Comscore Tracker

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim Ini

Jadi andalan klubnya masing-masing

Kendati telah usai, Premier League musim 2020/2021 menghadirkan beragam fakta dan cerita menarik lainnya. Selain keberhasilan Manchester City yang kembali menjadi kampiun, Premier League musim ini juga menjadi panggung dari para pemain yang tampil impresif.

Tak terkecuali mereka yang berasal dari benua Afrika. Meski perkembangan sepak bola disana masih kalah dibandingkan di Eropa, bukan berarti benua Afrika tak bisa berbicara banyak musim ini. Buktinya, ada 5 pemain top asal benua Afrika yang tampil apik di Premier League. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Sadio Mane

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim IniSadio Mane (goal.com)

Meski gagal membawa Liverpool meraih satupun trofi musim ini, Sadio Mane tetap menunjukkan performa impresifnya. Beroperasi di sisi sayap, pemain berpaspor Senegal tersebut menjadi salah satu pendulang gol utama The Reds. Selain itu, Mane juga dikenal berkat skill dan kecepatan diatas rata-ratanya.

Tak ayal, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, selalu mengandalkan eks pemain Southampton tersebut. Tercatat, Mane membuat 48 penampilan di semua ajang dengan torehan 16 gol dan 9 assist. Statistik yang terbilang ciamik bagi Mane yang sebentar lagi akan memasuki usia kepala tiga. 

2. Edouard Mendy

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim IniEdouard Mendy (goal.com)

Bermain untuk pertama kalinya di Premier League bukanlah perkara yang gampang. Namun, Edouard Mendy mematahkan pernyataan tersebut. Ia tampil apik di bawah mistar gawang Chelsea, meski baru direkrut awal musim ini. Mendy juga menggusur kiper lama The Blues, Kepa Arrizabalaga.

Tak salah bila ia menjadi kiper utama Chelsea saat ini. Dalam beberapa situasi, Mendy kerap melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. Ia juga menjadi salah satu kiper pengoleksi clean sheet terbanyak di Premier League musim ini. Dari 44 penampilan, kiper berpaspor Senegal tersebut sukses mengemas 24 clean sheet.

3. Riyad Mahrez

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim IniRiyad Mahrez (goal.com)

Riyad Mahrez menjadi salah satu aktor utama dibalik keberhasilan Manchester City berjaya di beberapa kompetisi musim ini. Ia yang merupakan seorang winger tersebut tampil apik dan begitu luwes saat menjalankan perannya. Tak mengherankan bila pemain Aljazair ini menjadi salah satu pilar kunci The Cityzens.

Memasuki usia 30 tahun, performa Mahrez tak mengalami penurunan sama sekali. Skill dan kecepatan yang ia miliki merupakan dua komponen yang acap kali Mahrez gunakan untuk merusak barisan pertahanan lawan. Tercatat, ia membuat 47 penampilan dengan torehan 14 gol dan 9 assist.

Baca Juga: 5 Momen yang Tidak Terlupakan dalam Sejarah Premier League, Apa Saja?

4. Wilfred Ndidi

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim IniWilfred Ndidi (goal.com)

Wilfred Ndidi menikmati puncak performanya dengan Leicester City musim ini. Sejak direkrut pada pertengahan musim 2016/2017 lalu, kualitas Ndidi kian berkembang sebagai seorang gelandang jangkar. Apalagi di usianya yang masih 24 tahun, Ndidi tentu jadi sosok potensial bagi The Foxes. 

Perannya diatas lapangan juga begitu vital. Beroperasi sebagai gelandang bertahan, pemain berpaspor Nigeria tersebut menjadi pemutus serangan lawan yang mumpuni. Berkat performa impresifnya, Ndidi berhasil membawa Leicester juara Piala FA musim ini. Tercatat, ia membuat 38 penampilan dengan raihan 1 gol dan 4 assist.

5. Mohamed Salah

5 Pemain Benua Afrika yang Tampil Impresif di Premier League Musim IniMohamed Salah (goal.com)

Mohamed Salah tetap menunjukkan performa apik kendati gagal membawa Liverpool bersaing lebih jauh musim ini. Ia menjadi top skor The Reds dan hampir meraih Golden Boot, usai kalah selisih 1 gol dari Harry Kane. Bagaimanapun, pemain berpaspor Mesir ini punya kontribusi besar bagi tim Merseyside.

Menilik statistiknya, Salah berhasil mencetak 31 gol dan 6 assist dari 51 penampilan yang ia buat musim ini. Tak pelak, pemain berusia 28 tahun tersebut menjadi salah satu andalan Liverpool dan nyaris tak tersentuh. Dengan skill dan kecepatan diatas rata-rata yang ia miliki, Salah merupakan pemain favorit sang pelatih, Jurgen Klopp.

Itulah 5 pemain benua Afrika yang tampil impresif di Premier League musim ini. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar diatas?

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Mengubah Nomor Punggungnya Musim 2020/21

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya