5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub Lamanya

Bagaimana kiprahnya bersama Setan Merah?

Manchester United merupakan salah satu klub raksasa di English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Red Devils ini punya catatan prestasi yang mengkilap. Itu yang membuat Manchester United disinggahi oleh banyak pemain bintang dengan banyak pengalaman.

Menariknya, sejumlah pemain menjadikan The Reds Devils sebagai pelabuhan sementara untuk klub lamanya. Mereka sempat membela Manchester United, tetapi mereka memutuskan untuk kembali ke klub lamanya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Shinji Kagawa

5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub LamanyaShinji Kagawa (bundesliga.com)

Sosok dari Benua Asia yang amat melegenda bersama Manchester United tak hanya Park Ji-sung. Ada beberapa pemain asal Asia lainnya yang pernah membela Setan Merah, termasuk Shinji Kagawa. Ia mulai menjadi bagian skuad Manchester United sejak musim 2014/2015. Kagawa bergabung dari Borussia Dortmund.

Pemain berusia 34 tahun ini berseragam Setan Merah hingga pertengahan musim 2018/2019. Nasibnya dipenuhi dengan lika-liku sebab tak menjadi pilihan utama. Usai menjalani situasi yang sulit di Inggris, Kagawa pulang ke Borussia Dortmund. Ia kembali untuk mengembalikan performanya yang menurun.

2. Wayne Rooney

5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub LamanyaWayne Rooney (twitter.com/premierleague)

Namanya dikenal luas dengan balutan seragam tempur merah khas Manchester United. Wayne Rooney menghabiskan kariernya dengan penuh kejayaan bersama Setan Merah. Namun, Manchester United bukanlah klub Inggris satu-satunya yang pernah ia bela. Ia terlebih dahulu mengawali kariernya bersama Everton.

Rooney menimba ilmu hingga merintis karier profesional di skuad The Toffees. Karena dinilai potensial, Manchester United merekrutnya pada 2004 silam. Keputusan ini sangat tepat sebab Rooney mampu bersinar terang selama lebih dari sedekade. Ia lalu kembali ke Everton usai kontraknya berakhir pada musim panas 2017.

Baca Juga: Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester United

3. Daley Blind

5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub LamanyaDaley Blind (twitter.com/BlindDaley)

Daley Blind dan Ajax sudah terikat sejak lama. Keduanya punya hubungan baik sejak Blind masih belia. Saat memasuki usia emasnya, Blind tak sepenuhnya membela Ajax. Ia sempat menjajal English Premier League (EPL). Blind bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2014 lalu. Ia berseragam Setan Merah selama empat musim.

Kiprahnya bersama Manchester United berjalan dengan mulus. Blind diandalkan sebab mampu bermain di beberapa posisi yang berbeda. Ia mencatatkan 141 penampilan di semua kompetisi. Setelah kontraknya habis pada Juni 2018, Blind memutuskan untuk pulang ke Ajax dengan status bebas transfer.

4. Paul Pogba

5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub LamanyaPaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Karier Paul Pogba cukup unik. Ia sebenarnya merupakan jebolan akademi Manchester United. Karena kurangnya menit bermain, Pogba hengkang ke Juventus. Nasibnya berubah drastis sebab berkembang pesat bersama Si Nyonya Tua. Manchester United pun memulangkannya dengan rekor transfer klub pada musim panas 2016.

Pogba menjalani enam musim yang tak mudah bersama Setan Merah. Performanya kerap disorot karena tak sesuai harga yang dikeluarkan oleh Manchester United. Pada musim panas 2022 lalu, Pogba akhirnya kembali berpisah. Tujuannya masih sama seperti dahulu, yaitu Juventus. Ia bergabung dengan status bebas transfer.

5. Wilfried Zaha

5 Mantan Pemain Manchester United yang Memilih Pulang ke Klub LamanyaWilfried Zaha (premierleague.com)

Crystal Palace mengembangkan bakat Wilfried Zaha dengan baik. Sejak belasan tahun, Zaha sudah akrab mengenakan jersey The Eagles. Potensinya turut meningkat sehingga beberapa klub besar mengawasinya setiap saat. Zaha lantas pindah dan memilih Manchester United pada pertengahan musim 2012/2013.

Sayangnya, karier Zaha malah stagnan. Ia kesulitan bersinar karena minimnya jam terbang bersama Setan Merah. Ia juga dipinjamkan beberapa kali ke klub lain. Setelah merantau ke beberapa kota di Inggris, Zaha pun pulang. Ia kembali ke Crystal Palace dengan status permanen pada awal 2015 dan masih diandalkan sampai sekarang.

Tak semuanya dari kelima pemain di atas bertahan lama di Old Trafford. Mereka lalu  memutuskan kembali ke klub lamanya setelah berseragam Manchester United. Akankah ada pemain berikutnya yang menyusul jejak mereka?

Baca Juga: 5 Calon Klub Anyar Wilfried Zaha pada 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya