6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim Ini

Deretan kiper ternama!

Dalam konteks sepak bola, kiper merupakan salah satu pemain yang krusial perannya. Dengan memiliki kemampuan dan kualitas yang baik, seorang kiper tentu akan begitu dipercaya oleh klub yang dibelanya untuk tampil di tiap pertandingan.

Berhubungan dengan itu, perhelatan musim 2020/2021 juga menghadirkan cerita yang sama. Terdapat beberapa kiper utama yang nyaris tak tergantikan posisinya karena punya peran krusial di tim seperti 6 kiper berikut ini. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Peter Gulacsi (RB Leipzig)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniPeter Gulacsi (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Peter Gulacsi menjadi salah satu pemain kunci RB Leipzig dalam beberapa musim terakhir. Bagaimana tidak, ia merupakan tumpuan Die Roten Bullen dalam mengawal jala gawang tim yang dimiliki oleh Red Bull tersebut. Meski sudah memasuki usia kepala tiga, Gulacsi tetap tampil tangguh hingga saat ini.

Peran vitalnya dibawah mistar gawang juga turut mengantarkan Leipzig bercokol di posisi runner up sementara Bundesliga. Selain itu, pemain berpaspor Slovenia tersebut juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan membuatnya didapuk menjadi kapten utama. Tercatat, Gulacsi sudah membuat 47 penampilan dengan raihan 20 clean sheet musim ini.

2. Thibaut Courtois (Real Madrid)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniThibaut Courtois (90min.com)

Sejak didatangkan dari Chelsea pada musim 2018/2019 lalu, Thibaut Courtois langsung dipercaya untuk menjadi kiper utama Los Blancos. Meski sempat tampil di bawah ekspektasi di musim debutnya, perlahan kiper berpaspor Belgia tersebut mulai menunjukkan performa terbaiknya.

Dengan postur yang tinggi menjulang, Courtois tak tergantikan perannya musim ini. Ia menjadi salah satu pemain El Real yang paling sering tampil. Berbekal sederet penyelamatan gemilang, ia sukses di bawah mistar gawang Madrid. Di musim ini, ia sudah membuat 50 penampilan dengan raihan 20 clean sheet.

3. Gianluigi Donnarumma (AC Milan)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniGianluigi Donnarumma (goal.com)

Masih berusia 22 tahun, Gianluigi Donnarumma menorehkan prestasi gemilang dalam kariernya. Ia telah didapuk menjadi kiper utama AC Milan di usianya yang masih muda tersebut. Namun, bukan berarti performa Donnarumma terbilang inkonsisten saat ini. Ia justru tampil gemilang dalam mengawal gawang Rossoneri. 

Kiper lulusan akademi Milan ini dikenal karena refleksnya yang begitu mumpuni. Ditambah lagi dengan posturnya yang begitu tinggi, Donnarumma nyaris tak dapat tergantikan perannya oleh kiper lain di Milan. Hingga saat ini, Donnarumma sudah membuat 47 penampilan dengan raihan 14 clean sheet.

Baca Juga: Sukses Rebut Scudetto, Pemain Inter Milan Terancam Tak Digaji 2 Bulan

4. Jan Oblak (Atletico Madrid)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniJan Oblak (thetimes.co.uk)

Nama Jan Oblak dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat performa impresif yang ia tunjukkan selama berseragam Atletico Madrid. Oblak dikenal sebagai kiper yang begitu susah dibobol lantaran sederet penyelamatan ciamik yang ia buat.

Di musim ini, misalnya, kiper berpaspor Slovenia tersebut merupakan pemain Los Rojiblancos yang selalu tampil di setiap pertandingannya. Ia sukses membuat 45 penampilan dengan raihan 20 clean sheet di semua ajang. Performa impresifnya juga turut membawa Atletico memuncaki klasemen sementara LaLiga saat ini.

5. Samir Handanovic (Inter Milan)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniSamir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Samir Handanovic berperan besar di balik keberhasilan Inter Milan juara Serie A musim ini. Meski penampilannya kerap tak disorot, kiper Slovenia tersebut tetap menunjukkan performa apik di bawah mistar gawang Nerazzuri. Hebatnya lagi, ia melakukannya di usia yang kini terbilang tua dalam sepak bola, yaitu 36 tahun.

Tak ayal nama Handanovic juga diangkat menjadi kapten utama Inter Milan saat ini. Selain membawa Nerazzuri meraih Scudetto, capaiannya di musim ini juga turut mengantarkan Handanovic meraih gelar pertama dalam karier profesionalnya. Tercatat, ia sudah membuat 46 penampilan musim ini dengan raihan 17 clean sheet.

6. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

6 Kiper Utama yang Nyaris Tak Tergantikan Posisinya Musim IniManuel Neuer (bavarianfootballworks.com)

Tak bisa dimungkiri bahwa Manuel Neuer selalu menjadi kiper utama Bayern Munchen dalam beberapa musim belakangan. Sejak direkrut pada musim 2011/2012 lalu, kiper berusia 35 tahun tersebut diplot menjadi tokoh kunci Die Bayern dalam mengawal jala gawang hingga saat ini.

Kegemilangannya terus berlanjut. Di musim ini, Neuer menjadi bagian penting di balik kesuksesan Die Bayern melanjutkan dominasinya di Bundesliga. Perannya sebagai kiper utama Munchen nyaris tak dapat tergantikan. Tercatat, ia sudah membuat 45 penampilan dengan raihan 14 clean sheet.

 

Dengan performa impresif yang mereka tunjukkan selama ini, deretan kiper top di atas sukses menjadi pemain utama klubnya yang nyaris tak tergantikan musim ini.

Baca Juga: 8 Kapten Tim Sepak Bola Tersukses Era 2000-an, Neuer Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya