5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal Inggris

Mayoritas bermain untuk klub papan tengah

Dikenal dengan magnetnya sepak bola saat ini, Inggris yang memiliki kompetisi terkompetitif, Premier League, menjadi destinasi favorit bagi tiap pesepak bola. Dari belahan bumi mana pun, para pemain tentu berharap bisa merumput di Premier League.

Hal tersebut tentu memberikan banyak dampak, baik positif maupun negatif. Salah satu contoh yang bisa kita lihat sekarang di Premier League adalah banyaknya kiper dari luar Inggris. Hal tersebut tentu bertolak belakang dengan pemain outfield Inggris yang dominan bermain di tanah sendiri.

Meski begitu, ternyata beberapa klub Premier League juga masih mengandalkan kiper dari Inggris itu sendiri. Seperti yang dialami oleh 5 kiper berikut ini. Penasaran siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Sam Johnstone (West Bromwich Albion)

5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal InggrisSam Johnstone (90min.com)

Kiper Inggris pertama yang menjadi andalan klub Premier League adalah Sam Johnstone. Ia bermain untuk West Bromwich Albion sejak musim 2018/2019 lalu usai direkrut dari Manchester United. Setelahnya, pemain berusia 28 tahun ini didapuk menjadi tumpuan kiper utama The Baggies.

Musim ini, kiprah West Bromwich di Premier League bisa saja terhenti karena berada di ambang batas degradasi. Johnstone nyaris tak tergantikan perannya dengan membuat 33 penampilan dengan raihan 6 clean sheet. Ia juga menjadi salah satu kiper paling sibuk dengan membuat 4,4 penyelamatan per laganya.

2. Alex McCarthy (Southampton)

5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal InggrisAlex McCarthy (eurosport.com)

Southampton harus menjalani masa-masa krusial di Premier League musim ini. Mereka harus berjuang demi terhindar dari jurang degradasi yang telah menanti. Menilik statistik para pemainnya, The Saints ternyata juga mengandalkan kiper berpaspor Inggris, yaitu Alex McCarthy.

Kiper berusia 31 tahun tersebut dipercaya tampil dalam banyak pertandingan Southampton musim ini. Namun, berbarengan dengan lini pertahanan yang rapuh, McCarthy tampak mudah dibobol lawan. Secara keseluruhan, McCarthy sudah membuat 28 penampilan musim ini dengan raihan 7 clean sheet dan harus kebobolan sebanyak 53 kali.

Baca Juga: 6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

3. Nick Pope (Burnley)

5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal InggrisNick Pope (premierleague.com)

Sejak menjadi penjaga gawang Burnley pada musim 2016/2017, Nick Pope tetap setia terhadap timnya tersebut meski hanya bersaing di papan tengah Premier League. Namun, situasi tersebut berubah musim ini karena The Clarets yang tengah berjuang menghindari jurang degradasi.

Menilik statistik Pope, penampilannya sampai saat ini di bawah mistar gawang Burnley tak terbilang buruk. Kiper pelapis di Timnas Inggris tersebut telah tampil dalam 32 pertandingan di semua kompetisi dan berhasil mengemas 10 clean sheet. Dari laga tersebut, ia harus rela memungut bola sebanyak 38 kali di jala gawangnya.

4. Aaron Ramsdale (Sheffield United)

5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal InggrisAaron Ramsdale (sheffieldunited.news)

Setelah klubnya di musim lalu, Bournemouth, terdegradasi ke Championship, Aaron Ramsdale melanjutkan petualangannya dengan bergabung bersama Sheffield United. Namun, apes baginya, klub berjuluk The Blades menjadi klub pertama yang terdegradasi musim ini usai berada di dasar klasemen Premier League.

Ramsdale yang sejatinya masih berumur 22 tahun tersebut sudah dipercaya untuk menjadi kiper utama The Blades. Tak main-main, di tiap laganya, Ramsdale menorehkan 3,8 penyelamatan. Ia juga mengemas 4 clean sheet dari 39 laga yang sudah dimainkan, namun karena bobroknya pertahanan Sheffield membuat Ramsdale telah kebobolan 67 kali.

5. Jordan Pickford (Everton)

5 Klub Premier League yang Memiliki Kiper Utama asal InggrisJordan Pickford (thesun.co.uk)

Jordan Pickford menikmati masa-masa kariernya untuk Everton. Sejak direkrut pada 2016/2017 lalu, Pickford menjadi andalan The Toffees di bawah mistar gawang. Hal tersebut juga mengantarkan Pickford menjadi kiper nomor satu Timnas Inggris hingga sekarang. Musim ini, kegemilangannya terus berlanjut.

Pickford sempat membawa Everton merangsek ke papan atas klasemen Premier League musim ini. Meski mengalami penurunan, The Toffees tetap konsisten demi mempebutkan tiket ke kompetisi Eropa. Secara keseluruhan, Pickford sudah membuat 28 penampilan di semua ajang dan berhasil mengantongi 7 clean sheet.

 

Meski deretan kiper top dari berbagai negara datang untuk berkarier di Premier League, kiper dari Negeri Elizabeth tetap bisa bersaing dan menjadi andalan klubnya masing-masing.

Baca Juga: Paul Robinson: Pickford Masih Kiper Nomor Satu Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya