5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan Terbanyak

Didominasi oleh para pemain lokal

AS Roma merupakan salah satu tim besar di Serie A Italia. Meski begitu, performa Il Giallorosso mengalami pasang surut dari musim ke musim. Demi menembus Liga Champions Eropa saja, AS Roma cukup kesulitan bersaing dengan rivalnya.

Meski begitu, AS Roma tetap memiliki beberapa pemain yang loyal. Mereka sudah berseragam Il Giallorosso dalam waktu yang lama. Dari keseluruhan pemain di dalam skuad AS Roma pada 2022/2023, kelima pemain ini punya koleksi penampilan terbanyak. Siapa saja?

1. Roger Ibanez (149 penampilan)

5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan TerbanyakRoger Ibanez (instagram.com/ibanez41official)

Jantung pertahanan AS Roma diisi oleh bek tangguh asal Brasil. Pemain yang dimaksud itu adalah Roger Ibanez. Ia merupakan pemain kunci lini belakang Il Giallorosso yang hampir tak tersentuh posisinya. Ibanez selalu dipercaya untuk bermain di tiap pertandingan yang dijalani oleh AS Roma.

Ia sudah membukukan 149 penampilan selama berseragam Il Giallorosso. Ibanez mengumpulkan catatan tersebut sejak pertengahan musim 2018/2019. Dengan usianya yang masih 24 tahun, Ibanez merupakan prospek potensial yang dimiliki oleh AS Roma. Apalagi, Ibanez juga kerap dipanggil oleh Timnas Brasil.

2. Gianluca Mancini (179 penampilan)

5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan TerbanyakGianluca Mancini (twitter.com/ASRomaEN)

Gianluca Mancini menghabiskan seluruh kariernya di negeri sendiri. Ia sudah membela beberapa klub, salah satunya AS Roma. Mancini berseragam Il Giallorosso sejak musim panas 2018 lalu. Ia bergabung dari Atalanta dan berhasil membuktikan kualitasnya di lini pertahanan. Mancini mampu tampil solid.

Buah dari performanya yang impresif adalah tempat utama. Mancini merupakan salah satu bek andalan AS Roma. Dari musim ke musim, ia selalu tampil lebih dari 30 kali di semua kompetisi. Tak ayal apabila pemain berkebangsaan Italia itu sudah membukukan 179 penampilan dan masih bertambah lagi nantinya.

Baca Juga: 10 Potret Bryan Cristante, Gelandang Andalan Jose Mourinho di AS Roma

3. Bryan Cristante (228 penampilan)

5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan TerbanyakBryan Cristante (instagram.com/bryancristante)

Bryan Cristante menjelma jadi salah satu gelandang andalan AS Roma. Ia sudah bergabung dengan skuad Il Giallorosso sejak 2018/2019. Cristante selau diandalkan sebagai pengatur permainan klub ibu kota Italia itu. Posisinya nyaris tak tergantikan dengan catatan 228 penampilan di semua kompetisi.

Cristante awalnya bergabung dengan status pinjaman dari Atalanta. Karena tampil menjanjikan, ia lantas diikat kontrak secara permanen. Pemain berusia 28 tahun itu berjasa besar dalam beberapa pencapaian yang diraih oleh AS Roma. Yang paling diingat tentu kesuksesan Il Giallorosso menjuarai Liga Konferensi Eropa 2021/2022.

4. Stephan El Shaarawy (231 penampilan)

5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan TerbanyakStephan El Shaarawy (twitter.com/OfficialEl92)

AS Roma merupakan klub terlama yang dibela oleh Stephan El Shaarawy. Ia sudah berseragam AS Roma sejak pertengahan musim 2015/2016. Namanya masih menjadi bagian dari skuad Il Giallorosso sampai sekarang. Namun, El Shaarawy sempat pindah ke China, tepatnya ke Shanghai Shenhua, pada 2019/2020.

Peran pemain berkebangsaan Italia itu begitu penting di lini depan AS Roma. Ia mendapatkan kepercayaan mengisi sisi sayap penyerangan Il Giallorosso. Tercatat, El Shaarawy berhasil membukukan 58 gol dan 32 assist di semua kompetisi. Torehan itu dikumpulkannya dalam 231 pertandingan.

5. Lorenzo Pellegrini (241 penampilan)

5 Pemain Aktif AS Roma dengan Koleksi Penampilan TerbanyakLorenzo Pellegrini (instagram.com/lorepelle7)

Di antara keseluruhan pemain AS Roma, Lorenzo Pellegerini memegang rekor dengan jumlah penampilan terbanyak. Ia sudah mengoleksi 241 penampilan bersama Il Giallorosso. Hal ini bukan tanpa alasan. Pemain berkebangsaan Italia itu sudah membela AS Roma sejak 2017/2018 lalu.

Pellegrini mendedikasikan nyaris seluruh kariernya dengan membela AS Roma. Ia punya pengaruh yang besar di dalam skuad Il Giallorosso. Ia bahkan ditunjuk sebagai kapten utama. Pengalaman dan mentalitasnya mampu mengantarkan klub sekota Lazio itu mulai bangkit dan kembali bersaing. 

Performa AS Roma tak terlalu disorot dalam beberapa musim terakhir. Di Serie A, Il Giallorosso juga acap kali finis di luar empat besar klasemen. Namun, itu tak membuat kelima pemain ini pergi. Mereka loyal dan bertahan lama bersama klub ibu kota Italia tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub EPL

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya