5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top Eropa

Leandro Trossard salah satunya!

Brighton & Hove Albion memang bukanlah tim penantang gelar Premier League. Di tiap musimnya, klub berjuluk The Seagulls ini hanya bersaing di papan tengah. Meski begitu, penampilan Brighton sejatinya tak bisa dipandang sebelah mata.

Brighton memiliki beberapa pemain andalannya saat ini, sebut saja Robert Sanchez hingga Neal Maupay. Namun, selain keduanya, Brighton juga punya sejumlah nama tumpuan yang direkrut dari luar liga top Eropa. Siapa saja mereka?

1. Joel Veltman

5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top EropaJoel Veltman (twitter.com/OfficialBHAFC)

Joel Veltman baru berseragam Brighton dalam dua musim terakhir. Ia direkrut dari Ajax dengan biaya 1 juta euro alias Rp15 miliar. Meski baru bergabung, Veltman langsung dipercaya jadi andalan. Ia tampil dominan di jantung pertahanan The Seagulls.

Pemain berusia 30 tahun ini sukses membuktikan kapasitasnya. Dengan modal impresif sewaktu membeka Ajax, Veltman mampu meneruskan tren positif tersebut. Sejauh ini, dirinya sudah diturunkan dalam 71 pertandingan di berbagai ajang.

2. Enock Mwepu

5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top EropaEnock Mwepu (twitter.com/EnockMwepu45)

Enock Mwepu sejatinya baru bergabung pada musim panas 2021. Ia datang dari klub Austria, RB Salzburg, dengan biaya 23 juta euro atau sekitar Rp352 miliar. Usianya masih muda dan punya potensi menjanjikan menjadi alasan kuat Brighton membawanya ke Inggris.

Benar saja, pada musim debutnya, Mwepu tak perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri. Ia memang baru tampil dalam 21 pertandingan. Akan tetapi, pemain berpaspor Zambia itu juga sering berkontribusi di lini serang Brighton melalui koleksi 3 gol dan 6 assists.

Baca Juga: 5 Pemain Brighton dengan Keterlibatan Gol Terbanyak pada 2021/2022

3. Alexis Mac Allister

5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top EropaAlexis Mac Allister (instagram.com/alemacallister)

Brighton sukses memboyong talenta Argentina pada 2019 lalu. Dia adalah Alexis Mac Allister, gelandang muda yang sering dipanggil Tim Tango. Ia direkrut dengan mahar 8 juta euro alias Rp124 miliar. Namun, Mac Allister dipinjamkan terlebih dahulu ke Boca Juniors.

Ia akhirnya dipercaya masuk ke dalam skuad Brighton pada pertengahan musim 2019/2020. Sejak saat itu, kualitasnya terus meningkat. Mac Allister diplot sebagai salah satu gelandang andalan Brighton yang sudah tampil 72 kali di berbagai kompetisi.

4. Jakub Moder

5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top EropaJakub Moder (brightonandhovealbion.com)

Bakat-bakat mentah Polandia makin ramai berkompetisi di liga top Eropa, termasuk Jakub Moder. Ia telah membela Brighton sejak 2020 lalu. Dibeli dari Lech Poznan seharga 11 juta euro atau setara Rp169 miliar, kemampuan Moder berkembang dari waktu ke waktu.

Memasuki musim keduanya bersama The Seagulls, Moder mendapatkan menit bermain yang makin banyak. Tercatat, pemuda 23 tahun itu sudah diturunkan dalam 45 pertandingan. Moder juga sukses mengoleksi 2 gol dan 4 assists sejauh ini.

5. Leandro Trossard

5 Pemain Andalan Brighton yang Didatangkan dari Luar Liga Top EropaLeandro Trossard (twitter.com/LTrossard)

Leandro Trossard merupakan salah satu tumpuan di lini depan Brighton. Ia sudah berseragam The Seagulls sejak musim 2019/2020 lalu. Saat awal kedatangannya, Trossard ditebus dari KRC Genk seharga 15,5 juta euro atau sekitar Rp237 miliar.

Ia mampu bersinar sehingga nyaris tak tergantikan hingga sekarang. Tercatat, Trossard sudah mencetak 18 gol dan 11 assists dari 104 penampilan bersama Brighton. Lewat aksinya di Brighton, Trossard rutin dipanggil oleh timnas senior Belgia.

 

Meski didatangkan dari klub yang bukan berasal dari liga top Eropa, kelima pemain di atas tetap mampu tampil impresif. Akankah ada pemain baru Brighton selanjutnya yang senasib seperti mereka?

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya