5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!

Mereka memiliki segudang pengalaman

Tak seperti pemain di posisi lain, kiper punya puncak performa yang lebih lama. Bahkan, ada beberapa nama yang masih menjadi andalan di klubnya meski sudah berusia senja. Misalnya, Manuer Neuer yang merupakan sosok penting bagi Bayern Munich.

Meski begitu, usia tetap berpengaruh terhadap kiprah kebanyakan kiper. Ada yang masih aktif berkarier, tetapi hanya berstatus pelapis. Mereka lebih banyak duduk di bangku cadangan. Kelima kiper ini mengalaminya bersama klub medioker.

Siapa saja kiper veteran yang jadi cadangan di klub medioker?

1. Salvatore Sirigu

5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!Salvatore Sirigu (twitter.com/acffiorentina)

Salvatore Sirigu sepakat pindah ke Fiorentina pada musim dingin 2023. Kepindahannya turut melibatkan Pierluigi Gollini yang gantian membela Napoli.

Sirigu menandatangani kontrak jangka pendek hingga akhir musim 2022/2023. Kiper yang pernah membela Paris Saint-Germain dan Torino ini bakal menjadi pelapis Pietro Teracciano. Meski performanya sudah menurun dan usia yang kian menua, Sirigu punya banyak hal yang bisa ditawarkan untuk klub berjuluk La Viola itu, termasuk mental juara.

2. Kiko Casilla

5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!Kiko Casilla (instagram.com/kikocasilla)

Reputasi Kiko Casilla di dunia sepak bola tak terlalu mengilap. Meski berstatus lulusan akademi Real Madrid, kariernya justru biasa-biasa saja. Casilla gagal membuktikan dirinya sebagai salah satu kiper papan atas di Eropa.

Saat ini, dirinya bermain untuk Getafe usai pindah dari Leeds United. Sayangnya, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Casilla baru bermain sebanyak dua kali di semua kompetisi sebab gagal menggusur David Soria yang berstatus kiper utama.

Baca Juga: 5 Kiper Klub Medioker Premier League yang Memiliki Bayaran Tinggi

3. Asmir Begovic

5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!Asmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Everton merupakan klub pemilik Asmir Begovic saat ini. Kiper asal Bosnia-Herzegovina ini sudah menjadi bagian The Toffees sejak 2021/2022. Begovic direkrut dari Bournemouth untuk menambah kedalaman di bawah mistar gawang.

Walau punya kualitas yang mumpuni, Begovic bukanlah kiper utama Everton. Ia hanya menjadi cadangan dari Jordan Pickford yang masih dipercaya tim. Secara keseluruhan, Begovic baru mengoleksi sepuluh penampilan bersama The Toffees.

4. Robin Olsen

5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!Robin Olsen (instagram.com/robinolsen25)

Robin Olsen sebenarnya pernah membela beberapa klub besar, seperti AS Roma dan Everton. Namun, kariernya tak terlalu disorot. Ia hanya menjadi kiper pelapis di tiap klub yang didatanginya, termasuk bersama Aston Villa saat ini.

Dirinya jarang bermain karena menjadi back-up dari Emiliano Martinez. Olsen lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan. Sejak bergabung pada musim panas 2020, Olsen baru tampil sebanyak enam kali di semua kompetisi.

5. Willy Caballero

5 Kiper Veteran yang Jadi Cadangan di Klub Medioker, Masih Dibutuhkan!Willy Caballero (instagram.com/willycaba)

Usianya sudah menginjak 41 tahun. Meski begitu, Willy Caballero masih eksis berkarier di Premier League. Mantan kiper Manchester City dan Chelsea ini tengah membela Southampton. Caballero mulai bergabung pada akhir Desember 2021.

Karena sudah ada Gavin Bazunu dan Alex McCarthy, ia pun sebatas diproyeksikan sebagai kiper ketiga The Saints. Tercatat, Caballero baru bermain sebanyak lima kali. Kontraknya juga berdurasi jangka pendek, hingga akhir musim 2022/2023 nanti.

Kelima kiper veteran di atas memang jarang bermain. Namun, mereka punya peran penting di balik layar. Kehadirannya memberikan banyak manfaat, entah itu pengalaman atau mentalitas juara yang bisa ditularkan kepada rekan setim.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya