5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023

Didominasi pemain asal Brasil

Tak banyak mengalami perubahan, Olympique Lyon mampu bersaing di papan atas Ligue 1 Prancis. Setidaknya, pada 2022/2023 ini, performa Les Gones cenderung tak buruk meski ditinggal sejumlah pemain andalannya.

Menilik kedalaman skuad, Lyon dihuni nama-nama senior, seperti Alexandre Lacazette dan Corentin Tolisso. Tak hanya jtu, dari keseluruhan pemain di skuad Les Gones, lima pemain di antaranya berasal dari Amerika Selatan.

1. Thiago Mendes

5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023Thiago Mendes (twitter.com/Thiagomendesof)

Dalam 3 musim terakhir, lini tengah Olympique Lyon selalu mengalami perubahan. Gelandang datang dan pergi silih berganti, tetapi ada satu nama yang masih bertahan. Dia adalah Thiago Mendes, gelandang jangkar Les Gones yang begitu diandalkan.

Bergabung pada musim panas 2019, Thiago mampu tampil konsisten sebagai penghubung antarlini dalam permainan Lyon. Hal ini berlangsung tiap musim, khususnya pada 2022/2023. Gelandang asal Brasil ini sudah dipercaya tampil sebanyak 16 kali.

2. Camilo

5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023Camilo (instagram.com/camiloreijers_)

Camilo masih kesulitan bersaing di tim utama Olympique Marseille. Meski sudah bergabung sejak 2020 lalu, dirinya belum mendapatkan tempat utama di lini tengah Les Gones. Ia bahkan harus dipinjamkan ke klub lain demi menambah pengalaman dan jam terbang.

Pada 2022/2023, Camilo sejatinya juga dipinjamkan. Ia dilepas ke Cuiaba MT selama setengah musim dan kini sudah kembali bergabung dengan skuad Les Gones. Pada usianya yang masih 23 tahun, pemain Brasil ini punya banyak waktu untuk membuktikan dirinya layak tampil di skuad utama Lyon.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Olympique Lyon dari Klub Premier League, Bersinar?

3. Henrique Silva

5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023Henrique Silva (instagram.com/henrique37)

Olympique Lyon merupakan klub Eropa pertama yang dibela Henrique Silva. Meski begitu, ia tak berstatus sebagai pilar kunci sebab hanya jadi pelapis di pos bek kiri. Pada musim debutnya, Henrique jarang tampil lantaran dominasi Emerson Palmieri yang tak tersentuh.

Kini, pada musim keduanya, bek Brasil ini masih mengalami hal yang sama. Ia baru tampil tiga kali di semua kompetisi. Kurangnya menit bermain Henrique tak terlepas dari kedatangan Nicolas Tagliafico. Bek asal Argentina itu dengan cepat merebut status bek kiri utama.

4. Tete

5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023Tete (instagram.com/furacaotete)

Mateus Cardosa Lemos Martins atau akrab disapa Tete ini merupakan salah satu pemain anyar Olympique Lyon. Ia bergabung pada Maret 2022 lalu dari Shakhtar Donetsk menyusul krisis militer yang terjadi di Ukraina. Tete pindah ke Prancis demi menyelamatkan kariernya.

Bersama Les Gones sejauh ini, pemain berusia 22 tahun tersebut mampu bersinar di lini depan. Kualitas olah bola yang dimilikinya sukses mengobrak-abrik lini pertahanan lawan. Dari 15 penampilan yang sudah dijalani, pemain Brasil ini telah mencetak 6 gol dan 3 assist.

5. Nicolas Tagliafico

5 Pemain Amerika Selatan Ini Membela Lyon pada 2022/2023Nicolas Tagliafico (instagram.com/tagliafico3)

Musim 2022/2023 menjadi awal petualangan Nicolas Tagliafico di Prancis. Ia hengkang ke Olympique Lyon usai merajut karier di Ajax Amsterdam dalam waktu yang tak sebentar. Dengan kualitas yang dimilikinya, Tagliafico tak kesulitan merebut pos bek kiri utama Les Gones.

Bek berusia 30 tahun itu mampu tampil reguler pada musim debutnya di Ligue 1. Tagliafico telah dipercaya untuk turun dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Dari laga tersebut, dirinya berhasil menyumbangkan 1 gol dan 2 assist.

Secara keseluruhan, skuad Olympique Lyon saat ini masih didominasi pemain yang berasal dari Eropa, khususnya Prancis. Akankah ada pemain Amerika Latin yang bakal menyusul kelima nama di atas?

Baca Juga: 5 Produk Akademi Olympique Lyon yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya