5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhir

Barcelona teratas!

LaLiga merupakan salah satu kompetisi sepak bola tersengit saat ini. Setidaknya ada 2 hal mengapa hal tersebut bisa terjadi, yaitu karena klub-klub elite yang bersaing didalamnya serta kehadiran berbagai pemain ternama yang menambah daya tarik tersendiri bagi LaLiga.

Untuk itulah, klub-klub kontestan berusaha menyusun skuat terbaik mereka dengan mendatangkan pemain-pemain incarannya. Alhasil, terdapat sejumlah klub yang cenderung boros dan jor-joran dalam bursa transfer di LaLiga, khususnya sedekade terakhir.

Berikut 5 klub LaLiga terboros dalam bursa transfer sedekade terakhir. Penasaran klub apa saja itu? Check this out!

1. Barcelona - 1,46 miliar euro

5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhireurosport.com

Predikat klub terboros di LaLiga dalam sedekade terakhir dipegang oleh Barcelona. Klub berjuluk La Blaugrana tersebut memang dikenal jor-joran dalam membeli pemain di bursa transfer beberapa musim belakangan. Bahkan dari 10 rekor pembelian termahal sepanjang sejarah Barca, 8 diantaranya dilakukan dalam sedekade terakhir.

Tak ayal, dana sekitar 1,46 miliar euro atau sekitar Rp25 triliun dikeluarkan Barcelona hanya dalam urusan bursa transfer. Nama-nama seperti Philippe Coutinho, Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann menjadi deretan pemain termahal yang diboyong Barcelona sampai saat ini.

2. Real Madrid - 1,07 miliar euro

5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhireurosport.com

Tak mau ketinggalan dengan rivalnya, Real Madrid juga menjadi salah satu klub terboros dalam sedekade terakhir di Spanyol. Bagaimana tidak, pemilik 13 gelar Champions League ini sudah menggelontorkan biaya sekitar 1,07 miliar euro atau sekitar Rp18 triliun demi mendapatkan pemain incaran mereka.

Eden Hazard menjadi rekrutan termahal Real Madrid hingga saat ini usai dibeli seharga 115 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Gelontoran dana yang fantastis dalam sedekade terakhir ini tampaknya membuahkan hasil bagi Los Blancos karena sukses menjadi penguasa dalam ajang Champions League dengan meraih 4 gelar.

3. Atletico Madrid - 1,06 miliar euro

5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhirtheguardian.com

Berbeda tipis dengan tim sekota, Atletico Madrid telah menghabiskan biaya 1,06 miliar euro atau sekitar Rp18 triliun dalam bursa transfer sedekade terakhir. Namun pembelian jor-joran Los Rojiblancos tersebut justru tak sesukses dua klub diatasnya yang bergelimang gelar di beberapa musim belakangan.

Gelar prestisius yang sukses disabet Atletico Madrid diantaranya adalah LaLiga musim 2013/2014 dan Europa League di musim 2018/2019 lalu. Kembali membahas rekor transfer mereka, rekrutan termahal Atletico saat ini diduduki oleh Joao Felix dengan mahar sebesar 127 juta euro atau sekitar Rp2,1 triliun.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Berkarier di LaLiga Saat Ini, Ada Siapa Saja?

4. Sevilla - 620 juta euro

5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhirsevillafc.es

Klub berjuluk Los Nervionenses ini menduduki peringkat ke-4 klub terboros di Spanyol dalam sedekade terakhir. Lain halnya dengan ketiga klub diatas yang cenderung membeli mahal seorang pemain incarannya, Sevilla justru membeli banyak pemain dengan nominal yang lebih murah dan dicap wajar.

Rekor pembelian termahal Sevilla hanya berada di angka 25 juta euro atau sekitar Rp427 miliar yang dipegang oleh Rony Lopes dan Jules Kounde. Secara keseluruhan, pemilik 6 gelar Europa League ini menghabiskan dana 620 juta euro atau sekitar Rp10,6 triliun dalam bursa transfer sedekade terakhir.

5. Valencia - 572 juta euro

5 Klub LaLiga Terboros dalam Bursa Transfer Sedekade Terakhirindia.com

Valencia juga termasuk salah satu klub LaLiga terboros dalam urusan bursa transfer di sedekade terakhir. Bila ditotal, Valencia telah menggelontorkan biaya sebesar 572 juta euro atau sekitar Rp10 triliun dalam menyusun skuat terbaik mereka.

Rekor transfer termahal Valencia diduduki oleh Goncalo Guedes yaitu senilai 40 juta euro atau sekitar Rp683 miliar. Meski begitu, Valencia masih sulit bersaing baik di ajang domestik maupun Eropa sampai saat ini. Di ajang LaLiga saja, Valencia belum mampu mengganggu dominasi 3 klub teratas yaitu Barcelona dan duo Madrid. 

Itulah 5 klub terboros LaLiga dalam bursa transfer sedekade terakhir. Meski telah menggelontorkan biaya yang fantastis, bukan berarti hal tersebut menjadi jaminan sebuah klub bisa meraih prestasi gemilang ke depannya. 

Baca Juga: 10 Pemain Spanyol dengan Pertandingan Terbanyak di LaLiga, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya