5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022

Kebanyakan hanya diplot sebagai pelapis

Bursa transfer musim panas 2022 telah menyajikan beragam kepindahan pemain ke klub barunya. Premier League, sebagai salah satu liga yang paling diminati saat ini, menjadi fokus utama lantaran manuver tiap klub kontestan dalam menyusun skuadnya.

Tiap klub Premier League punya strategi masing-masing di bursa transfer kali ini. Beberapa tim sukses mendapatkan rekrutan barunya, khususnya di pos penjaga gawang. Setidaknya, sudah ada lima kiper yang bergabung dengan klub Premier League sejauh ini. Siapa saja mereka?

1. Gavin Bazunu

5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Gavin Bazunu (instagram.com/southamptonfc)

Southampton menambah amunisinya. Usai kehilangan Fraser Forster, Southampton langsung bergerak cepat menemukan penggantinya. Nama yang dipilih oleh The Saints itu adalah Gavin Bazunu. Ia diboyong dari tim muda Manchester City dengan banderol 14 juta euro atau sekitar Rp219 miliar.

Kedatangan Bazunu bakal memberikan darah segar di pos penjaga gawang Southampton. Pasalnya, The Saints masih bergantung kepada Alex McCarthy yang mulai dimakan usia saat ini. Bazunu punya banyak waktu untuk terus berkembang bersama The Saints yang dikenal gemar melahirkan pemain-pemain berbakat.

2. Robin Olsen

5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Robin Olsen (instagram.com/robinolsen25)

Robin Olsen resmi menjadi milik Aston Villa sepenuhnya. Ia sejatinya sudah membela The Villans pada pertengahan musim 2021/2022 lalu dengan status pinjaman dari AS Roma. Olsen memang tak banyak diturunkan, tetapi hal tersebut sudah cukup bagi Aston Villa untuk segera mempermanenkannya.

Kiper berpaspor Swedia itu hanya dibanderol 3,5 juta euro atau sekitar Rp55 miliar. Bersama The Villans, Olsen diproyeksikan untuk menjadi pelapis dari Emiliano Martinez sebagai kiper utama. Dengan padatnya kompetisi yang bakal dilalui, kehadiran Olsen yang sarat pengalaman tentu dibutuhkan oleh Aston Villa.

Baca Juga: 5 Kiper Polandia yang Pernah Bermain English Premier League

3. Matt Turner

5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Matt Turner (twitter.com/FabrizioRomano)

Arsenal melakukan sedikit perubahan di komposisi penjaga gawang miliknya. Pada musim panas 2022 ini, The Gunners telah meresmikan kedatangan kiper anyar, yakni Matt Turner. Pria asal Amerika Serikat itu diboyong dari klub MLS, New England Revolution, seharga 6 juta euro atau sekitar Rp94 miliar.

Hadirnya Turner bakal membuat opsi penjaga gawang Arsenal makin gemuk setelah Aaron Ramsdale dan Bernd Leno. Hal tersebut menimbulkan spekulasi terkait masa depan Leno yang masih abu-abu bersama The Gunners. Terlebih sejak posisinya digusur oleh Ramsdale, Leno santer ingin pindah ke klub lain.

4. Fraser Forster

5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Fraser Forster (instagram.com/spursofficial)

Antonio Conte mulai aktif memimpin Tottenham Hotspur di bursa transfer musim panas 2022. Usai mendapatkan Ivan Perisic, The Lilywhites kembali mengamankan jasa pemain senior di dalam diri Fraser Forster. Kiper berusia 34 tahun itu diboyong dari Southampton dengan status bebas transfer.

Forster direkrut Spurs lantaran ditinggal Pierluigi Gollini yang masa pinjamannya sudah berakhir. Tak ayal, Forster bakal diproyeksikan sebagai kiper pelapis dari Hugo Lloris nantinya. Kedatangan pria berpaspor Inggris itu sejatinya juga penting, khususnya bagi kiper Spurs yang masih berusia muda.

5. Nick Pope

5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022Nick Pope (twitter.com/FabrizioRomano)

Terbaru, Newcastle United kembali memboyong pemain baru. Kali ini, giliran Nick Pope yang menjadi rekrutan baru The Magpies. Pope didatangkan dari Burnley dengan banderol 11,5 juta euro atau sekitar Rp180 miliar. Ia diharapkan mampu menjadi kompetitor sepadan Martin Dubravka di pos kiper utama tim.

Kepindahannya ke Burnley memang beralasan. Usai tim yang dibelanya itu terdegradasi, Pope sudah dikaitkan dengan beberapa klub lain. Demi menjaga kans untuk tampil di Piala Dunia 2022 nanti, Pope akhirnya membulatkan tekad untuk pindah ke Newcastle United yang tengah berevolusi usai diakuisisi investor Arab Saudi.

Bursa transfer musim panas 2022 masih berjalan panjang. Tak menutup kemungkinan nama-nama lain bakal mengikuti langkah kelima kiper di atas untuk bergabung ke klub Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain AS Roma Jebolan Klub Premier League, Ada Nemanja Matic

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya