5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?

Terinspirasi dari berbagai hal unik

Bundesliga merupakan salah satu liga sepak bola terbaik di dunia saat ini. Meski pamornya masih kalah dari Premier League, namun kualitas klub-klub kontestannya tak bisa dianggap remeh. Membahas soal klub Bundesliga, tentu penikmat sepak bola sudah gak asing mendengar nama Borussia ataupun Bayern.

Nama tersebut memang sudah begitu populer dan dikenal oleh banyak orang. Namun dibalik nama tersebut, pasti masih banyak yang belum mengetahui apa arti dan maksud dibalik pemberian nama-nama klub Bundesliga tersebut.

Gak hanya Borussia dan Bayern saja, sejumlah nama dari klub lain juga memiliki cerita unik dibalik pemberian namanya tersebut. Penasaran dengan maknanya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Hertha

5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?Twitter.com/HertjaBSC_EN

Klub Bundesliga yang identik dengan nama ini adalah Hertha Berlin. Menilik garis sejarah berdirinya klub yang berbasis di Berlin ini, terdapat sedikit kisah unik dalam pemberian nama Hertha tersebut.

Di saat berdirinya klub ini ditahun 1892, kata 'Hertha' terinspirasi dari nama kapal yang dimiliki salah satu pemilik klub saat itu. Menariknya, warna kapal tersebut juga sama dengan warna kebesaran Hertha Berlin yaitu putih dan biru.

2. Bayern

5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?fcbayern.com

Nama Bayern tentu sudah melekat kuat menjadi identitas klub terbaik di Jerman saat ini bahkan dunia, yaitu Bayern Munchen. Sederhananya, pemberian kata Bayern di klub berjuluk Die Bayern ini memang ini tak terinspirasi apapun.

Dalam geografis Jerman, Bayern merupakan sebuah provinsi atau negara bagian dan di wilayah tersebut terdapat kota yang diberi nama Munchen. Hingga pada tahun 1900, didirikanlah sebuah klub asal Munchen yang bernama Bayern Munchen.

Baca Juga: 5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnley

3. Eintracht

5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?espn.com

Selanjutnya adalah Eintracht yang menjadi pelengkap salah satu klub Bundesliga musim ini yaitu Eintracht Frankfurt. Dalam bahasa Jerman, kata Eintracht berarti kesatuan, dan memiliki arti yang sama dengan United, seperti pada nama Manchester United ataupun Newcastle United.

Maksud kesatuan dalam klub Eintracht Frankfurt ini diambil karena mereka bukan hanya klub sepak bola saja, melainkan sudah membentuk menjadi 16 klub di cabang olahraga lainnya. Selain itu, Eintracht Frankfurt juga memiliki kebijakan unik yaitu multikulturalisme, di mana mereka lebih mengandalkan pemain asing dari berbagai negara.

4. Borussia

5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?goal.com

Kata Borussia tentu sudah familiar di telinga para penikmat sepak bola. Di Bundesliga, ada 2 klub yang menggunakan kata ini sebagai identitasnya yaitu Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach. Meski memiliki nama depan yang sama, kedua klub tersebut justru terinspirasi dari 2 hal yang berbeda.

Monchengladbach memilih kata Borussia yang merupakan versi Latin dari Prussia. Dalam sejarah Jerman, Prussia merupakan salah satu kerajaan terbesar di masanya dan memiliki warna kebesaran hitam dan putih, sama dengan warna Gladbach saat ini.

Sedangkan Dortmund menggunakan kata tersebut karena terinspirasi dari nama kedai bir yang sering digunakan para pendiri klub untuk bertemu pada tahun 1909, yaitu "Borussia".

5. Bayer

5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?90min.de

Hampir identik dengan nama Bayern seperti yang digunakan oleh Bayern Munchen, tapi makna dari kata Bayer yang melekat pada Bayer Leverkusen ini memiliki justru berbeda jauh.

Penamaan 'Bayer' diambil dari nama sponsor mereka yang merupakan sebuah perusahaan farmasi terkenal di Jerman dengan nama yang sama. Untuk tahun berdirinya, Bayer Leverkusen terbentuk pada tahun 1904 silam dan telah berusia 116 tahun hingga saat ini.

Dengan berbagai alasan khusus, pemberian nama klub-klub Bundesliga memang menarik dan seru untuk dibahas. Adakah klub Bundesliga favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 10 Klub Inggris yang Sering Dilafalkan Salah, Bagaimana yang Benar?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya