Comscore Tracker

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropa

Ada yang masih berusia 19 tahun

Dalam sepak bola, nama Ekuador boleh dibilang masih kalah jauh ketimbang negara di Amerika Latin lainnya. Prestasi mereka pun tak begitu mentereng dan membuat Ekuador acap kali berstatus tim non-unggulan.

Namun, Ekuador ternyata memiliki sejumlah pemain yang kini bermain di kompetisi Eropa. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa diantaranya yang menjadi andalan bersama klubnya masing-masing. Lantas siapa sajakah mereka?

1. Carlos Gruezo (Augsburg)

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropatwitter.com/RadioHuancavilk

Nama Carlos Gruezo mungkin tak begitu familier di telinga penggemar sepak bola. Memang di sepanjang kariernya, Gruezo hanya bermain untuk sejumlah klub medioker saja. Kini ia bermain untuk kontestan Bundesliga, FC Augsburg sejak musim lalu usai didatangkan dari FC Dallas, klub MLS.

Sejatinya, Gruezo sempat bermain di klub Jerman lainnya yaitu VfB Stuttgart pada periode 2014 hingga 2016 lalu. Di musim ini, Gruezo mendapat menit bermain melimpah dikarenakan performa impresifnya di lini tengah Augsburg. Secara keseluruhan, Gruezo sudah membuat 23 penampilan di semua kompetisi

2. Moises Caicedo (Brighton & Hove Albion)

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropabrightonandhovealbion.com

Petualangan karier Moises Caicedo di Eropa baru dimulai pada awal tahun ini. Moises bergabung dengan Brighton & Hove Albion dari klub masa kecilnya, yaitu Independiente. Selama berseragam klub Ekuador tersebut, Moises menunjukkan performa gemilang meski baru berusia 19 tahun.

Beroperasi sebagai gelandang tengah, kini Moises terlebih dahulu bermain untuk tim muda Brighton. Tercatat ia baru tampil dalam 2 pertandingan bersama klub barunya tersebut. Baru berusia seumur jagung, Moises sudah dipercaya tampil membela Timnas Ekuador dengan debutnya pada 9 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Top Skor di 5 Liga Top Eropa Sejauh Ini

3. Gonzalo Plata (Sporting Lisbon)

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropaprimicias.ec

Gonzalo Plata telah berkelana di kompetisi sepak bola Portugal selama 3 tahun terakhir. Semua bermula saat ia direkrut Sporting Lisbon dari Independiente untuk bermain di tim akademi. Tak butuh waktu lama baginya, karena semusim kemudian Plata telah diproyeksikan bermain di skuat utama.

Di usianya yang masih 20 tahun, Plata telah dipercaya tampil dalam beberapa pertandingan. Sedangkan di musim ini, Plata yang fasih bermain sebagai sayap kanan sudah membuat 11 penampilan dengan raihan 2 assist. Bagi Plata, masih banyak waktu untuknya mengasah kualitas dan kematangan skill diatas lapangan.

4. Pervis Estupinan (Villarreal)

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropatwitter.com/JoseFreireGuti

Sepanjang kariernya, Pervis Estupinan telah bergabung di sejumlah klub ternama di Eropa. Dan di musim ini, Estupinan bermain untuk Villarreal usai dilepas Watford yang terdegradasi dari Premier League musim lalu. Menariknya, Villarreal bukanlah klub asal Spanyol pertama yang dibelanya.

Tercatat, Granada, Mallorca, Almeria dan Osasuna sudah pernah ia singgahi. Sedangkan bersama The Yellow Submarine di musim ini, Estupinan begitu diandalkan di sisi kiri pertahanan. Secara keseluruhan, pemain berusia 23 tahun ini sudah membuat 29 penampilan dan membukukan 2 assist.

5. Felipe Caicedo (Lazio)

5 Pemain asal Ekuador yang Kini Berkarier di Kompetisi Top Eropasempreinter.com

Felipe Caicedo bisa dibilang sebagai pemain Ekuador dengan perjalanan karier terlama di kompetisi Eropa saat ini. Bagaimana tidak, ia telah menghabiskan sebagian besar kariernya untuk membela sederet klub elite di Benua Biru, macam Manchester City, Malaga, Sporting Lisbon dan kini bersama Lazio.

Kedatangannya ke Lazio terealisasi di musim 2017/2018 lalu. Direkrut dari Espanyol, Felipe menjadi salah satu nama andalan di sektor penyerangan klub asal Roma tersebut. Sedangkan menilik statistiknya musim ini, Felipe sudah mencatatkan 26 penampilan dan sukses mengemas 8 gol.

Dari beberapa pemain diatas, nama Felipe Caicedo menjadi yang terpopuler berkat rekam jejaknya yang sudah malang melintang di beberapa klub top Eropa.

Baca Juga: 8 Pemain Afrika yang Pernah Jadi Top Skor di Liga Top Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya