Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke Marseille

Arkadiusz Milik salah satunya!

Olympique Marseille bukanlah klub sembarangan yang berkompetisi di Ligue 1 Prancis. Pada setiap musimnya, Marseille selalu rutin bersaing di papan atas klasemen meski tak sering melaju ke kompetisi Eropa.

Sukses Marseille tak terlepas dari performa pemainnya yang impresif. Nyatanya, ada beberapa pemain top yang sempat terpuruk kariernya, tetapi sukses bangkit usai pindah ke Marseille. Siapa saja mereka?

1. Matteo Guendouzi

Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke MarseilleMatteo Guendouzi (twitter.com/EuropaLeague)

Nasib Matteo Guendouzi di Arsenal diliputi ketidakpastian. Ia tak masuk skema Mikel Arteta. Sempat dipinjamkan ke Hertha Berlin, Guendouzi kembali dilepas menuju Olympique Marseille pada musim panas 2021. Tak disangka, ia mampu bersinar bersama Les Phoceens.

Di bawah asuhan Jorge Sampaoli, Guendouzi menjelma jadi jenderal lapangan tengah Marseille. Ia tampil reguler dengan catatan 54 penampilan di semua kompetisi. Oleh sebab itu, Marseille sepakat untuk mempermanenkannya seharga 11 juta euro atau sekitar Rp165 miliar.

2. Florian Thauvin

Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke MarseilleFlorian Thauvin (twitter.com/SquawkaNews)

Florian Thauvin sudah lama membela Olympique Marseille. Semua bermula pada 2013 lalu, ia memulai kariernya bersama Les Phoceens. Namun, dua tahun berselang, Thauvin sempat pindah ke Newcastle United demi menjajal ketatnya Premier League.

Kiprah Thauvin di Inggris tak bertahan lama lantaran gagal bersinar. Ia akhirnya kembali ke Marseille dengan status pinjaman pada musim dingin 2016. Terbukti, performa Thauvin kembali membaik hingga jasanya dipermanenkan. Ia sukses mengemas 86 gol dan 61 assist di semua ajang.

Baca Juga: Mbappe Hingga Thauvin, 10 Penyerang Prancis dengan Banderol Termahal

3. Pau Lopez

Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke MarseillePau Lopez (twitter.com/OM_English)

Kedatangan Jose Mourinho ke AS Roma membawa malapetaka bagi karier Pau Lopez. Ia tak dipercaya jadi kiper utama, terlebih Il Giallorosso sudah merekrut Rui Patricio. Kiper asal Spanyol tersebut akhirnya hengkang ke Olympique Marseille dengan status pinjaman.

Hijrah ke Prancis sepertinya pilihan yang tepat bagi Lopez. Nasibnya mulai menemukan kejelasan. Ia bahkan sukses menggusur Steve Mandanda sebagai kiper nomor satu. Pada akhir musim, Lopez dipermanenkan dengan biaya 12 juta euro alias Rp180 miliar.

4. William Saliba

Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke MarseilleWilliam Saliba (twitter.com/Squawka)

Sejak didatangkan Arsenal pada musim panas 2019, William Saliba belum pernah tampil untuk klub London utara itu. Ia menghabiskan waktunya dengan membela beberapa klub berbeda. Dimulai dari Saint Etienne, OGC Nice, hingga Marseille pada musim lalu.

Dari ketiga klub itu, performa Saliba meledak bersama Marseille. Ia bersinar di lini belakang dengan catatan 51 penampilan di semua kompetisi. Saliba juga berhasil menjalani debut bersama Timnas Prancis. Oleh sebab itu, Arsenal tak ragu untuk memulangkannya ke Inggris.

5. Arkadiusz Milik

Sempat Terpuruk, 5 Pemain Ini Sukses Bersinar usai Pindah ke MarseilleArkadiusz Milik (twitter.com/arekmilik9)

Akhir petualangan Arkadiusz Milik di Napoli tak berjalan mulus. Masalah kebugaran ditambah kedatangan Victor Osimhen menjadi pertanda Milik harus segera hengkang. Ia lantas dipinjamkan ke Olympique Marseille pada musim dingin 2021 lalu.

Keputusannya pindah ke klub berjuluk Les Phoceens itu berbuah manis. Milik kembali menemukan ketajamannya. Ia jadi pemimpin di lini serang Marseille yang sudah mengemas 30 gol dari 51 penampilan. Tak heran apabila Marseille segera mengikatnya secara permanen.

 

Olympique Marseille memang tak memiliki prestasi mencolok seperti PSG dalam sedekade terakhir. Akan tetapi, Marseille selalu jadi tempat yang ideal bagi para pemain yang ingin mengembalikan performanya lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Pemain Marseille dengan Keterlibatan Gol Terbanyak pada 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya