Comscore Tracker

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas Inggris

Mereka termasuk dalam deretan pemain ternama!

Inggris merupakan salah satu negara dengan perkembangan sepak bolanya yang maju. Dari segi infrastruktur, kompetisi, hingga kualitas pemainnya yang begitu mumpuni menjadikan Inggris sebagai negara yang begitu disegani dalam urusan sepak bola. Para pemain Inggris juga dikenal dengan skill dan kemampuan olah bolanya yang tak bisa dianggap remeh.

Tak heran bila tim nasionalnya selalu diisi oleh para pemain yang berkarier untuk klub-klub top Eropa. Berhubungan dengan itu, ternyata ada beberapa pemain yang pernah menolak kesempatan untuk tampil bersama Timnas Inggris. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Giovanni Reyna

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas InggrisGiovanni Reyna (goal.com)

Giovanni Reyna pernah berkesempatan untuk membela Timnas Inggris. Gelandang Borussia Dortmund itu lahir di Negeri Ratu Elizabeth, tepatnya di Sunderland pada 2002 silam. Saat itu, ayahnya yang juga eks pesepak bola, Claudio Reyna tengah berkarier di Premier League dan membawa keluarganya ke Inggris.

Namun, pada akhirnya, kans Reyna untuk membela The Three Lions urung terlaksana. Dengan ayahnya yang merupakan kapten Timnas Amerika Serikat pada 2 gelaran Piala Dunia, tentu sulit bagi Reyna membela negara yang berbeda dengan sang ayah. Ia akhirnya debut bersama Timnas Amerika Serikat pada 2020 lalu.

2. Wes Morgan

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas InggrisWes Morgan (premierleague.com)

Wes Morgan merupakan salah satu pemain loyal milik Leicester City. Meski kini tak menjadi pilihan utama, kehadiran Morgan tentu begitu dibutuhkan The Foxes dengan pengalamannya yang segudang. Dan di balik kesetiaannya untuk Leicester, Morgan sempat mengalami dilema untuk memilih kewarganegaraannya.

Ia lahir dan besar di Inggris dari keturunan Jamaika. Dikarenakan tak pernah dipanggil timnas Inggris, Morgan memilih membela Jamaika sejak tahun 2013. Puncaknya, saat Morgan membawa Leicester juara Premier League musim 2015/2016 lalu. Ia sempat dilirik timnas Inggris, namun Morgan menolak hal tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala Eropa

3. Adnan Januzaj

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas InggrisAdnan Januzaj (goal.com)

Adnan Januzaj menunjukkan sinarnya bersama Manchester United di bawah asuhan David Moyes. Berkat performa apiknya saat itu, polemik timnas apa yang akan Januzaj bela menyeruak ke permukaan. Ia berkesempatan membela 4 negara, yaitu Belgia, Kosovo, Albania, dan Inggris.

Timnas Inggris menawari Januzaj untuk berseragam The Three Lions. Maklum, ia sudah tinggal lama di Negeri Ratu Elizabeth. Namun, Januzaj memilih keputusan lain. Ia memutuskan membela Timnas Belgia sejak 2014 lalu. Alasan ia memilih negara itu lantaran Januzaj lahir di sana, tepatnya di kota Brussel.

4. Wilfried Zaha

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas InggrisWilfried Zaha (90min.com)

Wilfried Zaha lahir di Pantai Gading, tapi dibesarkan di Inggris. Saat masih belia, orangtua Zaha membawanya ke Inggris demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Itu sebabnya, pemain Crystal Palace tersebut memiliki peluang membela Timnas Inggris meski tak lahir disana.

Sejatinya, Zaha juga sempat mencatatkan 2 caps bersama Timnas senior Inggris pada 2012 lalu. Namun, dikarenakan tak masuk ke dalam skuad Timnas Inggris pada Piala Dunia 2014 lalu, Zaha memutuskan membela Pantai Gading sejak tahun 2016. Pelatih Timnas Inggris saat ini, Gareth Southgate sempat menawari Zaha untuk kembali, tapi ia menolak tawaran itu.

5. Jamal Musiala

5 Pemain Aktif yang Menolak Kesempatan Membela Timnas InggrisJamal Musiala (eurosport.com)

Jamal Musiala menjadi bahan perbincangan hangat usai tampil impresif di musim debutnya bersama Bayern Munchen. Buntut dari hal tersebut, banyak pihak mempermasalahkan tim nasional yang akan dibela oleh Musiala. Maklum saja, ia punya peluang main di 2 negara top, yaitu Inggris dan Jerman.

Musiala lahir di Stuttgart, Jerman dan sempat pindah ke Inggris dalam waktu yang lama. Saat masih belasan tahun, Musiala juga pernah membela berbagai tim kelompok umur The Three Lions. Namun, karena ketatnya persaingan di Timnas Inggris, Musiala memilih untuk tampil bersama Timnas senior Jerman dengan debut pada Maret lalu.

Itulah 5 pemain aktif yang pernah menolak kesempatan tampil membela Timnas Inggris. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar diatas?

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya