5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker Eropa

Kebijakan transfer yang cerdas oleh Rossoneri

AC Milan menunjukkan kemajuan pesat dalam beberapa musim terakhir, apalagi sejak dilatih oleh Stefano Pioli. Rossoneri mulai bangkit dari keterpurukan. Klub sekota Inter Milan ini bahkan berhasil merengkuh Scudetto pada musim 2021/2022.

Keberhasilan AC Milan ini tak terlepas dari beberapa faktor, salah satunya kebijakan transfer yang mumpuni. Alih-alih membeli pemain dari sesama klub besar, mereka justru lebih berfokus kepada pemain yang membela klub medioker. Kelima pemain ini adalah contohnya. Inilah 5 pemain andalan AC Milan yang diboyong dari klub medioker Eropa.

1. Malick Thiaw

5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker EropaMalick Thiauw (instagram.com/malick.laye)

Regenerasi di lini belakang AC Milan berjalan dengan lancar. Setelah ditinggal oleh Alessio Romagnoli, Rossoneri tak butuh waktu lama menemukan penggantinya. AC Milan memilih Malick Thiaw, bek muda berkebangsaan Jerman untuk mengisi kekosongan di lini pertahanan. Thiaw resmi bergabung ke AC Milan pada musim panas 2022.

Rossoneri merekrutnya dari Schalke 04 seharga 9 juta euro atau sekitar Rp143 miliar. Thiaw menemani bek-bek AC Milan lainnya, seperti Simon Kjaer dan Fikayo Tomori. Meski baru menjalani musim perdana, Thiaw cukup rutin diturunkan. Ia sudah membukukan 27 penampilan di semua kompetisi.

2. Rade Krunic

5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker EropaRade Krunic (instagram.com/krunicrade_33)

Empoli bukan satu-satunya klub Serie A yang dibela oleh Rade Krunic. Setelah berseragam Empoli, Krunic melanjutkan petualangannya ke AC Milan. Krunic bergabung dengan Rossoneri pada musim panas 2019. Ia direkrut dengan biaya mencapai 9 juta euro atau sekitar Rp143 miliar.

Krunic tak langsung menjadi pilihan utama AC Milan. Ia harus bersaing dengan gelandang Rossoneri lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain berpaspor Bosnia-Herzegovina itu mulai tampil konsisten. Krunic sudah mengoleksi 125 penampilan selama berseragam AC Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Incaran AC Milan pada Musim Panas 2023, Bongkar Skuad?

3. Junior Messias

5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker EropaJunior Messias (instagram.com/messias_w_jr30)

Junior Messias resmi berseragam AC Milan pada musim panas 2021. Ia awalnya bergabung dengan Rossoneri melalui kesepakatan pinjaman dari Crotone. Perekrutan ini merupakan pilihan yang tepat bagi AC Milan. Pasalnya, Messias menunjukkan performa yang menjanjikan di sisi sayap penyerangan.

Jasanya lantas dipermanenkan pada awal musim 2022/2023. AC Milan hanya membayar 5,5 juta euro atau sekitar Rp87 miliar untuk menebus Messias. Ia rutin diturunkan dalam setiap pertandingan yang dijalani oleh Rossoneri. Tercatat, Messias sudah membukukan 12 gol dan 5 assist dari 68 penampilan.

4. Sandro Tonali

5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker EropaSandro Tonali (instagram.com/sandrotonali)

Investasi AC Milan terhadap perekrutan Sandro Tonali berhasil. Semua bermula pada musim panas 2019. Rossoneri menggaetnya dari Brescia dengan status pinjaman selama semusim penuh. Tak disangka, Tonali sukses menunjukkan performa yang menjanjikan di lini tengah klub sekota Inter Milan itu.

Setelah musim debut yang mulus, Tonali lantas dipermanenkan. AC Milan menebusnya seharga 14,5 juta euro atau sekitar Rp231 miliar. Tonali menjelma pilar penting di dalam permainan Rossoneri. Posisinya nyaris tak tergantikan. Secara keseluruhan, ia sudah tampil dalam 130 pertandingan di berbagai kompetisi.

5. Ismael Bennacer

5 Pemain Andalan AC Milan yang Diboyong dari Klub Medioker EropaIsmael Bennacer (twitter.com/IsmaelBennacer)

AC Milan menggaet Ismael Bennacer pada musim panas 2019. Untuk mendapatkannya dari Empoli, Rossoneri merogoh kocek sebesar 17 juta euro atau sekitar Rp261 miliar. Bennacer direkrut untuk menambah variasi di lini tengah AC Milan. Hasilnya pun terlihat. Bennacer mampu bersinar bersama Rossoneri.

Pemain berpaspor Aljazair ini tampil dominan sebagai gelandang pengangkut air AC Milan. Bennacer menjadi salah satu pemain kepercayaan sang pelatih, Stefano Pioli. Hingga akhir musim 2022/2023 ini, mantan pemain Arsenal tersebut sudah diturunkan dalam 145 pertandingan di semua kompetisi.

Sebagian besar dari kelima nama di atas masih berusia muda. Mereka punya banyak waktu untuk berkembang. Ini menjadi bukti bahwa AC Milan menjalankan investasi bakat mudanya dengan baik meski hanya dibeli dengan harga murah.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Berharga di Skuad AC Milan Musim Ini, Ada Bennacer

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya