Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top Eropa

Gerard Moreno salah satunya!

Catalunya, sebuah kawasan yang kerap diberitakan ingin berpisah dari Spanyol, punya kultur sepak bola yang begitu kental. Hal ini bisa ditunjukkan melalui klub-klub sepak bolanya yang telah dikenal luas. Tak hanya Barcelona, klub lain seperti Girona dan Espanyol juga tak bisa dikesampingkan.

Membahas seputar Espanyol, klub berjuluk Los Periquitos ini memang tak punya prestasi sehebat Barcelona. Bahkan, pada musim 2020/2021, Espanyol sempat terdegradasi di LaLiga. Namun, sepanjang sejarahnya, klub ini pernah dibela sejumlah pemain top yang tengah membela klub papan atas Eropa.

1. Mario Hermoso

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaMario Hermoso (instagram.com/mhermoso22)

Mario Hermoso pernah membela Espanyol selama dua musim, tepatnya sejak 2017 hingga 2019 lalu. Penampilan pemain Spanyol tersebut bersama Los Periquitos cukup menjanjikan hingga dilirik klub papan atas LaLiga, Atletico Madrid. Hermoso akhirnya pindah ke klub sekota Real Madrid itu.

Ia tiba di situasi yang menguntungkan mengingat Atletico kehilangan sang bek andalan, Diego Godin. Hermoso dengan segera menjadi pilar utama Los Rojiblancos di lini belakang. Ia sudah tampil 89 kali di semua kompetisi. Hermoso berjasa besar membawa timnya juara LaLiga pada musim 2020/2021 lalu.

2. Lucas Vazquez

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaLucas Vazquez (instagram.com/lucasvazquez91)

Lucas Vazquez merupakan pemain sekaligus mantan jebolan akademi milik Real Madrid. Sebelum menjadi tumpuan seperti sekarang, jalan berliku harus ia tempuh terlebih dulu. Vazquez sempat dipinjamkan ke Espanyol pada musim 2014/2015 lalu untuk mendapatkan jam terbang dan pengalaman.

Dipinjamkan ke Espanyol sangatlah tepat. Vazquez menjelma sosok yang diandalkan selama masa peminjamannya. Ia lantas kembali ke Real Madrid dan memulai awal yang baru. Vazquez mendapatkan kepercayaan penuh melalui kemampuan serbabisanya dengan koleksi 264 penampilan sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Espanyol dalam Sedekade Terakhir

3. Marc Roca

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaMarc Roca (instagram.com/marc_roca21)

Marc Roca mengawali karier sepak bolanya bersama Espanyol. Di klub ini, kemampuannya sebagai gelandang pengangkut air terus terasah dari waktu ke waktu. Puncaknya, Roca naik kasta ke skuad utama pada musim 2016/2017 lalu. Ia bertahan selama empat musim hingga dilirik klub raksasa Jerman, Bayern Munchen.

Die Bayern resmi mendatangkannya pada musim panas 2020 lalu. Dengan usianya yang masih muda, masa depan Roca bersinar terang bersama Munchen. Meski begitu, ia sepertinya bersabar lebih lama. Roca jarang dimainkan karena kalah bersaing dengan nama-nama lain, seperti Leon Goretzka dan Joshua Kimmich.

4. Gerard Moreno

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaGerard Moreno (twitter.com/SofaScoreINT)

Gerard Moreno punya alur perjalanan karier yang menarik. Ia pernah membela Espanyol dan Villarreal, klubnya saat ini, dalam dua periode yang berbeda. Bersama Espanyol, ia pertama kali bergabung ke tim muda sejak belasan tahun. Moreno sempat hijrah dan kembali merapat ke Espanyol pada tahun 2015 lalu.

Sementara itu, bersama Villarreal, ia pertama kali bergabung 11 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2010. Kini, sejak musim 2018/2018 lalu, Moreno kembali membela The Yellow Submarine. Pemain Spanyol itu tampil beringas di lini depan Villarreal serta sudah merengkuh satu titel Liga Europa.

5. Eric Bailly

5 Mantan Pemain Espanyol yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaEric Bailly (twitter.com/ManUtd)

Karier Eric Bailly lebih dikenal saat membela Villarreal dan Manchester United. Namun, sebelum bersama keduanya, awal karier pemain berusia 27 tahun itu dihabiskan bersama Espanyol. Bailly sudah berseragam Los Periquitos sejak tahun 2011 silam dan promosi ke skuad utama tiga tahun berselang.

Meski hanya bertahan selama setengah musim, nama Bailly sudah mampu memikat Villarreal. Ia merapat ke klub berjuluk The Yellow Submarine  dan makin menunjukkan potensinya. Tak ayal klub sekelas Manchester United kepincut untuk mendaratkan pemain Pantai Gading itu pada musim 2016/2017.

 

Tak seperti Barcelona yang merupakan klub sekota, Espanyol justru lebih banyak berkutat di papan tengah, bahkan bawah LaLiga. Walaupun demikian, Los Periquitos tetap dikenal mahir sebagai tim pengorbit pemain-pemain hebat.

Baca Juga: Rekam Jejak Kesuksesan Karier Eric Bailly, Bek Tangguh nan Jenaka

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya