5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas Eropa

Matheus Cunha salah satunya!

Hertha Berlin merupakan salah satu klub kontestan Bundesliga. Jika membandingkan klub ini dengan klub papan atas Jerman lainnya, prestasi Hertha masih tertinggal. Klub yang bernama asli Hertha BSC ini memang sudah berusia lebih seabad, tetapi penampilannya di perhelatan kompetisi Jerman kerap naik turun.

Klub berjuluk Die Alte Dame ini juga hanya menjadi penghuni papan tengah di klasemen tanpa catatan prestasi membanggakan dalam sedekade terakhir. Kendati demikian, hal tersebut tetap tak menampik bahwa Hertha pernah dibela oleh beberapa pemain top. Pemain-pemain itu kini tengah membela klub elite Eropa. Siapa saja mereka?

1. Nico Schulz

5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas EropaNico Schulz (twitter.com/ESPNFC)

Sebelum besar bersama Borussia Dortmund, Nico Schulz pernah melewatkan petualangan yang panjang dengan Hertha Berlin. Sedari belasan tahun, ia sudah bergabung dengan skuad Die Alte Dame itu. Gabung pertama kali pada tahun 2000, namanya berhasil menembus skuad utama sejak musim 2010/2011 lalu.

Dari momen itulah kiprah Schulz bersama Hertha terus berlanjut. Ia bertahan selama 5 musim dengan catatan 53 penampilan di klub ibu kota Jerman. Meski tak terlalu istimewa, hal tersebut sudah cukup bagi Borussia Monchengladbach untuk merekrutnya. Sempat pindah ke Hoffenheim, kini Schulz berstatus sebagai pemain Borussia Dortmund sejak tahun 2020 lalu.

2. Valentino Lazaro

5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas EropaValentino Lazaro (twitter.com/maisfutebol)

Valentino Lazaro saat ini bermain untuk Benfica dengan status pinjaman dari Inter Milan. Sejak pindah ke Inter, karier Lazaro memang mengalami pasang surut yang begitu rumit. Namun, flashback ke belakang, Lazaro ternyata pernah membela Hertha Berlin dalam waktu yang tak terbilang lama.

Pemain berpaspor Austria tersebut berseragam Hertha selama 2 musim, tepatnya sejak tahun 2017 hingga 2019. Namun, kiprahnya justru sebatas pelapis lantaran cuma tampil 14 kali. Setelah kebersamaannya bersama Die Alte Dame itu, Lazaro digaet Inter Milan meskipun tak pernah dipercaya menjadi pilar utama.

Baca Juga: 7 Eks Pemain Sevilla yang Kini Membela Klub Besar Eropa

3. John Anthony Brooks

5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas EropaJohn Anthony Brooks (twitter.com/TransferPostasi)

John Anthony Brooks pernah merajut kariernya dalam waktu lama bersama Hertha Berlin. Ia bergabung dengan tim muda Die Alte Dame pada tahun 2007 dan berhasil dipromosikan ke skuad utama 4 tahun setelahnya. Sejak saat itu, Brooks menempa dirinya menjadi andalan timnya di sektor pertahanan.

Berkat kualitas yang ia miliki, tak heran Brooks mampu tampil reguler selama 6 musim membela Hertha. Performanya bersama Die Alte Dame dipantau oleh Wolfsburg yang merekrutnya pada musim panas 2017 lalu. Tak sia-sia, kedatangan pemain Amerika Serikat itu terbilang tepat lantaran Brooks bertransformasi jadi tumpuan Wolfsburg hingga sekarang.

4. Karim Rekik

5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas EropaKarim Rekik (instagram.com/karimrekik)

Saat ini Karim Rekik membela salah satu klub papan atas LaLiga, Sevilla. Ia menjadi salah satu nama yang diandalkan Julen Lopetegui untuk mengisi jantung pertahanan Los Nervionenses. Keberhasilannya membela tim sekaliber Sevilla tampaknya tak lepas dari peran Hertha Berlin yang merupakan eks klub Rekik dulu.

Tepat sebelum bergabung ke Sevilla, Rekik meniti kariernya bersama Die Alte Dame selama 3 musim. Kiprahnya sewaktu di Jerman itu membuahkan 75 penampilan dengan koleksi 3 gol dan 4 assist. Statistik yang dibuat Rekik itu sudah cukup bagi Sevilla yang akhirnya mendatangkannya ke Spanyol pada musim panas 2020.

5. Matheus Cunha

5 Mantan Pemain Hertha Berlin yang Kini Membela Klub Papan Atas EropaMatheus Cunha (twitter.com/Footstats)

Matheus Cunha menjadi nama terbaru eks Hertha Berlin yang merapat ke klub papan atas Eropa. Ia bergabung dengan juara bertahan LaLiga, Atletico Madrid pada musim panas lalu. Keputusan Los Rojiblancos itu bukan tanpa alasan mengingat Cunha yang memang tampil impresif bersama Die Alte Dame.

Menilik lebih jauh, pemain berpaspor Brasil tersebut membela Hertha selama 1,5 musim. Meski terbilang sebentar, kariernya malah moncer di klub ibu kota Jerman. Hal tersebut mengantarkannya dipinang oleh Atletico Madrid pada awal musim ini. Namun, performa Cunha masih belum maksimal lantaran baru mengemas 3 gol saja.

 

Dari segi prestasi, Hertha Berlin memang belum mampu berada di level tertinggi. Namun, hal tersebut tetap tak menghalangi daya tarik yang dimiliki Die Alte Dame lantaran pernah dibela oleh sejumlah pemain ternama dalam sedekade terakhir.

Baca Juga: Matheus Cunha, Wonderkid Brasil yang Masuk Radar Inter Milan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya