Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di Bundesliga

Ada pemain favoritmu?

Paris Saint-Germain kini tak sekadar klub yang meramaikan kancah Ligue 1 saja. Semenjak diakuisisi oleh investor Qatar, klub berjuluk Le Parisiens itu bertransformasi menjadi tim yang kuat dan disegani di Eropa. PSG juga begitu mudah merekrut pemain kelas atas dengan didukung finansialnya yang bukan kaleng-kaleng.

Namun, bukan berarti bermain untuk klub sekelas PSG adalah sesuatu yang mudah. Apalagi klub tersebut diisi oleh banyak pemain berpengalaman dan menjadikan PSG sebagai tim yang kompetitif. Tak heran, bila Le Parisiens melepas banyak pemain di tiap jendela transfer. Dari sekian nama itu, ada sejumlah pemain yang kini memilih untuk merumput di Bundesliga. Siapa sajakah mereka?

1. Christopher Nkunku

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di BundesligaChristopher Nkunku (twitter.com/Squawka)

Christopher Nkunku menapaki karier di RB Leipzig selama 2 musim terakhir. Perjalanannya bersama Die Roten Bullen berjalan dengan mulus lantaran Nkunku yang didapuk sebagai andalan tim. Kendati usianya masih 23 tahun, kualitas dan talenta yang dimiliki Nkunku menjadi aset menjanjikan bagi Leipzig di masa mendatang.

Semua itu tak lepas dari peran Paris Saint-Germain, klub yang pernah dibela Nkunku dalam waktu yang begitu lama. Ia telah hadir di skuad Le Parisiens di usia 13 tahun, untuk menimba ilmu sebagai pesepak bola profesional.

Hingga di musim 2015/2016, Nkunku dipercaya naik kasta ke skuad utama PSG. Namun, ia gagal berkembang lantaran lini depan tim Paris yang sudah gemuk dan menumpuk.

2. Thomas Meunier

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di BundesligaThomas Meunier (twitter.com/lequipe)

Thomas Meunier tengah merintis cerita bersama Borussia Dortmund yang baru terjalin sejak musim lalu. Ia didatangkan dari Paris Saint-Germain usai kontraknya berakhir dan tak lagi diperpanjang. Kedatangan Meunier sangat menguntungkan bagi Die Borussen. Maklum, ia merupakan sosok yang begitu berpengalaman.

Sebelum membela panji Dortmund, Meunier menikmati puncak performanya bersama PSG. Ia diplot sebagai bek kanan utama Le Parisiens selama 4 musim, terhitung sejak tahun 2016 hingga 2020 lalu. Posisinya di skuad inti Le Parisiens harus terpinggirkan oleh sejumlah nama, seperti Thilo Kehrer dan Alessandro Florenzi.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Paris Saint-Germain, Siapa Saja?

3. Kevin Trapp

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di BundesligaKevin Trapp (twitter.com/QusaiRMCF)

Sebagian besar karier yang dilalui Kevin Trapp dihabiskan bersama klub-klub Jerman. Saat ini, ia juga tengah berkarier di klub Bundesliga, yaitu Eintracht Frankfurt. Perjalanan Trapp bersama klub berjuluk Die Adler itu sejatinya telah tercipta sejak musim 2012/2013 lalu. Hanya saja, ia sempat memutuskan singgah ke klub lain.

Kiper berusia 31 tahun tersebut hijrah ke Paris Saint-Germain di musim 2015/2016 sebagai suksesor Salvatore Sirigu. Trapp menjalankan perannya dengan baik sebagai kiper utama Le Parisiens.

Selama 3 musim, ia menjadi opsi favorit di bawah mistar gawang klub ibu kota Prancis. Trapp lantas menyudahi masa baktinya bersama PSG dengan memilih pulang ke Frankfurt di musim panas 2018.

4. Eric Maxim Choupo-Moting

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di BundesligaEric Maxim Choupo-Moting (twitter.com/ESPNFC)

Alur perjalanan karier yang dilalui Eric Maxim Choupo-Moting terbilang tak biasa. Usai terdegradasi bersama Stoke City, karier Choupo-Moting seolah-olah mengalami peningkatan signifikan lantaran direkrut Paris Saint-Germain. Hal itu terealisasi di musim panas 2018 lalu untuk menambah variasi pemain di lini depan Le Parisiens 

Pemain berpaspor Kamerun itu menghabiskan 2 musim kariernya di Paris dengan bergelimang trofi. Kendati jarang tampil, hal itu tetap tak menyurutkan atensi klub-klub yang meminati Choupo-Moting. Buktinya di awal musim lalu, klub sekelas Bayern Munchen resmi mendaratkannya ke Jerman sebagai pelapis dari Robert Lewandowski.

5. Mitchel Bakker

5 Mantan Pemain Paris Saint-Germain yang Kini Merumput di BundesligaMitchel Bakker (twitter.com/fanatikcomtr)

Mitchel Bakker mengikuti jejak alumni penggawa Paris Saint-Germain yang hijrah ke Bundesliga. Ia didatangkan Bayer Leverkusen dengan banderol 7 juta euro atau sekitar Rp120 miliar di bursa transfer musim panas ini. Kepindahannya ke Leverkusen didasari keinginan Bakker untuk menjadi pemain utama di tim.

Hal tersebut tak bisa Bakker rasakan sewaktu berseragam Le Parisiens. Eks pemain Ajax Amsterdam itu menghabiskan 2 musim kariernya di Prancis tanpa pengalaman yang berarti. Ia kalah bersaing dengan pemain-pemain lain di pos bek kiri tim ibu kota Prancis, seperti Layvin Kurzawa dan Juan Bernat.

 

Menariknya, kelima pemain di atas justru tak membela satu klub yang sama setelah hengkang dari PSG. Ada juga beberapa alumni Le Parisiens lainnya yang saat ini tengah merintis karier di Bundesliga, seperti Tanguy Nianzou dan Moussa Diaby.

Baca Juga: 6 Pemain Akademi Paris Saint-Germain yang Sukses Bersama Klub Lain

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya