Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala Tiga

David De Gea salah satunya!

Memasuki usia kepala tiga menjadi babak baru bagi para pemain sepak bola. Pada umumnya, performa kebanyakan pemain mulai menurun akibat usia yang kian menua. Faktor kebugaran juga ikut terpengaruh dan seringkali menimbulkan cedera bagi sang pemain.

Namun, ada kalanya usia tak terlalu berpengaruh bagi performa pemain di atas lapangan. Bahkan beberapa nama, seperti kelima kiper berikut ini malah jarang diketahui sudah berusia kepala tiga lantaran penampilannya yang masih konsisten. Penasaran siapa saja mereka? Check this out!

1. Wojciech Szczesny

Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala TigaWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Wojciech Szczesny sudah menginjak usia 32 tahun. Sepanjang kariernya, pria berpaspor Polandia ini telah dikenal malang-melintang di beberapa klub top Eropa. Berawal di Inggris dengan membela Arsenal, namanya makin harum sebagai kiper nomor satu klub London utara tersebut selama beberapa musim.

Usai berkelana di Negeri Ratu Elizabeth, Szczesny meneruskan langkahnya ke Serie A bersama dua klub berbeda, yaitu AS Roma dan Juventus. Petualangannya di Italia masih terus berlanjut hingga sekarang. Kendati mulai dimakan usia, Szczesny tetap tampil prima di bawah mistar gawang Bianconeri.

2. Thibaut Courtois

Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala TigaThibaut Courtois (twitter.com/thibautcourtois)

Pesona Thibaut Courtois sebagai salah satu kiper hebat sudah tercium sedekade lalu. Direkrut Chelsea, kiper berusia 30 tahun itu menjalani masa peminjaman yang impresif bersama Atletico Madrid. Ia akhirnya kembali ke Stamford Bridge dan dengan mudah menyingkirkan Petr Cech sebagai kiper utama.

Kini dirinya sudah berganti klub. Sejak 2018 lalu, Courtois membela rival sekota Atletico Madrid di LaLiga, yakni Real Madrid. Pindah ke klub berjuluk Los Blancos itu membawa pengaruh positif bagi kariernya. Courtois tampil konsisten di bawah mistar gawang. Tak lupa juga ia mempersembahkan berbagai gelar prestisius.

Baca Juga: 6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top Eropa

3. Edouard Mendy

Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala TigaEdouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Sebelum membela Chelsea, karier Edouard Mendy sering dihabiskan bersama klub semenjana Prancis. Di usianya yang kian menua, yakni 30 tahun, namanya belum terlalu familier. Namun, nasib Mendy berubah drastis sejak diminati Chelsea pada 2020 lalu. Ia direkrut The Blues berdasarkan rekomendasi Petr Cech saat itu.

Kedatangan Mendy benar-benar berpengaruh bagi permainan Chelsea. Ia sulit dibobol oleh lawan-lawannya. Tak cuma itu, Mendy juga sukses menggusur Kepa Arrizabalaga, yang berstatus sebagai kiper termahal di dunia. Selama dua musim di Inggris, kiprah kiper Senegal itu sudah bergelimang trofi.

4. Marc-Andre ter Stegen

Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala TigaMarc-Andre ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Di usianya yang kini sudah 30 tahun, Marc-Andre ter Stegen baru membela dua klub saja. Pertama dengan Borussia Monchengladbach. Kariernya berawal di sini hingga promosi ke tim senior pada 2010 lalu. Ter Stegen juga berhasil mendapatkan kepercayaan menjadi kiper utama selama empat musim.

Berakhirnya kebersamaan dengan Die Fohlen tak terlepas dari minat Barcelona. La Blaugrana resmi memboyong ter Stegen ke Camp Nou pada musim panas 2014 lalu. Tak disangka, kiper berpaspor Jerman itu mampu bertahan lama. Ter Stegen sukses mendominasi pos kiper utama Barca yang telah meraih berbagai gelar.

5. David De Gea

Kian Menua, 5 Kiper Top Ini Tak Disadari Sudah Berusia Kepala TigaDavid De Gea (twitter.com/D_DeGea)

Lahir di Madrid pada 31 tahun silam, David De Gea mengawali karier profesionalnya bersama Atletico Madrid. Ia promosi ke tim utama pada musim panas 2009 silam dan bertahan hingga dua tahun berselang. De Gea sukses menarik atensi klub Premier League sekaliber Manchester United.

Ia akhirnya pindah ke Inggris pada 2012 lalu. Bersama The Red Devils, De Gea menjelma jadi salah satu kiper papan atas. Meski performa tim yang dibelanya cenderung naik turun dalam beberapa musim terakhir, De Gea tetap mampu menunjukkan performa apik dengan koleksi 486 penampilan di berbagai ajang.

Usia kelimanya sudah kepala tiga saat ini. Kendati begitu, mereka tetap mampu mempertahankan performanya di level tertinggi dan masih diandalkan penuh oleh klubnya. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Skor Celtic FC, Ada Pemain Asia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya