5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier League

Deretan pemain bintang!

Berbicara sepak bola Swiss saat ini, ada beberapa klub yang mungkin familier lantaran kerap muncul di kompetisi Eropa. Salah satunya adalah FC Basel. Klub ini menjadi salah satu klub tersukses di Swiss. Bagaimana tidak, klub berjuluk Bebbi ini telah meraih 20 titel Liga Super Swiss hingga sekarang.

Tak hanya itu, Basel juga pernah dibela oleh sejumlah pemain top. Meski tak bertahan lama di sana, kehadiran para pemain tersebut tentunya menjadi catatan spesial tersendiri untuk Basel. Setidaknya ada 5 mantan pemain FC Basel yang kini berkarier di Premier League. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mohamed Elneny

5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier LeagueMohamed Elneny (goal.com)

Mohamed Elneny memulai karier profesionalnya di Eropa dengan membela FC Basel. Direkrut pada pertengahan musim 2012/2013 lalu, Elneny tampil impresif sebagai gelandang bertahan klub Swiss tersebut. Setelahnya, nama Elneny kian melambung menjadi komoditas panas klub-klub top Eropa.

Hingga musim dingin 2015/2016 lalu, pria Mesir tersebut didatangkan Arsenal ke Emirates Stadium. Perjalanannya bersama The Gunners terbilang tak begitu buruk. Elneny masih dipercaya untuk bertahan hingga sekarang. Kendati dipinjamkan ke Besiktas musim lalu, kini Elneny kembali dipercaya beroperasi di lini tengah Arsenal.

2. Xherdan Shaqiri

5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier LeagueXherdan Shaqiri (90min.com)

Sebagai orang asli Swiss, Xherdan Shaqiri memulai karier profesional dengan membela banyak klub di negara asalnya tersebut. Salah satu klub yang ia bela adalah FC Basel. Xhaqiri telah bergabung dengan klub berjuluk Bebbi itu saat masih belasan tahun. Di tahun 2009, Xhaqiri sukses naik kasta ke tim utama.

Tiga musim bersama Basel, Xhaqiri menunjukkan performa apik di lini serang timnya. Ia sempat hijrah ke Bayern Munchen dan Inter Milan. Puncaknya pada musim 2015/2016 lalu Xhaqiri memulai kariernya di Premier League dengan membela Stoke City. Sempat terdegradasi, kini ia bermain untuk Liverpool.

Baca Juga: Masuk Daftar Jual Liverpool, Xherdan Shaqiri Menjadi Incaran Sevilla

3. Fabian Schar

5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier LeagueFabian Schar (twitter.com/NUFC)

Sebelum berkarier di Premier League, Fabian Schar sempat menghabiskan waktunya dengan membela beberapa klub Eropa, salah satunya adalah FC Basel. Schar berkarier di sana selama 3 musim, tepatnya sejak 2012 hingga 2015. Selama periode tersebut, ia merupakan bek tengah tumpuan Bebbi di tiap pertandingan.

Tak heran bila klub Bundesliga, Hoffenheim, tertarik merekrut pemain berusia 29 tahun ini. Namun, kariernya di Jerman tak bertahan lama. Schar hijrah ke Deportivo La Coruna setelahnya. Barulah di musim 2018/2019 lalu, Schar mulai berkelana di Negeri Ratu Elizabeth dengan membela Newcastle United.

4. Granit Xhaka

5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier LeagueGranit Xhaka (goal.com)

Nama Granit Xhaka tentunya telah familier di telinga penggemar sepak bola. Kariernya memang lebih dikenal saat membela Arsenal. Namun, sebelum bersama The Gunners, pemain berusia 28 tahun ini pernah membela FC Basel dalam waktu yang cukup lama. Basel merupakan tempat kelahirannya.

Sejak belasan tahun, Xhaka mulai menimba ilmu di tim akademi Basel. Ia berhasil naik kasta ke tim utama pada musim 2010/2011 dan bertahan selama 2 musim. Setelahnya, Xhaka hijrah ke Borussia Monchengladbach. Hingga di musim 2016/2017, Xhaka bermain untuk Arsenal dan masih bertahan hingga sekarang.

5. Mohamed Salah

5 Mantan Pemain FC Basel yang Saat Ini Merumput di Premier LeagueMohamed Salah (goal.com)

Sepanjang kariernya, kompetisi Premier League bukanlah hal yang asing bagi Mohamed Salah. Ia tercatat pernah membela 2 klub top di sana, yaitu Chelsea dan Liverpool. Namun, sebelum digaet kedua klub elite tersebut, Salah sempat mengasah karier profesionalnya dengan membela FC Basel.

Meski hanya satu musim lebih di sana, Salah mampu menunjukkan sinarnya. Berkat performa apiknya bersama Basel, ia direkrut Chelsea pada Januari 2014. Sempat mengalami pasang surut karier, Salah akhirnya tampil gemilang bersama Liverpool. Direkrut musim 2017/2018 lalu, ia sukses meraih sederet trofi prestisius.

 

FC Basel memang bukan klub yang berprestasi banyak di ajang Eropa. Namun, di klub Swiss inilah terdapat sejumlah pemain top yang mulai menunjukkan kualitas terbaiknya.

Baca Juga: Aksi Sportif Mohamed Salah Usai Kalah dari Harry Kane

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya