Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1

Tagliafico resmi merapat ke Lyon!

Ajax Amsterdam sudah kehilangan beberapa pemainnya di musim panas 2022. Usai ditinggal Sebastien Haller hingga Lisandro Martinez, Ajax kembali ditinggal pemain lain, yaitu Nicolas Tagliafico. Ia sepakat hijrah ke Olympique Lyon.

Kepergian Tagliafico menyisakan lubang di pos bek kiri Ajax. Tak hanya itu, ia juga mengikuti beberapa mantan pemain Ajax lain yang hengkang ke Ligue 1. Nah, termasuk Tagliafico, inilah 5 pemain terakhir Ajax yang dilepas ke klub Ligue 1.

1. Kolbeinn Sigthorsson

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1Kolbeinn Sigthorsson (twitter.com/SquawkaNews)

Kolbeinn Sigthorsson resmi menyudahi kariernya di Ajax. Usai empat musim bersama, keduanya sepakat untuk berpisah pada musim panas 2015. Sigthorsson melanjutkan petualangannya ke Prancis. Ia bergabung dengan Nantes seharga 3 juta euro alias Rp46 miliar.

Namun, keputusan itu malah tak berjalan dengan baik. Berposisi asli sebagai mesin gol, Sigthorsson hanya dijadikan pelapis. Ia baru diturunkan dalam 33 laga bersama Nantes. Pemain berpaspor Islandia itu bahkan sempat dipinjamkan ke Galatasaray selama semusim.

2. Anwar El Ghazi

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1Anwar El Ghazi (instagram.com/elghazi21)

Anwar El Ghazi memutuskan untuk pindah dari Ajax pada awal 2017 lalu. Ia hijrah ke Lille dengan biaya 7 juta euro atau sekitar Rp107 miliar. Kepindahan itu berjalan mulus. Pasalnya, El Ghazi sukses menunjukkan kualitas terbaiknya di lini tengah Les Dogues.

Ia tampil 44 kali di semua kompetisi bersama Lille. Puncaknya, pada musim panas 2018, El Ghazi dilepas ke Aston Villa. Ia pindah dengan status pinjaman selama semusim. Pemain berpaspor Belanda itu melanjutkan tren positifnya dan resmi dipermanenkan.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Ajax Amsterdam Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Kenny Tete

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1Kenny Tete (instagram.com/kennytete)

Ajax menjual Kenny Tete ke Olympique Lyon pada musim panas 2017 lalu. Dalam proses transfer itu, Ajax menerima 4 juta euro atau sekitar Rp61 miliar. Sementara itu, hadirnya Kenny menambah opsi lain di pos bek kanan Lyon.

Kenny mampu tampil impresif bersama Les Phoceens. Selama tiga musim, ia sukses mengoleksi 80 penampilan dengan raihan 1 gol dan 9 assist. Kiprahnya di Prancis terhenti pada 2020. Kenny lalu melanjutkan kariernya bersama Fulham.

4. Kasper Dolberg

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1Kasper Dolberg (instagram.com/kasperdolberg)

Namanya sempat melambung bersama Ajax. Sayang, Kasper Dolberg tak mampu bertahan lebih lama bersama klub ibukota Belanda tersebut. Ia malah hengkang ke OGC Nice pada musim panas 2019 lalu. Dolberg ditebus seharga 20,5 juta euro alias Rp313 miliar.

Pemain asal Denmark itu masih membela Nice hingga sekarang. Meski performanya sempat menurun, Dolberg sejatinya cukup diandalkan di lini depan. Total, ia sudah membukukan 24 gol dan 7 assist dari 85 penampilan di semua ajang.

5. Nicolas Tagliafico

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Ajax Amsterdam ke Klub Ligue 1Nicolas Tagliafico (twitter.com/FabrizioRomano)

Ajax kehilangan beberapa pemain pilarnya pada musim panas 2022, termasuk Nicolas Tagliafico. Pemain berusia 29 tahun itu dipastikan bakal membela Olympique Lyon. Menurut laporan Fabrizio Romano, ia ditebus seharga 4 juta euro atau sekitar Rp61 miliar.

Tagliafico bakal meneken kontrak hingga 2025 mendatang. Nantinya, ia diplot sebagai bek kiri utama Lyon mengingat rekam jejakanya yang cukup baik. Terlebih, Les Gones baru saja ditinggal oleh Emerson Palmieri yang sudah kembali ke Chelsea.

 

Kepergian Tagliafico menambah catatan para pemain Ajax yang telah hengkang pada musim panas 2022. Kira-kira, akankah de Amsterdammers mampu mempertahankan kejayaannya di Eredivisie musim depan?

Baca Juga: 6 Eks Ajax yang Diboyong Manchester United, Lisandro Martinez Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya