5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman Lain

Jadi tumpuan penting Die Borussen

Borussia Dortmund dianggap sebagai salah satu favorit peraih titel juara Bundesliga Jerman. Apalagi Die Borussen terkenal andal dalam mengembangkan potensi pemain.

Meski mampu mengembangkan pemain, beberapa nama andalan Borussia Dortmund justru dibajak dari klub Bundesliga lain. Siapa saja mereka?

1. Niklas Sule

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman LainNiklas Sule (bundesliga.com)

Niklas Sule resmi mengakhiri kariernya di Bayern Munich. Setelah negosiasi perpanjangan kontrak gagal, ia memilih untuk pindah. Kebetulan Borussia Dortmund melayangkan tawaran untuknya.

Pemain berpaspor Jerman itu lantas menjadi salah satu rekrutan anyar Die Borussen pada musim panas 2022. Dengan kualitas yang dimilikinya, Sule tak mengalami kesulitan. Ia langsung diandalkan dan sudah bermain sebanyak 31 kali.

2. Nico Schlotterbeck

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman LainNico Schlotterbeck (bundesliga.com)

Lini belakang Borussia Dortmund makin tangguh setelah kedatangan Nico Schlotterbeck. Bek muda berusia 23 tahun ini resmi direkrut dari SC Freiburg pada musim panas 2022. Borussia Dortmund menebusnya seharga 20 juta euro atau sekitar Rp326 miliar.

Schlotterbeck dengan cepat mengambil satu tempat utama. Ia mampu tampil solid dalam mengawal lini pertahanan Die Borussen. Tak heran apabila Schlotterbeck sudah mencatatkan 34 penampilan di semua kompetisi sejauh ini.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel saat Melatih Borussia Dortmund

3. Mats Hummels

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman LainMats Hummels (twitter.com/BlackYellow)

Karier Mats Hummels cukup unik. Meski berstatus lulusan akademi Bayern Munich, ia justru menghabiskan banyak waktunya di Borussia Dortmund. Hummels bahkan bergabung dengan skuad Die Borussen sebanyak dua kali.

Terakhir kali, Hummels merapat ke Borussia Dortmund pada musim panas 2019. Walau usianya sudah kepala tiga, ia masih memainkan peran penting dalam permainan timnya. Pengalamannya mampu memimpin lini belakang Die Borussen.

4. Gregor Kobel

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman LainGregor Kobel (instagram.com/gregorkobel)

Borussia Dortmund memilih Gregor Kobel sebagai sosok penerus Roman Burki. Kobel direkrut dari Stuttgart pada musim panas 2021 lalu. Die Borussen langsung memberikan kepercayaan kepadanya sebagai kiper nomor satu.

Kobel tak menyia-nyiakan kesempatan berharga itu. Dirinya segera merebut status kiper utama yang terus bertahan hingga sekarang. Secara keseluruhan, kiper berpaspor Swiss itu mampu mengemas 23 clean sheet dari 63 pertandingan.

5. Marco Reus

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Dibajak dari Klub Jerman LainMarco Reus (instagram.com/marcinho11)

Marco Reus sudah selayaknya disebut legenda Borussia Dortmund. Ia mengawali semuanya di klub kota kecilnya ini. Meski begitu, Reus sebenarnya sempat hijrah ke klub lain. Ia berseragam Borussia Moenchengladbach hingga 2012 lalu.

Karena kecintaannya yang kuat, Reus kembali ke pangkuan Die Borussen. Ia merupakan pilar penting timnya meski kerap menepi akibat rentan terkena cedera. Tercatat, Reus sudah mempersembahkan beberapa gelar, termasuk dua titel juara DFB Pokal

Efektivitas Borussia Dortmund dalam merekrut pemain begitu kuat. Mereka mendatangkan pemain dari sesama klub Bundesliga yang sudah terbiasa dengan kultur sepak bola Jerman.

Baca Juga: Arti Borussia Dortmund bagi Marco Reus, Bukan Sekadar Klub Masa Kecil

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya