Comscore Tracker

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe Hart

Masih mampu tampil gemilang di klub barunya

Di liga top Eropa saat ini, sejumlah kiper berstatus bintang tentu sudah familier namanya di benak penikmat sepak bola. Mulai dari Manuel Neuer, David De Gea, hingga Jan Oblak. Aksi mereka di bawah mistar gawang terbilang apik dan menjanjikan.

Dari hingar-bingar liga papan atas Eropa, masih banyak kiper-kiper lain di luar kompetisi tersebut yang juga tampil impresif. Beberapa dari mereka pernah meniti karier di level tertinggi, dan kini telah hengkang ke klub yang namanya mungkin masih asing.

1. Simon Mignolet

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe HartSimon Mignolet (instagram.com/22mignolet22)

Simon Mignolet mengakhiri 9 tahun petualangannya di Inggris. Usai membela Sunderland dan Liverpool, ia memilih pulang kampung ke negara asalnya, Belgia. Mignolet hengkang ke Club Brugge pada musim panas 2019 lalu. Pernah berkarier di Premier League membuatnya tak kesulitan jadi kiper utama.

Mignolet langsung menyegel status kiper nomor satu Brugge sejak awal kedatangannya. Meski sudah memasuki usia senja, performa Mignolet tetap tak bisa dipandang remeh. Ia sudah mengoleksi 121 penampilan dengan catatan 43 clean sheet. Mignolet berperan penting di balik keberhasilan timnya konsisten di papan atas liga Belgia.

2. Tomas Vaclik

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe HartTomas Vaclik (instagram.com/vaclos31)

Kontraknya yang tak lagi diperpanjang Sevilla membuat Tomas Vaclik harus menentukan destinasi baru. Tak butuh waktu lama, Vaclik dibidik salah satu klub top Yunani, yaitu Olympiacos. Kepindahan kiper berkebangsaan Republik Ceko tersebut lantas terealisasi pada musim panas 2021 lalu.

Perekrutan Vaclik jelas menjadi sebuah keuntungan bagi Olympiacos. Punya pengalaman di liga top Eropa, tim elite Yunani ini juga tak harus mengeluarkan biaya sama sekali. Hasilnya pun terlihat. Vaclik langsung berstatus kiper utama Olympiacos yang sudah mengoleksi 25 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Pernah Membela Real Madrid dalam Sedekade Terakhir

3. Maarten Stekelenburg

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe HartMaarten Stekelenburg (twitter.com/AllAboutAjax)

Maarten Stekelenburg memutuskan kembali ke Ajax yang merupakan klub masa kecilnya. Ia pulang ke klub ibukota Belanda ini setelah singgah ke berbagai klub ternama, seperti AS Roma, AS Monaco, hingga Everton. Kendati usianya tak lagi muda, hadirnya Stekelenburg jelas dibutuhkan oleh Ajax.

Ia tetap mampu tampil impresif saat diberikan kesempatan bermain. Sepanjang kariernya, Stekelenburg bisa dibilang punya relasi yang erat bersama Ajax. Ia telah tampil 306 kali bersama de Amsterdammers dengan raihan 118 clean sheet di semua kompetisi. Besar kemungkinan Stekelenburg memilih pensiun di Ajax suatu saat nanti.

4. Guillermo Ochoa

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe HartGuillermo Ochoa (instagram.com/yosoy8a)

Guillermo Ochoa pernah membela sejumlah klub Eropa, seperti AC Ajaccio, Malaga, dan Granada. Namun, kariernya di Benua Biru justru tak berjalan mulus lantaran tim yang dibela hanya berkutat di papan tengah saja. Ochoa akhirnya memilih pulang ke CF America, klub yang telah membesarkan namanya.

Ochoa kembali ke klub Meksiko tersebut pada musim 2019/2020 lalu. Usianya saat ini memang sudah beranjak 36 tahun, tetapi performa Ochoa tetap impresif di bawah mistar gawang. Ia menjadi kiper utama timnya itu sejauh ini hingga terus mendapatkan kepercayaan sebagai kiper nomor satu Timnas Meksiko.

5. Joe Hart

5 Kiper Top yang Kini Berkarier di Luar Liga Top Eropa, Ada Joe HartJoe Hart (instagram.com/joehartofficial)

Kariernya sempat terpuruk usai kerap berpindah klub. Kini, Joe Hart mulai menemukan kembali performa terbaiknya. Direkrut Glasgow Celtic dari Tottenham Hotspur, Hart seolah membuktikan bahwa dirinya masih belum habis. Ia kembali bersinar dengan menjadi kiper utama tim asal Skotlandia tersebut.

Baru menjalani musim debutnya, Hart sudah dipercaya untuk tampil reguler. Ia telah mencatatkan 32 penampilan dengan torehan 15 clean sheet sejauh ini. Bila terus konsisten, tak mustahil rasanya Hart bakal dipanggil Timnas Inggris pada perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini.

Didominasi oleh kiper-kiper yang sudah berusia kepala tiga, kelima nama di atas tetap mampu eksis meski tak lagi beraksi di kompetisi elite Eropa. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Gol Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola di 5 Liga Top Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya