Comscore Tracker

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier League

Ada dua pemain yang baru pindah

Selain RB Leipzig yang telah dikenal luas, klub lain yang dimiliki perusahaan Red Bull ini juga tak kalah berprestasi. Klub itu adalah RB Salzburg yang berkompetisi di Bundesliga Austria. Klub berjuluk Die Bullen ini sejatinya sudah berdiri pada tahun 1933 silam dengan nama SV Austria Salzburg. Hanya saja, namanya berubah pada tahun 2005 usai diakuisisi oleh perusahaan minuman berkarbonasi asal Austria.

Sejak beralih kepemilikan, Salzburg sukses merajai liga di tanah sendiri. Sejalan dengan keberhasilan itu, banyak pemain bertalenta yang bermunculan dan menarik minat klub top Eropa, seperti Erling Haaland ataupun Dominik Szoboszlai. Dari sekian mantan pemain Salzburg itu, ada beberapa nama yang kini berkarier di Premier League. Siapa sajakah mereka?

1. Naby Keita

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier LeagueNaby Keita (90min.com)

Naby Keita pernah bermain untuk RB Salzburg selama 2 musim. Hal itu terealisasi sejak tahun 2014 hingga 2016 lalu saat Keita merintis awal karier sepak bolanya. Seiring berjalannya waktu, penampilan Keita kian berkembang di lini tengah Die Bullen. Namanya makin harum usai diboyong ke sesama tim Red Bull lainnya, RB Leipzig.

Keita memainkan peran penting di dalam permainan Die Roten Bullen selama 2 musim. Puncak dari performa apiknya itu adalah pemain Guinea tersebut didatangkan Liverpool pada musim 2018/2019 lalu. Sial baginya, Keita gagal tampil apik akibat cedera panjang dan persaingan ketat di lini tengah The Reds.

2. Takumi Minamino

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier LeagueTakumi Minamino (skysports.com)

Takumi Minamino menarik atensi sewaktu penampilan gemilangnya melawan Liverpool di fase grup Liga Champions musim 2019/2020. Tak berselang lama dari momen itu, ia akhirnya direkrut The Reds ke Anfield guna memperkuat kedalaman di lini serang. Alih-alih bisa memberikan warna baru, Minamino justru tenggelam.

Sejak didatangkan ke daratan Inggris, pemain asal Jepang ini cuma memainkan 32 penampilan untuk The Reds. Kehadiran Diogo Jota musim lalu juga makin berpengaruh pada posisi Minamino. Ia bahkan harus dipinjamkan ke Southampton di paruh kedua Premier League musim lalu.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Takumi Minamino yang Baru Saja Cetak Gol Perdana

3. Enock Mwepu

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier LeagueEnock Mwepu (skysports.com)

RB Salzburg tampaknya benar-benar untung besar di bursa transfer musim panas kali ini. Usai melego Patson Daka, Die Bullen juga melepas sang gelandang andalan, Enock Mwepu ke Brighton & Hove Albion. Hadirnya pemain Zambia ini bakal memperkuat lini tengah The Seagulls yang kerap goyah.

Ketertarikan Brighton pada Mwepu tentu beralasan. Selama 3 musim berseragam Salzburg, pemain berusia 23 tahun ini tampil energik dengan memainkan 119 penampilan di semua ajang. Mwepu diyakini bakal menjadi sosok yang pas untuk bermitra dengan gelandang tumpuan The Seagulls, Yves Bissouma.

4. Patson Daka

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier LeaguePatson Daka (skysports.com)

Sebelum Enock Mwepu, RB Salzburg telah melepas Patson Daka ke klub Premier League lainnya. Klub yang dimaksud adalah Leicester City. Leicester berhasil memenangkan perlombaan mendatangkan pemain berusia 22 tahun itu. Sebelumnya, Daka merupakan ujung tombak Salzburg selama 4 musim.

Puncak dari semua kebersamaannya untuk Die Bullen terjadi musim lalu. Selain membawa timnya juara Bundesliga Austria, Daka sukses menyegel Pemain Terbaik dan top skor dengan raihan 27 gol. Itu menjadi modal yang bagus bagi Daka, terlebih lagi ia bakal setim dengan penyerang berpengalaman, Jamie Vardy.

5. Sadio Mane

5 Mantan Pemain RB Salzburg yang Kini Berkarier di Premier LeagueSadio Mane (goal.com)

Dari semua alumnus RB Salzburg yang merumput di Premier League, bisa dibilang Sadio Mane adalah yang tersukses saat ini. Ia mulai dikenal saat membela Southampton. Namun, sebelumnya Mane telah menjajal kompetisi di Austria dengan berseragam RB Salzburg. Ia berkarier di sana dalam waktu yang terbilang singkat, yaitu 2 musim.

Meski sebentar, Mane tampil impresif lewat catatan 45 gol dan 32 assist. Berkat performa moncernya saat itu, pemain asal Senegal ini direkrut Southampton dan bertahan selama 2 musim. Namanya makin populer sewaktu membela Liverpool sejak musim 2016/2017 lalu dengan bergelimang trofi prestisius.

 

Dalam beberapa musim terakhir, banyak mantan pemain RB Salzburg yang hijrah ke Premier League. Hal ini menandakan bahwa kualitas pemain dari luar liga top Eropa tak kalah hebat dan mampu bersaing di level tertinggi.

Baca Juga: Aksi Inspiratif Sadio Mane Bangun Desa Jadi Lebih Modern

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya