui profil negara ini. Secara garis besar, tak ada prestasi mentereng yang bisa dibanggakan oleh negara berperingkat dalam ranking 66 FIFA ini.

Meski memiliki karier cemerlang bersama klubnya masing-masing, sejumlah kiper top diatas tetap tak mampu mengangkat performa timnas yang mereka bela.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya