Comscore Tracker

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon

Ada kiper favoritmu?

Saat ini, kiper-kiper di liga top Eropa telah banyak yang tampil unjuk gigi. Ada yang dipercaya menjadi kiper nomor satu untuk timnya, lantaran performa impresif yang ia tunjukkan selama beroperasi di bawah mistar gawang.

Namun, ada juga sejumlah kiper yang berstatus top malah hanya menjadi pelapis saja, dengan berbagai alasan seperti kalah saing, ataupun tampil buruk.

Dari sekian kiper pelapis di lima liga top Eropa saat ini, lima kiper ini menjadi yang paling mencolok. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Neto (Barcelona)

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon90min.com

Ketangguhan Marc-Andre ter Stegen di posisi penjaga gawang Barcelona mungkin tak selamanya berdampak positif. Hal itu dirasakan oleh kiper La Blaugrana lainnya yang pernah bersaing dengan ter Stegen untuk memperoleh tempat utama, yaitu Jasper Cilessen yang kini bermain di Valencia, dan juga Neto.

Membahas tentang Neto, ia direkrut Barcelona musim lalu sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran dengan Jasper Cilessen. Sampai saat ini, Neto jarang mendapat jam terbang dan lebih sering duduk di bangku cadangan. Bila ditotal, kiper berusia 31 tahun tersebut hanya membuat 11 penampilan musim ini dengan raihan 5 clean sheet.

2. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffontwitter.com/kepa_46

Kepergian Petr Cech di sektor penjaga gawang membuat Chelsea harus merekrut kiper baru. Dari sekian kiper yang masuk dalam radar, nama Kepa Arrizabalaga dipilih manajemen The Blues demi mengisi posisi penjaga gawang.

Kedatangannya ke Stamford Bridge musim 2018/2019 juga sekaligus memecahkan rekor transfer termahal bagi seorang kiper. Namun, harga mahal yang dikeluarkan Chelsea tak bisa diimbangi dengan performa Kepa yang inkonsisten dan sering membuat blunder.

Chelsea lantas merekrut kiper baru, yaitu Edoaurd Mendy awal musim ini dan didapuk jadi kiper utama. Sejauh ini, Kepa baru mencatatkan 8 penampilan saja dengan torehan 3 clean sheet.

Baca Juga: Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

3. Gianluigi Buffon (Juventus)

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffongoal.com

Pamor Gianluigi Buffon tentunya tak perlu dipertanyakan lagi sebagai salah satu kiper top. Mengingat usianya yang kini 43 tahun, Buffon masih tetap aktif di lapangan hijau sebagai pemain.

Meski begitu, menit bermainnya dalam dua musim terakhir lebih sedikit dibandingkan di musim-musim sebelumnya. Memasuki usia senja bagi pesepak bola, tak menghalangi Buffon untuk tetap tampil impresif dibawah mistar gawang Juventus sejauh ini.

Ia memang baru tampil dalam 10 pertandingan dan sukses mengemas 6 clean sheet. Sedangkan, status kiper nomor satu Bianconeri kini dipegang oleh Wojciech Szczesny. 

4. Joe Hart (Tottenham Hotspur)

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffontbrfootball.com

Karier Joe Hart sebagai salah satu kiper top mulai melambung tajam saat ia membela Manchester City. Dari tahun 2009 hingga 2016 lalu, ia selalu menjadi kiper utama The Cityzen yang membuatnya selalu jadi langganan masuk skuad timnas Inggris. Namun setelahnya, karier Joe Hart mengalami banyak lika-liku.

Teranyar di musim ini, Joe Hart direkrut Tottenham Hotspur secara gratis usai kontraknya habis bersama Burnley. Namun bersama The Lilywhites, Joe Hart hanya menjadi kiper kedua setelah Hugo Lloris yang jarang tergantikan. Secara keseluruhan, Joe Hart baru membuat 10 penampilan di musim ini dan mengemas 5 clean sheet.

5. Dean Henderson (Manchester United)

5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffonunitedinfocus.com

Dean Henderson juga harus merasakan pil pahit karena hanya menjadi kiper kedua di Manchester United. Sejatinya, performa Henderson di bawah mistar gawang begitu mentereng dan sama baiknya dengan kiper utama The Red Devils saat ini, yaitu David de Gea.

Masih berusia 24 tahun, Henderson dianggap sebagai salah satu kiper potensial. Di musim ini, Henderson lebih sering berada duduk di bangku cadangan.

Ia baru tampil dalam 18 pertandingan di semua kompetisi dan sukses mengantongi 12 clean sheet. Kans Henderson untuk menjadi kiper utama klub Manchester tersebut bisa saja terwujud lantaran De Gea yang santer dikabarkan akan hengkang dari The Red Devils.

 

Dengan pertimbangan pelatih klubnya sekarang, beberapa nama di atas harus rela menjadi penghangat bangku cadangan dengan berbagai alasan tertentu.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Belum Pernah Debut untuk Timnas Negaranya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya