Comscore Tracker

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim Ini

Ada yang masih berusia 16 tahun

Musim 2020/2021 tak hanya menghadirkan fakta mengenai juara dan hasil pertandingan, tetapi juga rumor transfer yang selalu memberikan drama-drama menegangkan di setiap bursa transfer dibuka.

Biasanya, sebuah klub sering merekrut pemain incarannya dari klub lain. Namun, ada juga klub yang tak jarang mengorbitkan pemain-pemain muda mereka dari tim akademinya. Selain tak mengeluarkan biaya, kebijakan transfer ini juga memberi banyak dampak positif. Pada musim ini, ada beberapa pemain dari akademi klub yang promosi ke tim utama.

1. Curtis Jones (Liverpool)

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim IniCurtis Jones (skysports.com)

Curtis Jones dipercaya untuk promosi ke skuad utama Liverpool pada awal musim ini. Kesempatan tersebut tak dilewatkannya begitu saja. Ditambah lagi dengan badai cedera yang mendera Liverpool, Jones mendapatkan banyak kepercayaan. Ia menjadi salah satu opsi favorit Jurgen Klopp di lini tengah The Reds.

Tercatat, pemain berusia 20 tahun tersebut telah membuat 33 penampilan di semua ajang dengan raihan 4 gol dan 5 assist. Kansnya untuk tampil reguler kemungkinan besar terwujud karena beberapa hal, mulai dari hengkangnya Gini Wijnaldum dan juga usia Jordan Henderson dan Fabinho yang kian menua.

2. Yossoufa Moukoko (Borussia Dortmund)

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim IniYossoufa Moukoko (goal.com)

Selain aksi fenomenal Erling Haaland, Borussia Dortmund juga memiliki pemain lain yang juga tak kalah gemilang musim ini. Dia adalah Yossoufa Moukoko, pemain yang masih berusia 16 tahun, namun sudah dipercaya untuk bermain di skuad utama. Hebatnya lagi, Moukoko sukses menorehkan beragam rekor setelahnya.

Mulai dari pemain dan pencetak gol termuda di Bundesliga hingga pemain termuda yang beraksi di Liga Champions berhasil dipecahkan oleh pemain Jerman tersebut. Meski tak selalu tampil karena memiliki posisi yang sama dengan Haaland, Moukoko tetaplah potensial dengan raihan 3 gol dari 15 penampilan musim ini.

Baca Juga: Sambutlah Youssoufa Moukoko, Mesin Gol Masa Depan Borussia Dortmund

3. Oscar Mingueza (Barcelona)

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim IniOscar Mingueza (twitter.com/BarcaUniversal)

Lazimnya, lulusan akademi dari setiap klub bakal dipromosikan pada awal musim kompetisi. Namun, lain halnya dengan Oscar Mingueza. Ia diproyeksikan ke skuad utama Barcelona pada pertengahan musim ini. Ia dipercaya bermain di tim utama lantaran badai cedera yang menimpa lini pertahanan Barca.

Kepercayaan yang diberikan klub langsung dibayar tuntas Mingueza dengan performa apiknya di sektor pertahanan. Bisa bermain sebagai bek tengah dan bek kanan, pemain berusia 22 tahun ini menjelma sosok penting bagi sang pelatih, Ronald Koeman. Tercatat, ia sudah membuat 39 penampilan di semua ajang.

4. Jamal Musiala (Bayern Munchen)

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim IniJamal Musiala (skysports.com)

Bayern Munchen juga memiliki wonderkid yang naik daun musim ini. Jamal Musiala merupakan produk akademi Die Roten yang diproyeksikan ke tim utama pada awal musim. Meski lini serang Munchen sudah diisi deretan pemain bintang lima, bukan berarti Musiala tak diberikan kesempatan untuk tampil.

Hingga saat ini, pemain yang beroperasi sebagai gelandang serang tersebut sudah membuat 38 penampilan dengan raihan 7 gol dan 1 assist. Torehan yang begitu baik untuk seorang pemain muda yang baru menjalani musim debutnya. Tak mengherankan bila Jerman dan Inggris saling bersaing demi mendapatkan Musiala.

5. Emile Smith Rowe (Arsenal)

5 Pemain Muda Lulusan Akademi Klub yang Promosi ke Tim Utama Musim IniEmile Smith Rowe (talksport.com)

Emile Smith Rowe menjadi sosok yang dianggap tepat sebagai penerus Mesut Ozil. Beroperasi di posisi yang sama, Smith Rowe dinilai punya kreativitas yang tak kalah mumpuni meski masih berusia 20 tahun. Bermitra dengan beberapa rekannya yang lain di lini serang, Smith Rowe menjelma motor serangan The Gunners.

Ia pun tampil apik sejauh ini dengan banyaknya menit bermain yang didapatkan. Namanya juga menjadi salah satu opsi favorit Mikel Arteta di setiap pertandingan. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Inggris tersebut sudah membuat 35 penampilan dengan raihan 7 gol dan 7 assist musim ini.

 

Musim ini menjadi waktu yang spesial bagi para pemain di atas karena berhasil promosi ke skuad utama timnya. Dari kelima pemain tersebut, siapa yang tampil paling impresif sejauh ini?

Baca Juga: 9 Potret Emile Smith Rowe, Pemain Muda Arsenal yang Mencuri Perhatian

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya