Comscore Tracker

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat Ini

Mereka tampil impresif sejauh ini

Sepak bola selalu erat kaitannya dengan gol. Di balik hegemoni penyerang-penyerang top yang punya catatan rekor gol mumpuni, selalu ada kiper yang berusaha agar gawangnya tidak kebobolan.

Saat ini, kiper-kiper ternama di liga top Eropa telah familier di benak penggemar sepak bola, sebut saja Manuel Neuer, David De Gea, ataupun Alisson Becker. Beberapa nama di atas memiliki kualitas yang mumpuni dalam menjaga gawang yang klub dibelanya.

Nah, yang menarik dari bursa transfer musim panas lalu, ada sejumlah kiper yang memilih hijrah ke klub lain. Beberapa di antaranya bahkan sukses menjadi andalan klubnya meski baru bergabung. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Gregor Kobel

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat IniGregor Kobel (bvbbuzz.com)

Gregor Kobel resmi menjadi milik Borussia Dortmund di awal musim ini. Ia didatangkan dari sesama klub Bundesliga, VfB Stuttgart dengan banderol 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar.

Kiper asal Swiss ini diproyeksikan sebagai kompetitor Roman Burki yang performanya lambat laun mengalami penurunan. Hebatnya, Kobel sukses menggusur Burki sebagai kiper utama Die Borussen sejauh ini.

Hal ini bukan tanpa alasan mengingat penampilannya di bawah mistar gawang Dortmund yang begitu impresif. Kobel sudah dipercaya tampil 20 kali dengan koleksi 4 clean sheets. Ia bahkan menjalani debut untuk Timnas Swiss pada September lalu.

2. Rui Patricio

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat IniRui Patricio (instagram.com/rpatricio1)

Rui Patricio menjadi salah satu dari pondasi awal Jose Mourinho dalam menyusun kekuatan baru AS Roma. Ia direkrut i Giallorosso dari Wolves seharga 11,5 juta euro atau sekitar Rp189 miliar.

Kendati usianya yang sudah kepala tiga, eksistensi Patricio sebagai kiper tangguh tentu dibutuhkan klub sekaliber Roma. Kedatangan Patricio ke ibu kota Italia juga mendepak nama-nama lain di pos yang sama, seperti Pau Lopez yang terpaksa dipinjamkan ke Olympique Marseille.

Statistik kiper nomor satu Portugal tersebut hingga pertengahan musim ini begitu dominan. Patricio mencatatkan 22 penampilan di semua ajang dengan torehan 9 clean sheets.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Layak Dinanti Penampilannya

3. Jose Sa

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat IniJose Sa (skysports.com)

Posisi yang ditinggalkan Rui Patricio di sektor penjaga gawang Wolves diisi oleh nama baru. Dia adalah Jose Sa, kiper anyar tim serigala yang direkrut dari Olympiacos. Dalam upaya menggaet kiper berusia 28 tahun tersebut, Wolves mengucurkan biaya transfer sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp131 miliar.

Keputusan Jose untuk hengkang ke klub Premier League itu berbuah manis. Karier Jose mengalami peningkatan signifikan dengan menjadi kiper utama Wolves.

Tampil sebanyak 14 kali di semua kompetisi, Jose sukses mengemas 5 clean sheets. Capaian tersebut berpeluang untuk terus bertambah karena perjalanan musim yang masih begitu panjang.

4. Juan Musso

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat IniJuan Musso (instagram.com/juanmusso)

Juan Musso dibidik Atalanta sebagai pengganti ideal dari Pierluigi Gollini. Seperti yang diketahui, Gollini memutuskan hijrah ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman selama semusim penuh. Nama Musso akhirnya dipilih Atalanta sebagai suksesor kiper Italia tersebut di bawah mistar gawang La Dea.

Kesepakatan dengan Udinese terkait pembelian Musso akhirnya tercapai di angka 20 juta euro atau Rp328 miliar. Hasilnya pun terlihat.

Kiper Argentina itu berhasil membuktikan dirinya dengan tampil superior sebagai kiper utama. Musso berhasil mengemas 5 clean sheets dari 19 penampilan yang telah dijalani musim ini.

5. Aaron Ramsdale

Baru Gabung, 5 Kiper yang Langsung Jadi Andalan Klubnya Saat IniAaron Ramsdale (planetfootball.com)

Kebijakan Arsenal mendatangkan Aaron Ramsdale musim panas lalu sempat dicap sebagai keputusan yang keliru. Reputasi sang kiper yang pernah terdegradasi bersama dua klub berbeda menjadi alasan kuat di balik kritikan yang terus mengalir terhadap manajemen The Gunners.

Nominal perekrutan Ramsdale juga cukup mahal, yaitu 28 juta euro atau sekitar Rp459 miliar jelas menjadi beban tersendiri. Akan tetapi, mental kuat kiper berusia 23 tahun itu sukses mematahkan anggapan negatif dari banyak pihak.

Ramsdale mampu tampil apik menjaga gawang The Gunners dengan koleksi 8 clean sheets dan menggusur Bernd Leno ke bangku cadangan.


Kehebatan para kiper di atas tentu patut mendapatkan apresiasi. Kendati baru bergabung, mereka berhasil mendapatkan tempat utama di skuadnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

Penulis biasa ini masih kuliah semester 2

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya