Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada Ozil

Kariernya seolah tenggelam di bawah asuhan Arteta

Mikel Arteta mulai menjabat sebagai pelatih Arsenal pada Desember 2019 lalu. Saat itu ia menggantikan posisi Unai Emery yang dipecat manajemen The Gunners. Berbekal pengalamannya yang pernah menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City, kehadiran Arteta tentu berdampak bagus bagi Arsenal.

Di musim pertamanya, Arteta berhasil mempersembahkan 2 titel domestik, yaitu Piala FA dan Community Shield. Namun, di musim ini performa The Gunners justru memburuk dan hanya menduduki peringkat ke-8 di klasemen akhir Premier League. Itu berarti Arsenal tak bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Selama masa kepelatihannya, Arteta juga melakukan sejumlah perubahan, khususnya komposisi pemain. Ternyata, ada beberapa pemain yang justru terdepak dari skuad Arsenal selama era kepelatihannya. Berikut ini 5 pemain Arsenal yang terpinggirkan selama dilatih Mikel Arteta.

1. Sokratis Papastathopoulus

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada OzilSokratis Papastathopoulus (goal.com)

Sokratis Papastathopoulus hanya menjalani 2 musim lebih berkarier di Arsenal. Sejatinya, kebersamaannya bersama The Gunners terbilang baik dan Sokratis dipercaya tampil di banyak pertandingan. Namun, musim ini ia justru dilepas usai kontraknya diputus oleh manajemen Arsenal.

Tak hanya itu, ia juga tak tampil di satu pun pertandingan Premier League musim ini. Sang pelatih, Mikel Arteta, lebih senang memainkan bek tengah lain, seperti David Luiz, Rob Holding, dan Gabriel Magalhaes. Usai berpisah dengan Arsenal, Sokratis memutuskan pulang kampung ke Yunani dengan membela Olympiacos.

2. Henrikh Mkhitaryan

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada OzilHenrikh Mkhitaryan (goal.com)

Henrikh Mkhitaryan tak pernah memainkan satu pun pertandingan di bawah kepelatihan Mikel Arteta. Sebenarnya, ia telah pindah ke AS Roma pada musim 2019/2020 dengan status pinjaman. Namun, setelahnya pemain berpaspor Armenia tersebut tak dilirik sama sekali oleh Arteta untuk kembali ke Inggris.

Mkhitaryan lantas dipermanenkan Roma usai kontraknya yang telah berakhir di Arsenal. Keputusannya untuk meninggalkan The Gunners terbilang tepat. Mkhitaryan tampil impresif bersama AS Roma hingga sekarang. Tak main-main, ia sanggup mencetak 15 gol dan 13 assist di musim ini.

Baca Juga: Alexis Ditukar Mkhitaryan, Inilah 5 Pertukaran Pemain Terbesar Lainnya

3. Emiliano Martinez

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada OzilEmiliano Martinez (eurosport.com)

Selama 9 musim di Arsenal, Emiliano Martinez gagal mendapatkan tempat utama di sektor penjaga gawang. Selain itu, kiper berpaspor Argentina tersebut juga lebih banyak menghabiskan waktunya dengan status pinjaman ke klub lain. Harapannya untuk tampil lebih banyak sempat terbuka di musim lalu.

Menyusul cedera yang dialami Bernd Leno, ia dipercaya menjadi kiper utama Arsenal di final FA Cup dan Community Shield. Namun, tak ada jaminan yang bisa membuat Emi bakal menjadi kiper utama The Gunners setelahnya. Melihat hal tersebut, ia memutuskan pindah ke Aston Villa pada awal musim ini.

4. Shkodran Mustafi

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada OzilShkodran Mustafi (goal.com)

Hadirnya nama-nama baru di jantung pertahanan Arsenal membuat posisi Shkodran Mustafi kian terpinggirkan. Sejatinya, ia merupakan bek andalan The Gunners saat masih diasuh Unai Emery. Namun, perlakuan berbeda ia terima saat ditangani oleh Mikel Arteta. Musim ini ia cuma tampil 3 kali.

Dengan melimpahnya bek tengah Arsenal saat ini, tak ada pilihan lain bagi Mustafi selain hengkang. Ia akhirnya hengkang ke Schalke 04 pada pertengahan musim ini dengan status bebas transfer. Apesnya, Mustafi gagal menyelamatkan Schalke yang harus terdegradasi musim depan.

5. Mesut Ozil

5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada OzilMesut Ozil (eurosport.com)

Pemain Arsenal terakhir yang terpinggirkan di era Mikel Arteta adalah Mesut Ozil. Padahal, ia merupakan salah satu andalan The Gunners sejak direkrut pada musim 2013/2014 lalu. Namun, sejak pertengahan musim 2019/2020, nama Ozil seolah menghilang dari skuad The Gunners lantaran jarang tampil.

Puncaknya, Ozil tak didaftarkan Arsenal ke dalam skuadnya yang bermain di Premier League musim ini. Tak ayal beragam spekulasi pun digulirkan mengenai alasan Arsenal tidak memasukkan nama Ozil ke dalam skuadnya. Setelah ketidakjelasan kariernya di Arsenal, Ozil memutuskan hengkang ke klub Turki, Fenerbahce pada Januari lalu.

 

Kehadiran Mikel Arteta sebagai juru taktik Arsenal justru tak berdampak bagus bagi para pemain di atas. Buktinya, mereka malah terdepak dari skuad utama The Gunners.

Baca Juga: Rayakan Lebaran, Ini Pesan Perdamaian dari Mesut Ozil dan Mo Salah

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya