5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021

Mike Maignan salah satunya!

Prancis dikenal sebagai salah satu negara dengan perkembangan sepak bola yang begitu maju saat ini. Dengan kasta tertingginya, Ligue 1, yang masuk sebagai salah satu dari lima liga top Eropa, Prancis juga begitu lihai dalam melahirkan pemain-pemain bertalenta.

Tak hanya para pemain outfield, kini Prancis juga memiliki sederet kiper berkualitas yang tengah tampil apik bersama klub yang dibelanya. Dari keseluruhan kiper asal Prancis tersebut, 5 pemain berikut ini menjadi yang paling mencolok. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya.

1. Steve Mandanda

5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021Steve Mandanda (theindianpaper.com)

Steve Mandanda memiliki peran besar di skuad Olympique Marseille dalam beberapa musim terakhir. Kendati sudah memasuki usia senja, 36 tahun, Mandanda tetap menunjukkan performa ciamiknya di bawah mistar gawang Les Phoceens. Ia menjadi salah satu pemain tumpuan Marseille di lini pertahanan.

Di musim ini saja kiper pelapis di Timnas Prancis tersebut nyaris tak tergantikan dan selalu tampil di tiap laganya. Mandanda mencatatkan 44 penampilan dengan koleksi 8 clean sheet. Berkat ia juga Marseille yang sempat terseok-seok di awal mengakhiri kompetisi di posisi ke-5 klasemen akhir Ligue 1.

2. Illan Meslier

5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021Illan Meslier (skysports.com)

Nama Illan Meslier seketika melambung tajam di musim 2020/2021. Bagaimana tidak, ia merupakan salah satu aktor utama di balik keberhasilan Leeds United menjadi kuda hitam di Premier League. Eks pemain Lorient tersebut menjadi kiper utama The Whites dan hampir memainkan semua laga di musim ini.

Secara keseluruhan, Meslier membuat 35 penampilan di semua ajang dengan raihan 11 clean sheet. Tak berhenti sampai di situ, Meslier juga merupakan kiper tersibuk di Premier League dengan mencatatkan 140 penyelamatan. Di usianya yang masih 21 tahun, Meslier menjadi aset berharga Prancis di masa mendatang.

Baca Juga: Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds United

3. Hugo Lloris

5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021Hugo Lloris (eurosport.com)

Hugo Lloris tetap menunjukkan performa impresifnya di bawah mistar gawang Tottenham Hotspur musim ini. Kendati gagal membawa The Lilywhites meraih satu pun gelar, peran kiper berusia 34 tahun tersebut tetap patut diapresiasi. Posisi Lloris sebagai kiper utama Spurs begitu sulit untuk digeser.

Walaupun The Lilywhites telah merekrut kiper top sekelas Joe Hart, tetap saja Lloris berhasil mengamankan posisinya di sektor penjaga gawang. Tak mengherankan bila ia merupakan kapten utama Spurs dalam beberapa musim terakhir. Tercatat, Lloris membuat 48 penampilan dengan koleksi 8 clean sheet.

4. Alphonse Areola

5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021Alphonse Areola (eurosport.com)

Alphonse Areola tampil bersinar di musim ini meski tim yang ia bela, Fulham, harus terdegradasi ke Championship. Sejatinya, Areola merupakan kiper pinjaman dari Paris Saint-Germain selama semusim. Kendati demikian, Areola menjelma sosok penting bagi The Cottagers di lini pertahanan.

Meski Areola harus memungut bola sebanyak 48 kali musim ini, ia tetap panen statistik apik di baliknya. Dari 37 penampilan di semua ajang, kiper berusia 28 tahun ini berhasil menorehkan 10 clean sheet. Tak hanya itu, Areola juga masuk jajaran kiper tersibuk di Premier League dengan membuat 116 penyelamatan.

5. Mike Maignan

5 Kiper Top asal Prancis yang Tampil Gemilang di Musim 2020/2021Mike Maignan (goal.com)

Dari semua kiper top asal Prancis, Mike Maignan menjadi sosok yang paling mencuri perhatian musim ini. Hal tersebut bukan tanpa sebab mengingat performa impresif yang ia tunjukkan untuk Lille. Maignan menahbiskan dirinya sebagai kiper dengan raihan clean sheet terbanyak di 5 liga top Eropa.

Tercatat, eks kiper PSG ini berhasil menorehkan 23 clean sheet dari 48 penampilan. Berkat performa impresif Maignan dibawah mistar gawang, Lille sukses menjadi kampiun Ligue 1 musim ini dan memutus dominasi Paris Saint-Germain. Terbaru, Maignan memutuskan hijrah ke klub top Serie A, AC Milan.

 

Tak hanya dikenal karena memiliki sederet pemain outfield berkualitas, kini Prancis juga punya sejumlah kiper andal dan mumpuni yang menunjukkan performa impresif bersama klubnya musim ini.

Baca Juga: Saktinya Mike Maignan, Si Elang Ajaib Kiper Baru AC Milan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya