Comscore Tracker

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier League

Dua di antaranya bermain di Manchester City!

AS Monaco merupakan salah satu klub kontestan Ligue 1 di Prancis. Meski berbasis di luar Prancis, yaitu di Monako, klub yang berjuluk Les Rouge et Blanc tersebut masih bisa berpartisipasi di kasta sepak bola tertinggi Prancis. Klub ini juga sempat mencatatkan rekor baru.

Tepatnya di musim 2016/2017 lalu, AS Monaco sukses hantikan dominasi PSG dengan menjuarai Ligue 1. Membahas para pemainnya, ternyata ada sejumlah mantan pemain Monaco yang kini berkarier di Premier League. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

1. Benjamin Mendy

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier LeagueBenjamin Mendy (newschainonline.com)

Sebelum membela Manchester City, Benjamin Mendy sempat bermain untuk AS Monaco. Meski hanya semusim yaitu pada 2016/2017 lalu, bek kiri berusia 26 tahun tersebut merupakan aktor penting di balik keberhasilan Monaco menjuarai Ligue 1. Tak ayal, City tertarik merekrut Mendy di musim berikutnya.

Ia diproyeksikan menjadi bek kiri utama The Cityzens. Meski masih bertahan sampai sekarang, performa Mendy belum begitu maksimal karena kerap mengalami cedera dan inkonsistensi. Secara keseluruhan, bek berpaspor Prancis ini membuat 73 penampilan untuk City dengan raihan 2 gol dan 12 assists.

2. James Rodriguez

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier LeagueJames Rodriguez (goal.com)

James Rodrigues membela AS Monaco dalam waktu yang terbilang singkat, hanya 1 musim. Hal tersebut terealisasi pada musim 2013/2014 lalu, James menjadi bagian skuad Les Rouge et Blanc. Meski hanya sebentar, pemain Kolombia tersebut sukses menunjukkan performa impresifnya sebagai motor serangan Monaco.

Setelahnya, di musim 2014/2015, James hijrah ke Real Madrid. Sempat dipinjamkan dua musim ke Bayern Munchen, kini ia berkarier di Premier League dengan berseragam Everton. Kehadiran James di skuad The Toffees begitu berpengaruh dengan kreativitas yang ia miliki. Dari 26 penampilan, James telah mencetak 6 gol dan 9 assists.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!

3. Fabinho

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier LeagueFabinho (goal.com)

Sebelum namanya harum bersama Liverpool, Fabinho juga merupakan pernah menjadi bagian dari skuad AS Monaco. Tepatnya di musim 2015/2016 lalu, pemain Brasil ini direkrut dari Rio Ave. Setelahnya, Fabinho bertahan selama 3 musim dan berperan di balik kesuksesan Monaco juara Ligue 1 di musim 2016/2017.

Performa apiknya di lini tengah Les Rouge et Blanc membuat Liverpool kepincut dan mendatangkan Fabinho pada musim 2018/2019. Kepindahannya ke Anfield terbilang tepat, karena Fabinho sukses jadi andalan The Reds hingga sekarang. Tercatat, ia membuat 121 penampilan dengan raihan 3 gol dan 7 assists.

4. Youri Tielemans

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier LeagueYouri Tielemans (90min.com)

Youri Tielemans mulai menancapkan kariernya di Premier League pada pertengahan musim 2018/2019 lalu. Mulanya, ia didatangkan Leicester City dengan status pinjaman dari AS Monaco. Ia lantas menunjukkan performa terbaiknya bersama The Foxes yang membuat Tielemans dipermanenkan hingga sekarang.

Membahas kilas balik kariernya di Monaco, pemain berpaspor Belgia tersebut hanya bertahan selama semusim lebih. Meski begitu, kehadiran Tielemans mampu memberikan warna baru di lini tengah Monaco. Sedangkan bersama Leicester, ia sudah membuat 107 penampilan dengan raihan 17 gol dan 19 assists.

5. Bernardo Silva

5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier LeagueBernardo Silva (skysports.com)

Mantan pemain AS Monaco terakhir yang kini berkarier di Premier League adalah Bernardo Silva. Ia mulai berpetualang di kasta tertinggi sepak bola Negeri Ratu Elizabeth tersebut sejak musim 2017/2018 lalu. Ia didatangkan Manchester City dari Monaco dan menjadi salah satu pemain kunci The Cityzens.

Tentang kariernya bersama Les Rouge et Blanc, pemain berpaspor Portugal tersebut berkarier di sana selama 3 musim dan berhasil meraih satu titel Ligue 1 di musim 2016/2017. Setelahnya, karier Bernardo kian melambung usai hijrah ke City. Tercatat, ia telah membuat 200 penampilan dengan torehan 35 gol dan 44 assists.

 

Meski prestasinya masih kalah dibandingkan klub Ligue 1 lainnya, AS Monaco tetap menjadi salah satu destinasi favorit bagi pesepak bola yang ingin melanjutkan kariernya. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Pernah Membela AS Monaco

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya